Cerita Prasmul

Workshop PsyCap Dukung Mahasiswa NVI Dalam Pembentukan Karakter

Sebagai startup Founder, seseorang harus memiliki karakter personal yang kuat dan matang agar bisa memimpin bisnisnya menjadi high-growth company. Modal inilah yang menjadi bekal utama peserta MM Program New Ventures Innovation (NVI) Prasetiya Mulya dalam workshop bertajuk Psychological Capital for Entrepreneur. Workshop yang berlangsung pada hari Sabtu (12/10) lalu di Kampus Cilandak tersebut diadakan untuk menyambut mahasiswa baru NVI batch 2.

4 Elemen Psychological Capital

Psychological Capital, atau biasa disingkat menjadi PsyCap, merupakan salah satu tools untuk mengukur sikap dan psikologis seseorang demi mencapai keberhasilan. Menurut pendekatan tersebut, ada empat elemen yang perlu dimiliki seorang entrepreneur, yaitu hope, efficacy, resilience, dan optimism. Pada workshop kemarin, 19 mahasiswa baru NVI diarahkan untuk memiliki visi, kepercayaan diri, serta kemampuan untuk bounce back ketika bisnisnya mengalami proses jatuh-bangun. 

“Hal yang bagus adalah pendekatan tersebut bukan hanya bisa diajarkan, tetapi juga dapat dikembangkan oleh mahasiswa,” ungkap Bu Indria Handoko selaku Direktur Program Pascasarjana MM Prasetiya Mulya. “Selama berkuliah atau lulus nanti, mereka dapat terus merujuk pada elemen tersebut sekaligus menajamkannya.

Bu Indria Handoko merupakan Direktur Program Pascasarjana MM Prasetiya Mulya.

Bu Indria menceritakan bahwa dalam kegiatan yang berlangsung dari pagi sampai malam tersebut, mahasiswa NVI batch 2 juga mengikuti sesi creativity untuk meningkatkan innovative thinking mereka. Dalam sesi ini, para peserta dikelompokkan demi menghasilkan team building dan bonding. Diakhiri dengan sharing session, Bu Indria menyatakan bahwa respon mahasiswa terhadap kegiatan ini positif.

“Ini pertama kalinya mereka bertemu dengan satu sama lain,” kata Bu Indria. “Tapi mereka sudah saling support dan terlihat sangat kompak.”

Perkuliahan NVI Diwarnai Berbagai Workshop

New Ventures Innovation merupakan salah satu program yang ditawarkan MM Prasetiya Mulya. Resmi dibuka pada tahun 2018 silam, program ini ditujukan kepada pendiri startup Indonesia yang ingin menumbuhkan bisnisnya lebih jauh lagi. Mengembangkan bisnis bersama sesama pemilik startup, program NVI juga memberikan akses menuju komunitas entrepreneur, profesional, bahkan investor.

Salah satu latihan yang dilakukan mahasiswa juga dilakukan berkelompok.
Workshop ini merupakan pertemuan pertama mahasiswa NVI Batch 2.

Sebagai bagian dari proses pembelajaran, Program NVI mengadakan workshop relevan setiap trimester untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan startup Founder. Beberapa contoh workshop yang diadakan adalah How to Deliver a Pitch, Introduction to Apps, dan ilmu UI/UX.

“Melalui workshop tersebut, lulusan diharapkan memiliki ilmu kompetensi, technical, serta karakter entrepreneur,” tutur Bu Indria. “Nanti pun di tengah proses perkuliahan, mahasiswa akan diberikan pengukuran PsyCap lagi untuk melihat perkembangan mereka dibandingkan awal masuk.”

Apakah Anda punya ide bisnis yang ingin dikembangkan? Cari tahu lebih banyak mengenai Program New Ventures Innovation di link ini!

Avatar

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • 91 tahun setelah diikrarkan, semangat Sumpah Pemuda masih relevan dengan kehidupan masyarakat Indonesia. 
Jika dahulu pemuda Indonesia merayakannya dengan menjalankan berbagai konferensi, pemuda Indonesia masa kini menunjukkan semangat lewat berkarya. Adalah Bumilangit, sebuah perusahaan hiburan yang berupaya memperkenalkan sejarah dan kearifan lokal Indonesia kepada dunia melalui komik, buku, dan film.

Baca cerita lengkap mengenai kunjungan Bumilangit ke Prasmul di Ceritaprasmul.com
  • Mengoleksi prestasi dalam bidang akademik wajib hukumnya. Namun, memiliki pengalaman berorganisasi pun tak kalah pentingnya! Selain membuat CV-mu semakin berwarna, berperan di organisasi  juga melatihmu untuk bersosialisasi, mengungkapkan pendapat, membentuk leadership, dan berbagai kemampuan lain.

Untungnya bagi Prasmulyan, kegiatan ini sangat didukung dan difasilitasi oleh kampus. Melalui sistem pengumpulan career point-nya, Prasmul ‘mendorong’ mahasiswa untuk aktif mengikuti kegiatan di luar jam kuliah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengikuti kepanitiaan C.L.I.C, Social Week, dan berbagai event keren lain.

Kira-kira ada hal unik apa lagi ya di Prasmul? Temukan jawabannya dalam Roadshow Info Session di bulan November ini. Catat informasinya, ya!

Roadshow Info Session Kota Denpasar

Sabtu, 16 November 2019
13.00 - 15.00 WIB
Golden Tulip Denpasar

Roadshow Info Session Kota Padang

Sabtu, 16 November 2019
10.00 - 15.00 WIB
Ibis Hotel Padang

Be the next 2020 Prasmulyan!
  • Selamat Hari Kesehatan Nasional!

Tak bisa dipungkiri, kesehatan merupakan aset berharga yang harus terus kita jaga. Tanpa tubuh yang sehat, produktivitas akan menurun pesat, pekerjaan terbengkalai, dan tingkat stress pun meningkat. Inilah mengapa muncul istilah “kesehatan itu mahal”

Pentingnya kesehatan, mendorong para inovator untuk menciptakan produk atau jasa yang bisa menjawab permasalahannya. Tak ketinggalan, mahasiswa Prasmul pun ikut berinovasi, lho! 
Swipe left untuk menyimak berbagai inovasi yang diciptakan Prasmulyan.

#HariKesehatan #Innovation #Technology #SoftwareEngineering #ProductDesign
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!