Cerita Prasmul

Tiga SAC Prasmul Berkolaborasi Dalam Drama Musikal Troya

Waktu hampir menunjukkan pukul 3 sore dan suasana Teater Jakarta di Taman Ismail Marzuki kian menghangat. Pengunjung, kerabat, dan keluarga ramai mengantre menunggu dibukanya pintu Teater Kecil untuk menyaksikan Drama Musikal Troya pada hari Sabtu (7/4) lalu. Pertunjukkan ini merupakan persembahan dari Passion 2018, sebuah kolaborasi perdana antara tiga Student Activity Club Prasmul, yaitu SAC Teater Puskara, SAC Band Blue Tone, dan SAC Dance The Prodigy.

Passion 2018 menyajikan pertunjukan dengan acting yang khusyuk.

Tanpa membuang banyak waktu, panitia Troya 2018 –yang beranggotakan mahasiswa Prasetiya Mulya dari beragam angkatan dan jurusan– mempersilakan para hadirin untuk memasuki Teater Kecil. Ruangan bernuansa merah ini turut membangkitkan keintiman yang selaras dengan semangat kerjasama antar Prasmulyan.

Pementasan yang berlangsung selama kurang-lebih dua jam tersebut diambil dari kisah mitologi Yunani. Menceritakan perang antara Kerajaan Troya dan Kerajaan Yunani, lakon tragis ini mengangkat tiga value penting: war, sacrifice, dan love. Aksi perebutan cinta dan penyerbuan tembok kerajaan dibungkus manis dengan musik harmonis, tarian kompak, dan acting yang khusyuk. 

“Alasan kami pilih Troya adalah karena kisah tersebut mengingatkan bahwa pada akhirnya, perang tidak akan ada manfaatnya. Semua berakhir dengan kematian,” Andita Refanda (S1 Event 2016), ketua pelaksana Drama Musikal Troya, menjelaskan. “Alasan lainnya adalah dengan background Yunani, elemen kostum dan artistiknya tentu memberikan pengalaman yang berbeda dan menantang.”

Troya mengisahkan kisah tragis antara Paris dan Hellen.
Dari 2 pertunjukan di hari tersebut, karakter Paris dan Hellen diperankan oleh talent yang berbeda.

Tak diragukan, drama panggung tersebut telah menghibur penduduk kursi teater. Bagaimana tidak, pertunjukkan Troya disutradarai oleh Venantius Vladimir Ivan selaku pelatih dan pemain Teater Katak. Sedangkan gerakan memukau para penari dibantu oleh koreografer Sharon Bittner dari Gigi Art of Dance, serta Stefina Chintara dan Ratna Sari Dewi dari Dance Box. Bukan itu saja, band Blue Tone menyajikan 10 aransemen orisinal yang ditulis khusus untuk pagelaran Troya.

Penataan panggung dan kostum merupakan elemen menantang bagi para panitia.

Kolaborasi pertama yang dilakukan antar SAC ini tidak berjalan tanpa kendala. Seakan merangkak dalam kegelapan, para panitia harus meraba-raba dalam menentukan tiap langkah selanjutnya. Selain itu, dengan 64 panitia dan 83 performer, pengaturan jadwal untuk meeting dan latihan pun menjadi hal yang tricky.

“Kita belum punya track record. Patokan dan standart pun belum terbayang,” ujar Andita. “Namun dukungan Prasmul melalui funding dan perizinan ruangan latihan sangat membantu proses produksi. Menuju hari-H, baru terasa oleh kami. Nggak ada yang sangka bisa sebagus ini. Apalagi setelah dikabarkan bahwa Troya sold out di show 2, itu bikin kami senang banget!”

Para pemeran drama musikal Troya merayakan suksesnya acara.
Panitia penyelenggara terdiri dari mahasiswa Prasmul dari beragam angkatan dan jurusan.

Bagi sang ketua pelaksana, ini merupakan awal dari program-program Passion berikutnya. Lulusan SMAN 3 Malang tersebut mengungkapkan keinginannya untuk menjadikan kolaborasi ini sebagai event tahunan. “Kita belum tahu program selanjutnya. Tapi dari drama musikal ini, kami akan cari cerita berbeda selain Troya,” tegasnya.

Kira-kira kisah apa yang akan diangkat Prasmulyan untuk ajang berikutnya? Kalian harus sabar menunggu sampai tahun 2019. Sampai bertemu! (*SDD/vio)

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • @asd.prasmul Actuarial Science Day merupakan sebuah acara tahunan SUPER FUN dari program studi Business Mathematics Universitas Prasetiya Mulya dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa SMA yang ingin mengetahui profesi aktuaria dimana akan ada talkshow, games seputar aktuaria, dan hadiah bagi para pemenang.
.
Bagaimana caranya untuk menjadi seorang aktuaris?
.
Temukan jawabannya di acara Actuarial Science Day 2018 dengan tema "Actuary : Inherit the Treasures of Math", pada :
Selasa / 8 Mei 2018
08.00 - 16.00 WIB
di Auditorium Lt. 3 William Soearyadidjaya, Universitas Prasetiya Mulya Kampus BSD, Kav Edutown I.1, Jl Raya BSD Utama, BSD City
.
*) Pendaftaran perlombaan hanya dapat dilakukan oleh tim yang beranggotakan tiga (3) orang.
.
#prasmul #universitasprasetiyamulya #prasetiyamulya #ASD2018 #actuarialscienceday #actuary #competition #aktuaris #businessmathematics #actuarialcompetition #kompetisisma #eventsekolah
  • Inilah ‘Kartini Masa Kini’ yaitu Samira Alatas, Lizzie Parra, dan Tinanda Nabila Priangdara. Tiga perempuan berprestasi alumni Universitas Prasetiya Mulya ini berhasil mencetak nama sebagai beautypreneur Indonesia.
Apa rahasia kesuksesannya? Yuk, berkenalan lebih dalam lagi dengan mereka di ceritaprasmul.com (link di bio @prasmul)
.
#ceritaprasmul #prasmul #prasmulyan #univeritasprasetiyamulya #prasmulyaninframe #beautypreneur #blpbeauty #madforlipstick #rolloverreaction #kartinimasakini #womenpreneur #harikartini #wanitaindonesia #beautybloggers
  • Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam. - R. A. Kartini -
.
Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia.
.
📸 @gabrielrivaldo

#HariKartini #SelamatHariKartini #kartiniday #Prasmul #Prasmulyan #universitasprasetiyamulya #Kartini #prasmul #prasetiyamulya #indonesia

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!

Prasmul on Media