Cerita Prasmul

Tiga SAC Prasmul Berkolaborasi Dalam Drama Musikal Troya

Waktu hampir menunjukkan pukul 3 sore dan suasana Teater Jakarta di Taman Ismail Marzuki kian menghangat. Pengunjung, kerabat, dan keluarga ramai mengantre menunggu dibukanya pintu Teater Kecil untuk menyaksikan Drama Musikal Troya pada hari Sabtu (7/4) lalu. Pertunjukkan ini merupakan persembahan dari Passion 2018, sebuah kolaborasi perdana antara tiga Student Activity Club Prasmul, yaitu SAC Teater Puskara, SAC Band Blue Tone, dan SAC Dance The Prodigy.

Passion 2018 menyajikan pertunjukan dengan acting yang khusyuk.

Tanpa membuang banyak waktu, panitia Troya 2018 –yang beranggotakan mahasiswa Prasetiya Mulya dari beragam angkatan dan jurusan– mempersilakan para hadirin untuk memasuki Teater Kecil. Ruangan bernuansa merah ini turut membangkitkan keintiman yang selaras dengan semangat kerjasama antar Prasmulyan.

Pementasan yang berlangsung selama kurang-lebih dua jam tersebut diambil dari kisah mitologi Yunani. Menceritakan perang antara Kerajaan Troya dan Kerajaan Yunani, lakon tragis ini mengangkat tiga value penting: war, sacrifice, dan love. Aksi perebutan cinta dan penyerbuan tembok kerajaan dibungkus manis dengan musik harmonis, tarian kompak, dan acting yang khusyuk. 

“Alasan kami pilih Troya adalah karena kisah tersebut mengingatkan bahwa pada akhirnya, perang tidak akan ada manfaatnya. Semua berakhir dengan kematian,” Andita Refanda (S1 Event 2016), ketua pelaksana Drama Musikal Troya, menjelaskan. “Alasan lainnya adalah dengan background Yunani, elemen kostum dan artistiknya tentu memberikan pengalaman yang berbeda dan menantang.”

Troya mengisahkan kisah tragis antara Paris dan Hellen.
Dari 2 pertunjukan di hari tersebut, karakter Paris dan Hellen diperankan oleh talent yang berbeda.

Tak diragukan, drama panggung tersebut telah menghibur penduduk kursi teater. Bagaimana tidak, pertunjukkan Troya disutradarai oleh Venantius Vladimir Ivan selaku pelatih dan pemain Teater Katak. Sedangkan gerakan memukau para penari dibantu oleh koreografer Sharon Bittner dari Gigi Art of Dance, serta Stefina Chintara dan Ratna Sari Dewi dari Dance Box. Bukan itu saja, band Blue Tone menyajikan 10 aransemen orisinal yang ditulis khusus untuk pagelaran Troya.

Penataan panggung dan kostum merupakan elemen menantang bagi para panitia.

Kolaborasi pertama yang dilakukan antar SAC ini tidak berjalan tanpa kendala. Seakan merangkak dalam kegelapan, para panitia harus meraba-raba dalam menentukan tiap langkah selanjutnya. Selain itu, dengan 64 panitia dan 83 performer, pengaturan jadwal untuk meeting dan latihan pun menjadi hal yang tricky.

“Kita belum punya track record. Patokan dan standart pun belum terbayang,” ujar Andita. “Namun dukungan Prasmul melalui funding dan perizinan ruangan latihan sangat membantu proses produksi. Menuju hari-H, baru terasa oleh kami. Nggak ada yang sangka bisa sebagus ini. Apalagi setelah dikabarkan bahwa Troya sold out di show 2, itu bikin kami senang banget!”

Para pemeran drama musikal Troya merayakan suksesnya acara.
Panitia penyelenggara terdiri dari mahasiswa Prasmul dari beragam angkatan dan jurusan.

Bagi sang ketua pelaksana, ini merupakan awal dari program-program Passion berikutnya. Lulusan SMAN 3 Malang tersebut mengungkapkan keinginannya untuk menjadikan kolaborasi ini sebagai event tahunan. “Kita belum tahu program selanjutnya. Tapi dari drama musikal ini, kami akan cari cerita berbeda selain Troya,” tegasnya.

Kira-kira kisah apa yang akan diangkat Prasmulyan untuk ajang berikutnya? Kalian harus sabar menunggu sampai tahun 2019. Sampai bertemu! (*SDD/vio)

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • @sanskerta_id merupakan pertunjukkan drama musikal tahunan dari mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya. Mengusung kisah-kisah dari Indonesia, ajang ini diproduksi untuk memperkenalkan warisan dan budaya Indonesia pada generasi muda. Lalu, bagaimana kisah Rahwana dalam pertunjukan kali ini? Kisah lengkapnya di ceritaprasmul.com
.
#sanskertaprasmul #sanskerta #pagelaranseni #musikalisasi #dramamusikal #prasmul #prasmulyan #prasmulyaninframe #prasetiyamulya #unitkesenianmahasiswa #UKM #studentclub #ceritaprasmul
  • Bagaimana masa depan bisnis retail?

Disrupsi teknologi ternyata tak luput menyasar jajaran bisnis retail dan pusat perbelanjaan. Dengan perubahan pola konsumen yang semakin digitalized, para pemain raksasa yang tak ikut bergerak ke arah inovasi dan digitalisasi, terancam oleh perubahan akibat inovasi disruptif!

Untuk membedah solusi yang tepat bagi masa depan bisnis retail, S1 Branding Prasetiya Mulya bekerja sama dengan Indonesia Branding Association mengadakan talk-show interaktif BRANDING UPDATE “The Future of Retail”

Financial Club - Jl. Jend. Sudirman No.Kav 58, Jakarta Selatan
Wednesday, 18 July 2018
12.00 - 18.00 pm
Limited seats available
Mahasiswa/Prasetiya Mulya Alumni: 100K, Umum: 250K

Registration: bit.ly/BrandingUpdate

Informasi lebih lanjut: Email: s1branding@pmbs.ac.id / 0895 3321 31330

#seminar #workshop #s1branding #s1manajemen #anaksma #masukkampus #prasetiyamulya #universitasprasetiyamulya #prasmul #businessschool #eventsma
  • Halo teman-teman Calon Mahasiswa. Bagi kamu yang telah menentukan jurusan favoritmu di Prasetiya Mulya, segera daftarkan diri kamu dan jangan lewatkan kesempatan Tes Seleksi Masuk Gelombang Terakhir S1 Universitas Prasetiya Mulya.
.
Deadline pendaftaran online & pengumpulan berkas: 
Senin, 9 Juli 2018
.
Daftar online via: admissions1.prasetiyamulya.ac.id (klik link di bio)
.
Info lebih lanjut: 0815-1166-2005 / 0812-411-1660
.
#prasmul #universitasprasetiyamulya #prasetiyamulya #admission #jadwaltesmasuk #masukkampus #admissiontest #infokuliah #pendaftaranmahasiswabaru #mahasiswabaru #intake #infojurusan #infopendaftaran #kampusbisnis #businessschool #sekolahbisnis #stem #sekolahteknik #schoolofappliedstem #scholarship #beasiswa #infobeasiswa #beasiswasarjana

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!

Prasmul on Media