Cerita Prasmul

STEM Seminar Series I – Pemanfaatan Biomassa Sebagai Suplai Pangan dan Energi Masa Depan

Senin, 6 Maret 2017 —  Universitas Prasetiya Mulya melalui School of Applied STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) mengadakan seminar edukatif dengan tema “Future Biomass Resource for Securing Food and Energy Supply” di Auditorium lantai 12, PMBS Building – Universitas Prasetiya Mulya,  BSD City, Tangerang Selatan.

Pengembangan energi terbarukan layaknya bioenergi dapat menjadi alternatif yang ditempuh sebagai solusi peningkatan pasokan energi. Namun demikian, penggunaan bahan organik untuk memenuhi kebutuhan energi juga bersingunggan dengan isu ketahanan pangan, dikarenakan tingkat kebutuhan akan bahan pangan juga mengalami peningkatan kian waktunya.

Berangkat dari isu tersebut, STEM Seminar Series menghadirkan dua pembicara ahli di bidang pemanfaatan biomassa. Dalam sesi pertama, hadir Prof. Ryozo Noguchi selaku Associate Professor dari Tsukuba University, Jepang. Pada kesempatan tersebut, Prof. Noguchi memaparkan tentang analisis pemanfaatan biomassa sebagai alternatif pasokan energi. Dalam penelitian yang dilakukan bersama timnya di Jepang, Prof. Noguchi juga mengembangkan beberapa metode pengolahan sumber energi dari ragam limbah, diantaranya dari limbah cair pabrik kelapa sawit dan sekam padi.

Prof. Ryozo Noguchi selaku Associate Professor dari Tsukuba University, Jepang hadir dalam STEM Series I
Sistem “Oil-water seperation” yang sudah dikembangkan di Jepang

Adapun dalam sesi kedua, hadir Dr. Yalun Arifin selaku Kepala Program Studi S1 Food Business Technology Universitas Prasetiya Mulya. Melengkapi apa yang dipaparkan Prof. Noguchi, Pak Yalun juga memberikan pemaparan menarik tentang pemanfaatan teknologi terkini untuk menghasilkan sumber daya pangan alternatif.

Dr. Yalun Arifin menjelaskan mengenai kebutuhan pangan di Indonesia

Melalui penelitiannya, Dr. Yalun mempresentasikan tentang salah satu teknologi mengenai pengembangan mikroalga. Mikroalga dapat dikembangkan menjadi produk pangan yaitu Spirulina, dimana dalam produk spirulina ini terkandung protein dan nutrisi yang tinggi yang dapat dikembangkan sebagai obat, bahkan sebagai bahan makanan.

Kultivasi alga spirulina oleh Dr. Yalun Arifin
Penyerahan tanda mata antara Prof. Yudi Samyudia Ph.D selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Prof. Ryozo Noguchi

Selain sebagai ajang menggali ilmu baru, acara yang dihadiri oleh jajaran industri, institusi pendidikan serta komunitas terkait ini juga dapat menjadi kesempatan untuk memperluas networking sesama tamu undangan. Rencananya, STEM Seminar Series akan diadakan berkala setiap 2 bulan sekali dan terbuka bagi publik. (*BP,*VIO)

 

 

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Lebih dari 90 tahun lalu, pemudi-pemuda Indonesia berkumpul untuk mengikrarkan tiga cita-cita negeri; Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa. Kini, asas tersebut harus tetap berkobar di benak generasi muda modern. 

Mari sambungkan bahu untuk menggelorakan pemajuan Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

#Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #SumpahPemuda #Indonesia #IndonesiaMaju #KampusIndonesia #HariNasional #ForwardThinking
  • “The mind and body are not separate. What affects one, affects the other.”

Karena bersifat multifungsi, lapangan ini sering digunakan untuk beragam kegiatan mahasiswa seperti workshop, ospek, dan perkumpulan organisasi. Tapi jangan salah, Prasmulyan tidak jarang ditemukan sedang berolahraga dan berkompetisi bersama teman-temannya, apalagi menjelang sore hari. Lapangan ini pun sangat bermanfaat untuk Student Activity Club yang berbasis sports. 

Olahraga bukan hanya untuk membakar lemak, tapi juga menyehatkan pikiran sehingga kamu semakin mudah menyerap ilmu. Apakah kalian tetap rajin berolahraga di masa e-learning ini?

#CampusSpot #CampusLife #Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #KampusBSD #Prasmulyan #KampusIndonesia #SekolahBisnis #StudentActivityClub #Q#quoteoftheday✏️
  • Setelah mengikuti kompetisi @pmic.id di Prasmul sewaktu SMA, @limowenn langsung tertarik menjadi Prasmulyan S1 Finance & Banking. Sekarang, setelah satu tahun menempuh perkuliahan, ia sudah menjalin hubungan erat dengan teman-teman dan mentornya. Ini yang membuat Owen sangat rindu dengan perkuliahan, terutama di masa e-learning ini.

Masing-masing jurusan di Prasmul membuka ruang bagi tiap mahasiswa untuk belajar, bertumbuh sebagai individu, dan berkoneksi. Telusuri lebih lanjut di ajang Online Info Session! Catat tanggalnya, lalu ajak orang tua dan teman-temanmu untuk ikut serta!

S1 Online Info Session  Angkatan 2021
Sabtu, 24 Oktober 2020

School of Applied STEM Session
09.00 - 11.30 WIB

School of Business & Economics Session
13.30 - 16.00 WIB

Registrasi di prasmul.link/infosession

Learn the Prasmulyan way. THINK LIMITLESS.

Info lebih lanjut hubungi ‪081511662005‬ / ‪08124111660‬ 

#Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #PrasmulyaninFrame #BehindtheScenes #KampusBSD #CampusLife #KampusIndonesia #Finance #Banking #InfoSession #OnlineEvent
Translate »
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

[nextpage title=”1″ ]

September 2018

[/nextpage][nextpage title=”2″ ]

Agustus 2018

[/nextpage][nextpage title=”3″ ]

Juli 2018

Juni 2018

[/nextpage][nextpage title=”4″ ]

Mei 2018

April 2018

[/nextpage][nextpage title=”5″ ]

Maret 2018

[/nextpage][nextpage title=”6″ ]

Februari 2018

[/nextpage][nextpage title=”7″ ]

Januari 2018

Oktober 2017

Oktober 2017

[/nextpage][nextpage title=”8″ ]

September 2017

Agustus 2017

[/nextpage]