Cerita Prasmul

Seru! Innovation Day 2018 Bimbing Ribuan Murid SMA Menuju Jurusan Idaman Mereka

Ceritaprasmul paham kok pusingnya menjadi murid tingkat akhir di SMA. Selain harus memusingkan Ujian Nasional dan kelulusan, insan kelas XII juga harus memikirkan langkah selanjutnya ke perguruan tinggi. Nah, di sinilah berbagai pertanyaan menggunung. Nanti aku bekerja sebagai apa? Aku harus ke kampus mana? Ambil jurusan apa? Ke universitas negeri atau swasta? Ikut teman atau tidak?

Berangkat dari problem ini, Universitas Prasetiya Mulya menyelenggarakan the first ever Innovation Day pada tanggal 31 Juli – 4 Agustus 2018 kemarin. Yup, berlangsung selama lima hari penuh, Prasmul mengundang 62 sekolah dari Jabodetabek ke kampus BSD. Di minggu yang spesial itu pula, lebih dari 5000 pelajar SMA membanjiri gedung-gedung ikonis Universitas Prasetiya Mulya untuk melihat pilihan inovasi karier yang terbuka luas bagi mereka.

Presentasi Bak Nonton Teater

Perkenalan mengenai Prasmul disajikan melalui pentas sandiwara yang menghibur.

Pertama menginjak tanah Prasmul dan melakukan registrasi, para calon mahasiswa tersebut disuguhi presentasi unik untuk memberikan perkenalan dan sedikit gambaran mengenai Prasetiya Mulya . Tapi jangan kamu bayangkan presentasi Power Point yang membosankan ya, melainkan sandiwara pendek yang super engaging! Dibantu oleh mahasiswa dan mahasiswi aktif Prasmul, informasi mengenai sejarah kampus, proses pembelajaran, sampai kegiatan non-akademis tersampaikan secara sempurna dengan canda dan tawa.

Pemeran utama dalam pementasan merupakan mahasiswa aktif Prasmul.

Berekspedisi ke Exhibition Interaktif

Usai menyaksikan pertunjukan introductory mengenai Prasmul, para pelajar SMA tersebut dipandu menuju lantai exhibition yang memamerkan kelebihan tiap jurusan di Prasmul. Di sini, peserta Innovation Day bukan cuma tahu-menahu nama jurusan saja, tapi ditunjukkan langsung proses pembelajaran melalui kegiatan interaktif.

Innovation Day ini seru banget! Ternyata, ada banyak ya pilihan jurusan yang nggak pernah aku dengar sebelumnya. – Nathan, SMA Regina Pacis.

S1 Hospitality Business dan S1 Event memikat pelajar dengan games berhadiah.
Pengunjung exhibition antusias mengikuti kuis seru dengan aplikasi.

 

 

 

 

 

Tiap jurusan diberikan kebebasan untuk berkreasi dan berinovasi dalam menerangkan program mereka. Program S1 Branding misalnya, menyulap ruang kelas menjadi suasana supermarket untuk menggambarkan branding journey. Salah satu program terbaru di Prasmul, S1 International Business Law, menjadi salah satu ruangan yang padat dengan pengunjung. Bagaimana tidak? Mereka mengundang peserta Innovation Day dalam role-playing untuk menyimulasikan situasi persidangan yang real!

S1 International Business Law mengundang siswa-siswi dalam kegiatan role-play unik.
Lengkap dengan kostum, peserta sandiwara merasakan suasana persidangan asli.

Tidak kalah menarik, S1 Business mengadakan pameran-ception, alias pameran di dalam pameran, dengan memajang produk-produk mahasiswa yang sudah berhasil dijual ke pasaran seperti sabun, pomade, pakaian, sampai furnitur.

Saya kira Prasmul cuma sekolah bisnis aja. Tapi setelah tahu ada STEM, saya sebagai anak IPA langsung tertarik banget untuk masuk Prasmul! – Sunel, Global Prestasi School.

S1 Accounting menjelaskan program mereka menggunakan analogi penjualan ramen.

Kalau tadi merupakan beberapa program dari School of Business & Economics (SBE), sekarang kita beranjak ke School of Applied STEM yang tentunya penuh teknologi canggih! Program S1 Food Business Technology sendiri memukau peserta Innovation Day dengan pertunjukan molecular gastronomy yang bikin garuk kepala. Program S1 Business Mathematics pun berhasil bikin siswa-siswi SMA paham tentang serunya matematika melalui games menghitung yang menantang.

INTIP KESERUAN RUANG EXHIBITION LAINNYA!

 

 

 

 

Ruangan S1 Branding yang warna-warni bikin pengunjung betah berlama-lama.

 

 

 

 

Banyak pelajar SMA tertarik dengan program full-English yang ditawarkan S1 Business Economics.

Lengkungan infinity raksasa dari S1 Business Mathematics jadi salah satu hal yang mencolok di STEM Exhibition.

 

 

 

 

Di S1 Finance, pengunjung dapat bermain darts sekaligus memahami bahwa jurusan ini lebih dari sekadar ngitung duit.

 

 

 

 

Pengunjung menemukan produk nyata mahasiswa di ruangan S1 Business (dan juga photo-booth yang intsagrammable banget!)

S1 Software Engineering membuktikan serunya menciptakan aplikasi melalui game interaktif raksasa.
Booth S1 Product Design Engineering pun terlihat ramai dengan kepo-nya murid SMA.

 

 

 

 

Molecular gastronomy yang disajikan S1 Food Business Technology memukau para pengunjungnya.

 

 

 

Murid pecinta lingkungan memuaskan rasa penasarannya di booth S1 Renewable Energy Engineering.

Banyak siswa-siswi mengantre di booth S1 Computer System Engineering untuk mencoba permainan VR yang canggih.

Bukan Campus Visit Biasa

Antusias pelajar SMA tersebut jadi bukti kalau ajang Innovation Day tidak bisa disetarakan dengan kegiatan campus visit pada umumnya. Pada akhirnya, Innovation Day ingin mendorong dan memotivasi para siswa-siswi kelas XII untuk mengejar minat serta bakat mereka. Tidak melulu berpatokan pada jurusan yang “hits” atau mengikuti apa kata teman, peserta Innovation Day dapat kembali ke sekolah masing-masing dengan wawasan yang lebih terbuka mengenai masa depan mereka.

Innovation Day juga berikan kesempatan bagi pelajar SMA untuk berkenalan dengan suasana kampus Prasmul.
Badut Ikonis merupakan salah satu atraksi di ajang Innovation Day.

Sebenarnya, kami tuh bingung pilih kuliah. Ujung-ujungnya ikut temen. Berkat Innovation Day, kami sadar bahwa yang menentukan adalah diri sendiri. – Dita, SMA Cinta Kasih Tzu Chi.

Melihat inovasi jurusan yang ada di Prasmul pula, peserta Innovation Day diingatkan tentang keberadaan sustainability dalam tiap pilihan karier. Bisnis apa sih yang masih dapat bertahan sampai 10 tahun ke depan dan seperti apa rupa teknologi di masa yang akan datang? Dengan menanamkan pikiran yang future-oriented, pelajar SMA diharapkan bisa semakin kreatif dalam mempertimbangkan jurusan pilihan mereka nanti.  So, what’s your future career?

Pengunjung Innovation Day berikan testimoni mereka mengenai pengalamannya di Prasmul.

Innovation Day memotivasi saya juga sebagai guru untuk mengarahkan anak masuk perguruan tinggi sesuai minat, passion, dan bakat mereka. – Junedi, Guru Sosiologi SMA BPK PENABUR Bogor.

See You Next Year!

Sampai berjumpa tahun depan!

Innovation Day 2018 sukses mengenalkan pelajar SMA mengenai ragam program studi Prasmul yang sungguh one of a kind! Jika belum tahu, SBE memiliki 8 program studi S1 yaitu Accounting, Branding, Business, Business Economics, Event, Finance & Banking, Hospitality Business dan International Business Law. Sedangkan School of Applied STEM, yang lebih berfokus pada pemanfaatan ilmu sains terapan, memiliki 6 program studi S1 yakni Business Mathematics, Computer Systems Engineering, Software Engineering, Renewable Energy Engineering, Food Business Technology dan Product Design Engineering.

Gimana, apakah kamu salah satu peserta Innovation Day kemarin? Semoga kamu dapat pencerahan dalam menemukan passion dan cita-cita kamu, ya.

Tapi jika kamu merupakan siswa-siswi SMA tingkat awal yang belum sempat merasakan atmosfer fun di Innovation Day, jangan khawatir, kamu masih ada kesempatan untuk mengikuti keseruan tahun depan, kok. Jadi, sampai bertemu future Prasmulyan!

Avatar

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • 11 MORE DAYS TO INFO SESSION PRASMUL DAY!

Ini merupakan kegiatan penutup Prasmul Day 2019 yang bisa berikan gambaran serta experience bagi kamu siswa/i SMA kelas XII yang akan memasuki masa perkuliahan. Prasmul Day tahun ini dikemas dengan tema film dan kamu bisa ikuti berbagai section yang menarik!

Yuk catat tanggalnya:
3 – 4 Agustus 2019
09.00 – 16.00 di Kampus BSD, Universitas Prasetiya Mulya
Registrasi: prasmul.link/infosession 
Gratis dan dibuka untuk umum, termasuk orang tua.

Jangan sia-siakan kesempatan ini! Langsung daftarkan diri kamu dan sampai bertemu di Prasmul Day 2019!

Life is a movie and you are the director. Write your future, direct your future, win your future

#winyourfuture #prasmulday2019
  • Selama event Prasmul Day berlangsung, masih banyak kegiatan lain yang mewarnai kampus BSD, lho. Tanggal 11-14 Juli kemarin, Student Board Prasetiya Mulya, organisasi kemahasiswaan Prasmul, mengadakan Art Week 2019 di Grand Indonesia. Mengambil tema Sangka Rekah, ajang ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengapresiasi karya-karya seni, baik seni rupa, seni tulisan, sampai seni gerak.

Selain itu, ada juga acara beken yang berlangsung tanggal 13 Juli lalu, yaitu A.M Festival 2019. Festival musik ini mengundang musisi-musisi lokal, mulai dari Danilla, Elephant Kind, Polka Wars, sampai band internasional I Know Leopard. Seru banget deh bersama-sama berpesta dan menikmati musik!

Melalui kegiatan-kegiatan ini, tentu saja soft-skill mahasiswa terasah sampai tajam, terutama dalam merancang event, teamwork, dan berorganisasi. So cool!

Foto: dokumentasi @artweek.id dan @am.festival 
#PrasmulDay2019 #WinYourFuture
  • Wow, nggak kerasa sudah 7 hari Prasmul Day berlangsung. We have had so much fun so far! Bertemu dengan ribuan siswa/i dari berbagai sekolah, menginspirasi mereka dengan cerita-cerita alumni, serta mengenalkan mereka pada lingkungan pembelajaran di Prasmul. Semoga bisa berikan inspirasi ya.

Di hari ke-7 ini, Kak Gary Evano dari Puyo Desserts dan HAKA Dimsum kembali lagi hadir sebagai pembicara. Peserta dari SMA Notre Dame Jakarta serta SMA Madania Bogor pun semangat banget memberikan pertanyaan pada Kak Gary seputar membangun bisnis sukses.

Prasmul Day masih berlangsung hingga 4 Agustus. Bagi kalian yang ingin merasakan keseruannya, ayo datang ke Info Session Prasmul Day pada tanggal 3-4 Agustus 2019 mendatang. It's free and open for public! 
Jangan lupa registrasi dulu ya di prasmul.link/infosession agar tidak kehabisan kursi. Sampai bertemu!

#PrasmulDay2019 #WinYourFuture
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!