Cerita Prasmul

Serba-Serbi Kompetisi yang Biasa Diikuti Mahasiswa Prasmul

Kalau kamu follow Instagram Prasmul, mungkin kamu sudah mengamati rangkaian Prasmul Champions yang menginformasikan prestasi mahasiswa setiap bulannya. Memang, Prasmulyan didorong untuk mengaplikasikan teori yang dipelajari di kelas ke dalam kerja praktik, salah satunya adalah kompetisi. Selain itu, kegemaran mahasiswa dalam berkompetisi juga karena perannya sebagai wadah positif untuk bertukar ide dan memperluas koneksi.

Karena Prasmul merupakan universitas yang berorientasi pada bisnis dan entrepreneurship, mungkin kamu penasaran, apa saja sih lomba yang biasa diikuti mahasiswanya? Ternyata sangat beragam, lho

Study Case

Studi kasus merupakan alat yang ideal untuk melatih kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Dalam kompetisi studi kasus, setiap tim diberikan sebuah case file yang tidak jarang merupakan permasalahan nyata yang dihadapi sebuah perusahaan. Kemudian, mereka harus menyediakan solusi dan mempresentasikannya kepada juri secara verbal atau tertulis.

Tipe kompetisi studi kasus pun beragam. Dalam business case, peserta harus menyusun keseluruhan strategi, mulai dari target market, penjualan, produk, dan operasional. Ada pula investment banking yang dapat menjadi simulasi peserta terhadap dunia transaksi perbankan investasi. 

Ideation & Innovation

Setuju atau tidak, gagasan kreatif generasi muda sangat mempengaruhi kemajuan suatu bangsa? Nah, kompetisi yang bersifat ideation meminta peserta untuk menyalurkan gagasan produk bisnis paling inovatif dan bermanfaat. Tapi jangan asal lempar ide! Inovasi yang diciptakan harus berakar dari sebuah masalah yang dihadapi masyarakat atau sesuai project brief

Beberapa kompetisi yang paling sering diikuti Prasmulyan adalah business plan dan juga marketing plan, di mana ide yang diramu harus sesuai dengan visi dan karakter klien, serta dapat bantu meningkatkan nama brand.  

Hackathon

Hackathon merupakan salah satu bentuk dari kompetisi ideation. Berasal dari kata hacking dan marathon, ajang ini mengumpulkan programmer dan developer untuk mengembangkan sebuah aplikasi atau software dalam waktu singkat. Tergantung penyelenggara, sebuah hackathon dapat berlangsung selama 24-72 jam, sehingga peserta harus dapat menggali dan merealisasikan ide secara instan. Kalau mau tahu pengalaman salah satu tim Prasmul dalam memenangkan sebuah hackathon, klik link ini!

Essay & Paper

Kompetisi menulis esai atau paper menguji kemampuan mahasiswa dalam menuang ide dan pendapat ke atas kertas, sekaligus menantang kreativitas mereka. Biasanya, penyelenggara akan menyediakan sebuah tema serta ketentuan teknis seperti ukuran font, margin kertas, dan jumlah kata. 

Bukan cuma mendeskripsikan, peserta kompetisi juga perlu melakukan penelitian dan analisis. Kemenangan dapat ditentukan dari kesimpulan, akurasi data, dan tentu saja bagaimana mereka dapat “menjual” ide menggunakan kata-kata. 

Pitching & Debate

Champion, Best Powerpoint Presentation, Most Popular Team Award
Asian Federation of Exhibition and Convention Association (AFECA) MICE Youth Competition 2019
Erica Santoso (Branding 2016), Lisabel Lim (Hospitality Business 2017), Andita Refanda, Zahra Yasmin (Event 2016)

Beberapa kompetisi mengandalkan speaking skill mahasiswa. Bagi Prasmulyan, public speaking merupakan keterampilan yang terus diasah karena dalam kehidupan nyata, lulusan harus percaya diri ketika berhadapan dengan seorang klien, terutama saat harus pitching. Umumnya, kompetisi pitching bersinggungan dengan ideation karena peserta harus mempresentasikan temuan mereka pada “calon investor” alias juri. 

Sedangkan dalam kompetisi debat, dua kelompok harus membela dan mempertahankan argumen mereka terhadap suatu topik secara fasih dan eksak. Umumnya, kedudukan peserta ditentukan on the spot, sehingga mereka harus dapat menguasai topik dari kedua sisi. 

Internal Competition

Innofair 2019 merupakan ajang yang memamerkan prototipe mahasiswa School of Applied Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Prasetiya Mulya.

Walaupun tidak mengikuti ajang lomba yang diselenggarakan oleh pihak luar kampus, seorang Prasmulyan pasti tetap memiliki jiwa berkompetisi. Why? Karena learning process Prasetiya Mulya yang unik, mahasiswa termotivasi untuk berkompetisi secara positif antara satu sama lain. Beberapa mata kuliah pun mewajibkan mahasiswa untuk melakukan presentasi di hadapan juri tamu, yang hadir untuk bantu menilai tugas akhir. Tidak jarang, juri tamu tersebut merupakan pelaku industri atau petinggi perusahaan, sehingga tiap mahasiswa bekerja keras untuk memberikan hasil terbaik.



Avatar

Sky Drupadi

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • “The mind and body are not separate. What affects one, affects the other.”

Karena bersifat multifungsi, lapangan ini sering digunakan untuk beragam kegiatan mahasiswa seperti workshop, ospek, dan perkumpulan organisasi. Tapi jangan salah, Prasmulyan tidak jarang ditemukan sedang berolahraga dan berkompetisi bersama teman-temannya, apalagi menjelang sore hari. Lapangan ini pun sangat bermanfaat untuk Student Activity Club yang berbasis sports. 

Olahraga bukan hanya untuk membakar lemak, tapi juga menyehatkan pikiran sehingga kamu semakin mudah menyerap ilmu. Apakah kalian tetap rajin berolahraga di masa e-learning ini?

#CampusSpot #CampusLife #Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #KampusBSD #Prasmulyan #KampusIndonesia #SekolahBisnis #StudentActivityClub #Q#quoteoftheday✏️
  • Setelah mengikuti kompetisi @pmic.id di Prasmul sewaktu SMA, @limowenn langsung tertarik menjadi Prasmulyan S1 Finance & Banking. Sekarang, setelah satu tahun menempuh perkuliahan, ia sudah menjalin hubungan erat dengan teman-teman dan mentornya. Ini yang membuat Owen sangat rindu dengan perkuliahan, terutama di masa e-learning ini.

Masing-masing jurusan di Prasmul membuka ruang bagi tiap mahasiswa untuk belajar, bertumbuh sebagai individu, dan berkoneksi. Telusuri lebih lanjut di ajang Online Info Session! Catat tanggalnya, lalu ajak orang tua dan teman-temanmu untuk ikut serta!

S1 Online Info Session  Angkatan 2021
Sabtu, 24 Oktober 2020

School of Applied STEM Session
09.00 - 11.30 WIB

School of Business & Economics Session
13.30 - 16.00 WIB

Registrasi di prasmul.link/infosession

Learn the Prasmulyan way. THINK LIMITLESS.

Info lebih lanjut hubungi ‪081511662005‬ / ‪08124111660‬ 

#Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #PrasmulyaninFrame #BehindtheScenes #KampusBSD #CampusLife #KampusIndonesia #Finance #Banking #InfoSession #OnlineEvent
  • Sebagai calon engineer, para mahasiswa STEM harus memiliki technical knowledge sesuai bidang yang mereka geluti. Tapi tidak cukup menguasai kemampuan teknis, mahasiswa juga harus memiliki pemahaman tentang arts karena pada akhirnya, inovasi dihasilkan dari kreativitas. 

Bagaimana Prasmul mengintegrasikan arts dan menerapkan pembelajaran holistis bagi mahasiswa School of Applied STEM? Baca detailnya di Ceritaprasmul.com!

#Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #AEESEAP2020 #SchoolofAppliedSTEM #KampusBSD #KampusIndonesia #STEM #STEAM
Translate »
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

[nextpage title=”1″ ]

September 2018

[/nextpage][nextpage title=”2″ ]

Agustus 2018

[/nextpage][nextpage title=”3″ ]

Juli 2018

Juni 2018

[/nextpage][nextpage title=”4″ ]

Mei 2018

April 2018

[/nextpage][nextpage title=”5″ ]

Maret 2018

[/nextpage][nextpage title=”6″ ]

Februari 2018

[/nextpage][nextpage title=”7″ ]

Januari 2018

Oktober 2017

Oktober 2017

[/nextpage][nextpage title=”8″ ]

September 2017

Agustus 2017

[/nextpage]