Cerita Prasmul

SANSKERTA 2019 Jadikan Broadway Sebagai Tolok Ukur Pagelaran

Wah, nggak sangka sudah delapan kali berturut-turut mahasiswa Prasetiya Mulya menghidupkan wiracerita di atas panggung melalui SANSKERTA. Kali ini, pertunjukan teater musikal tersebut bertajuk Arjuna: Perjuangan Mengungkap Makna. Kalau belum tahu, Arjuna merupakan salah satu ksatria Pandawa yang bukan cuma berparas ganteng, tapi juga merupakan pemanah piawai!

Arjuna memohon restu pada sang ibu untuk menikahi Drupadi.

Berlangsung di Ciputra Artpreneur pada hari Sabtu (22/6) lalu, penonton disuguhi penampilan elok yang penuh dengan rasa tegang, sedih, dan tawa. Selain showcase bakat alih peran mahasiswa Prasmul, pertunjukkan ini sekaligus dibungkus dengan aransemen musik orisinal karya Prasmulyan serta tarian kontemporer semi tradisional yang disusun oleh Siko Setyanto, penari balet kenamaan Indonesia.

Disutradarai oleh Markus Harjanto, SANSKERTA 2019 menghadirkan produksi yang berbeda dari tahun sebelumnya. Selama 10 bulan terakhir, para mahasiswa menguras badan dan pikiran dengan latihan, bikin kostum, sampai mengolah desain panggung. Makin keren lagi, untuk pertama kalinya dalam sejarah SANSKERTA, panggung yang warna-warni dengan properti hand-made turut dilengkapi tembakan proyektor buat makin memperluas dunia arjuna melalui lukisan suasana hutan dan kerajaan.

Arjuna merupakan salah satu dari lima Pandawa.
Kain putih yang dikenakan Drupadi tidak ada habisnya.

“Ini pertama kalinya kami menggunakan proyektor,” ungkap Yosua Andrew, Prasmulyan S1 Business 2016 yang menjabat sebagai Ketua Pelaksana SANSKERTA 2019. “Tahun ini, kami membuat susunan produksi yang lebih detail sehingga tiap orang fokus terhadap job desc mereka. Selain itu, kami mulai jadikan Broadway sebagai benchmark dari SANSKERTA untuk sekarang dan ke depannya.”

Di sini, mahasiswa dapat memamerkan kehausan jiwanya dalam seni dan ilmu pengetahuan.

Bapak Harry Tjan Silalahi, Pembina Yayasan Universitas Prasetiya Mulya.

SANSKERTA adalah salah satu wadah seni yang ada di bawah naungan Student Board Prasetiya Mulya, organisasi mahasiswa terbesar di kampus yang biasa bikin acara besar seperti Art Week dan PopUp Market. Maka dari itu, selama di Ciputra Artpreneur, atmosfer profesional para panitia terasa kental banget, deh! Walaupun merupakan sekolah yang terkenal dengan pembelajaran bisnis, Prasetiya Mulya memang selalu dukung kegiatan mahasiswa, terutama yang bisa mengasah soft skills mereka untuk digunakan sehabis lulus nanti.

“Mempelajari seni tidak kalah penting, karena selain sebagai sebagai sarana hiburan, menyusun sebuah event juga mengajarkan cara membagi waktu, bekerja dalam tekanan, serta menjadi pemimpin,” Yosua menerangkan.

Pementasannya luar biasa, lightingnya epic! Pada akhirnya kita tahu bahwa kesombongan dan kecurangan itu tidak abadi, tapi malah menghancurkan diri kita sendiri.

Pramudya, Teater Keliling Indonesia

Tak ingin sekadar bicara mengenai budaya Indonesia, SANSKERTA ingin mewujudkan rasa cinta terhadap bangsa melalui performing arts. Kisah Arjuna sendiri diharapkan dapat menginspirasi banyak generasi muda dalam memiliki semangat serta daya juang tinggi dalam menjunjung kebenaran. See you at the next event!

Sumber gambar: Dokumentasi SANSKERTA 2019

Avatar

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Jangan gampang percaya dengan film Sci-fi yang menggambarkan robot sebagai musuh yang jahat. Nyatanya, mesin-mesin cerdas dapat membantu kegiatan sehari-hari, atau bahkan untuk sekadar menghibur. Ambil contoh Sophia the Robot, teknologi Artificial Intelligence ciptaan Hanson Robotics. Sejak aktivasinya di tahun 2016, ia telah menarik perhatian ahli teknologi, akademisi, dan seluruh masyarakat dunia.

Sophia menjadi tamu spesial dalam acara Youth Dialogue, salah satu rangkaian kegiatan 2019 CSIS Global Dialogue yang bertujuan untuk memperkenalkan teknologi di industri 4.0 pada generasi muda. Berlangsung pada 16-17 September lalu di Hotel Borobudur Jakarta, acara ini dihadiri oleh Hokiman Kurniawan (CEO Bahasa.id), Rama Aditya (Founder & CEO Qlue), serta Michell Setyawati (CEO Glair). Bikin makin seru, Youth Dialogue dipandu oleh standup comedian Mo Sidik!

2019 CSIS Global Dialogue merupakan kolaborasi antara Universitas Prasetiya Mulya, Centre for Strategic and International Studies, Plug and Play Indonesia, dan Pacific Economic Cooperation Council.
  • We cordially invite you to attend #ICASTEM2019 October, 30 2019 at #STEM Prasetiya Mulya. Free charge for participation, register via bit.ly/ICASTEM2019
  • Tahukah kamu dalam beberapa tahun ke depan banyak pekerjaan yang akan beralih ke automatisasi? Kalau begitu, bagaimana peluang kerja untuk kita? Cari tahu jawabannya di Seminar ‘Prospek Karir Generasi Z’ yang diadakan oleh Universitas Prasetiya Mulya.

Topik ini penting untuk kamu yang saat ini sedang duduk di kelas XII dan pastinya membutuhkan banyak informasi dalam menentukan jurusan kuliah.

Tidak hanya seminar karir, acara ini juga akan dilengkapi dengan konsultasi program studi bersama Faculty Member S1 Prasmul dan sekaligus pendaftaran tes untuk Kota Malang tanggal 3 November.

Seminar ‘Prospek Karir Generasi Z’ 
Sabtu, 28 September 2019
13.00 - 15.00
Atria Hotel Malang

Yuk register sekarang ke link prasmul.link/infosession.

Tempat terbatas.

#infosession #prasmul #infokuliah #malang
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!