Cerita Prasmul

S1 Hospitality Business Prasmul Jalankan Tiga Webinar dalam Satu Minggu!

Masa pandemi ini mengubah banyak tatanan kehidupan yang biasa kita jalani sehari-hari, termasuk proses pembelajaran. Sejak bulan Maret 2020, proses pembelajaran di Universitas Prasetiya Mulya dilakukan secara daring, jarak jauh, menggunakan berbagai moda komunikasi, mulai dari WhatsApp, LINE, Google Meet, ZOOM, serta Moodle. Metode ini khususnya menantang bagi S1 Hospitality Business, salah satu jurusan di Program Studi S1 Pariwisata, yang proses perkuliahannya terdiri dari 40% praktek laboratorium (F&B Production dan Mock-Up Hotel).

Untuk itu, S1 Hospitality Business melakukan berbagai macam cara dalam menyampaikan materi perkuliahan, salah satunya melalui Guest Lecture, yang merupakan sharing session dengan para pelaku industri, seperti Unilever Food Solution, Ikatan Perangkai Bunga Indonesia, Twin House Restaurant, Jakarta Good Guide, The 101 Hotel, Namaaz Dining, ARAT Design International, dan masih banyak lagi. 

Dengan kemudahan akses informasi dan teknologi, S1 Hospitality Business juga ingin berbagi ilmu dari praktisi ilmu kepada masyarakat luas, akademisi, mahasiswa, dan pelajar SMA. Oleh karena itu, dimulai dari Mata Kuliah Entrepreneurship & Innovation in Hospitality Business, kami menyelenggarakan webinar Hospitality Business yang pertama kalinya pada hari Rabu (3/6) lalu, bertopik “Social Entrepreneurship sebagai Strategi Alternatif Hospitality Business Mengatasi Krisis”

Webinar pertama membicarakan seputar social entrepreneurship.

Webinar tersebut menampilkan pelaku Social Entrepreneurship dari Desa Wisata Nglanggeran, Bapak Sugeng Handoko, S.T dan akademisi penggiat Social Entrepreneurship, Bapak M. Setiawan Kusmulyono. Dibuka oleh Ibu Dini Anggraeni Sirad selaku dosen S1 Hospitality Business dengan paparan tentang tantangan yang dihadapi Hospitality Business saat ini, ajang yang diikuti lebih dari 130 peserta ini dimoderatori oleh Bapak Sonny Agustiawan selaku pengampu mata kuliah Entrepreneurship & Innovation in Hospitality Business. 

Pada hari berikutnya, S1 Hospitality Business kembali menyelenggarakan webinar bertema “Beverage Service: Survival Strategy in Café Business”. Webinar ini adalah perluasan dari Guest Lecture untuk mata kuliah semester 2, F&B Management, yang diampu oleh Ibu Sri Widya Wijanarti selaku Faculty Member dan Manager Program S1 Hospitality Business. Sebanyak dua narasumber hadir yaitu Harindra Damarsatya (Pemilik Third Wave Coffee & Co dan Alumnus S1 Business 2012) serta Albert Febrian Wijaya (Manager Louis dan Mahasiswa S1 Hospitality Business 2017).  Dari 120 peserta yang mengikuti webinar ini, beberapa diantaranya merupakan pemilik usaha café yang berasal dari Aceh sampai Papua.

Dua Prasmulyan menjadi pemateri untuk webinar kedua.

Untuk webinar ketiga, S1 Hospitality Business bekerja sama dengan Laboratorium Program Studi S1 Pariwisata yang dikemas dalam acara The HOST (Hospitality Talk). Acara ini dibuka untuk umum melalui platform ZOOM, dengan Ibu Nakita Sabrina Camelia (Kepala Lab Prodi Pariwisata) sebagai moderator. Berlangsung pada Hari Sabtu (6/6) kemarin, kegiatan ini mengangkat Topik “Market Opportunities Post Covid-19 in Hospitality Business” dan mengundang tiga pembicara dengan latar belakang keahlian beragam, yakni Bapak Made Handiwijaya Dewantara (Faculty Member S1 Hospitality Business), Bapak Dave Rivan (F&B Director 101 Bogor Suryakancana), serta Chef Vindex Tengker.

Webinar ketiga dikemas dalam acara The HOST.

Webinar ini menerima banyak pertanyaan menarik dari 120 pesertanya, termasuk proses pembelajaran di S1 Hospitality Business sebelum, selama, dan setelah pandemi, serta implementasi regulasi New Normal agar peserta dapat menjalankan survival mode di ranah Hospitality Business.

Pelaksanaan ketiga kegiatan ini mengundang banyak masukan positif dari segi materi, pembicara, dan pelaksanaannya. Hal ini membuat kami semakin semangat untuk membuat acara berikutnya dengan topik-topik terkait Hospitality Business yang lebih menarik. Ragamnya peserta dari kalangan akademisi, mahasiswa, calon mahasiswa, maupun praktisi pariwisata juga membuktikan bahwa gairah berbisnis di industri hospitality masih tinggi, meski dalam kondisi pandemi. 

Don’t miss our next webinar in hospitality & tourism!

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

Instagram did not return a 200.
Translate »
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

[nextpage title=”1″ ]

September 2018

[/nextpage][nextpage title=”2″ ]

Agustus 2018

[/nextpage][nextpage title=”3″ ]

Juli 2018

Juni 2018

[/nextpage][nextpage title=”4″ ]

Mei 2018

April 2018

[/nextpage][nextpage title=”5″ ]

Maret 2018

[/nextpage][nextpage title=”6″ ]

Februari 2018

[/nextpage][nextpage title=”7″ ]

Januari 2018

Oktober 2017

Oktober 2017

[/nextpage][nextpage title=”8″ ]

September 2017

Agustus 2017

[/nextpage]