Cerita Prasmul

S1 Event Prasetiya Mulya dan Harapan Industri MICE Indonesia

Selain berperan untuk meningkatkan pariwisata, industri meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE) menjadi indikator kuat bagi perkembangan suatu bangsa. Oleh karena itu, sudah selayaknya penyelenggaraan event nasional dan internasional membutuhkan inovasi, tenaga sumber daya manusia (SDM) yang ahli, dan mentalitas pelayanan kelas utama.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat, sedikitnya 282.000 orang mengikuti acara MICE yang digelar di Indonesia selama 2013. Kegiatan itu menghasilkan sekitar Rp 19,9 triliun dan turut berkontribusi terhadap terciptanya 262.000 pekerjaan.

 

Coba bayangkan dengan jumlah pekerjaan sebanyak itu akan lebih baik lagi ketika diisi oleh SDM yang tidak hanya profesional secara pengalaman, tetapi juga secara akademik dalam menangani sebuah event. Berbicara tentang tenaga SDM yang ahli, kebutuhan akan poin ini tidak hanya pendukung, tetapi juga menjadi poin utama agar terselenggaranya berbagai event tersebut dapat berjalan sukses.

Suasana Entrepreneur Day 2014
Suasana Entrepreneur Day 2014

Program Studi Event

Kebutuhan akan menghadirkan ketersediaan SDM yang spesialis di bidang event diimplementasikan Prasetiya Mulya dengan membuka program studi baru yakni S1 Event Prasetiya Mulya. Pembantu Ketua (Puka) Prodi Operasional Akademik Konsentrasi S1 Event Yudho Hartono memaparkan, “Kita sangat membutuhkan SDM yang berkualitas dengan kemampuan yang tidak hanya di sisi teknis pembuatan sebuah event. Tetapi, hal ini harus dibarengi dengan kemampuan SDM yang dapat melihat dan memvisualisasikan event-event menarik seperti apa yang bisa diciptakan dan kemampuan untuk merancang serta mengeksekusi ide tersebut menjadi event yang berdampak luas.”

Sebagai pelaku di industri ini, Operational Director PT Dyandra Media International Tbk Danny Budiharto juga mengatakan betapa pentingnya ketersediaan SDM spesialis event. “Event adalah bisnis kreatif jadi tentunya membutuhkan orang-orang yang lebih terlatih dan kreatif dalam menangani event sehingga dapat terus menghasilkan ide-ide segar,” ujarnya.

buble

Mahasiswa S1 Business Prasetiya Mulya Angkatan 2010 dan Director Broadway Group Jakarta William Ernest Silanoe pun menyadari betapa pentingnya sebuah event dapat terselenggara secara rapi dan profesional. Ernest menceritakan pengalamannya kuliah di Prasetiya Mulya. Bermula dari aktif dalam bidang kemahasiswaan atau student board yang membuat dirinya mampu menjadi inisiator dalam menghadirkan sebuah ajang bagi para wirausaha muda untuk mempromosikan produknya di mal-mal besar Jakarta.

Ajang tersebut telah berlangsung tiga kali dan tidak disangka semakin tahun semakin banyak yang hadir. Pop Up Market namanya. “Pop Up Market pertama berhasil dikunjungi 14 ribu orang selama tiga hari. Yang kedua sebanyak 22 ribu dan terakhir ini mampu menembus 30 ribu pengunjung selama tiga hari. Tidak hanya dari segi bisnisnya yang harus diperhatikan, tetapi saya dan tim benar-benar harus memiliki kemampuan dalam menyelenggarakan sebuah event. Oleh karena itu, dengan adanya S1 Event ini, saya harapkan para generasi baru akan lebih mempunyai kemampuan yang profesional dalam membuat sebuah event tidak hanya dari segi pengalaman, tetapi juga akademik,“ terang Ernest.

Faktor akademik dan pengalaman nyatanya memang menjadi dua hal yang tidak terpisahkan. Untuk mengakomodasikan hal tersebut, Prasetiya Mulya mendesain kurikulum mahasiswa program S1 Prasetiya Mulya didukung dengan adanya program di bidang kemahasiswaan. Desain kurikulum mahasiswa program S1 Prasetiya Mulya didukung dengan adanya program di bidang kemahasiswaan atau student board (SB). Hal ini sebagai wadah para mahasiswa menerapkan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan.

“Program-program yang dijalankan di organisasi kemahasiswaan merupakan panggung bagi para mahasiswa untuk bersimulasi dan melatih implementasi teori perkuliahan, dan membawa pengalaman berorganisasi tersebut ke dalam diskusi-diskusi di perkuliahan, dengan fokus pada kebutuhan pengembangan minat dan bakat mahasiswa, baik dari bidang keilmuan, olahraga, seni budaya, serta kebangsaan. Salah satu kegiatan yang telah terimplementasi seperti Pop Up Market,” terang Kepala Unit Kemahasiswaan S1 Prasetiya Mulia Farel Sumandar Valentino Sinaga.

Selain itu, dibentuknya program S1 Event di Prasetiya Mulya ini diharapkan dapat menambah kontribusi untuk memajukan Indonesia dalam menyediakan SDM yang profesional dalam bidang event. “Hal ini menjadi harapan baru bagi para generasi muda. Namun, yang perlu diingat walau secara formal pendidikan event telah dihadirkan, generasi muda harus jauh lebih berani dalam bertindak. Berani mewujudkan sebuah event menjadi kenyataan bukan sekadar ide,” terang Ernest.

Dengan adanya jurusan S-1 Event Prasetiya Mulya, diharapkan akan semakin banyak sumber daya manusia profesional di bidang event, seperti event planner, event marketing, brand activation agency, event consultant, event    conceptor, MICE, government MICE organizer, event organizer.

 

 

 

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • Ayo Sukseskan!
@asiangames2018
18th Asian Games 2018
Jakarta-Palembang
.
Bangga rasanya menjadi negara tuan rumah dan menyambut ribuan atlet berbakat se-Asia ke tanah air. Universitas Prasetiya Mulya mendukung penuh kelancaran dan kesuksesan Asian Games 2018. Semangat untuk para kontingen!
.
#AsianGames2018 #EnergyOfAsia #SukseskanAsianGames2018 #Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #TuanRumahBaik #Indonesia #Jakarta #Palembang
  • Apakah makna Kekayaan yang sesungguhnya bagi Anda? Lantas, sudahkah Anda menggunakan teknologi secara optimal untuk meraih Kekayaan di era modern ini? 
Tahun ini, PermataBank berkolaborasi dengan S1 Event Prasetiya Mulya mempersembahkan Wealth Wisdom, the Largest Wholistic Wealth Conference in Indonesia, sebuah upaya mengedukasi masyarakat Indonesia tentang makna kekayaan yang melebihi uang dan materi. Dengan mengusung tema "Mind, Body, Soul,+Tech", WealthWisdom mengajak Anda untuk memaknai Kekayaan secara holistik dalam berbagai aspek kehidupan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk terinspirasi oleh lebih dari 30 Kelas yang dibawakan para speakers andal, beragam sesi Workshop, Wealth Bazaar, Property Expo, dan Shopalogic Museum di #WealthWisdom2018.

Info jadwal kelas dan tiket, klik : www.WealthWisdom.id 
#jakarta #event #jakartaevent #pacificplace #wealth #conference #expo #indonesia #permatabank #prasmul #universitasprasetiyamulya #prasertiyamulya
  • Why Learn Business Economics? 
In Business Economics, you will learn how to apply economic theories to solve business problems whilst analysing and forecasting the world's economic situation as well as issues that can influence strategic business decisions. This program utilizes English language in order to better prepare you for the global working environment. 
#S1BusinessEconomics #BusEconPrasMul #prasmul #prasetiyamulya #universitasprasetiyamulya #businesseconomics #businessschool #schoolofbusiness

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!

Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

Juli 2018

Juni 2018

Mei 2018