Cerita Prasmul

Ragam Beasiswa di Prasetiya Mulya Yang Wajib Kamu Tahu!

Syarat Beasiswa Prasmul

Info Terbaru Program Beasiswa S1 Prasmul

Universitas Prasetiya Mulya – BSD Campus

Orang bijak pernah berkata ubahlah tidak mungkin menjadi mungkin dan tidak bisa menjadi bisa, karena ditengah kesulitan pasti  selalu ada kesempatan. Sama halnya dengan peluangmu untuk menuntut ilmu di Universitas Prasetiya Mulya, bagi kamu yang berkeinginan untuk belajar,  mengembangkan potensi dan memiliki jiwa entrepreneur bersama Prasmul, inilah saatnya persiapkan diri untuk mengikuti program beasiswa Prasmul!.

Prasmul menghadirkan rangkaian program beasiswa ragam  jurusan yang ditujukan bagi seluruh pelajar berprestasi di Indonesia sebagai upaya memaksimalkan perwujudan tri dharma perguruan tinggi serta mendukung penuh minat belajar siswa – siswi terbaik se-Indonesia. Pada tahun 2017 ini, terdapat 4 jenis beasiswa yang ditawarkan. Ini dia program — programnya:

  1. Young Scholar Indonesia Scholarship

Sebagai bentuk penghargaan kepada siswa — siswi SMA/Sederajat yang memiliki prestasi akademik yang baik, aktif dalam kegiatan organisasi serta memiliki potensi kepemimpinan,  Prasmul menghadirkan beasiswa Young Scholar Indonesia (YSI). Beasiswa yang diadakan setiap tahunnya ini ditujukan bagi calon mahasiswa Prasmul di seluruh Indonesia. Dalam program YSI, besaran beasiswa yang diberikan dapat mencakup seluruhnya/sebagian dari  biaya pendidikan, tunjangan hidup dan buku, tergantung dari nilai tes dan kategori yang diterima calon mahasiswa. Beasiswa YSI ini sifatnya tidak mengikat (tidak ada ikatan dinas dengan Prasmul).

  1. Bakti Indonesia Scholarship

Dari sisi yang berbeda, Prasmul juga menghadirkan beasiswa dengan target  siswa — siswi SMA/Sederajat berprestasi yang memiliki keterbasan kemampuan ekonomi. Sama halnya seperti YSI, Bakti Indonesia Scholarship diadakan setiap tahunnya dan ditujukan bagi calon mahasiswa Prasmul di seluruh Indonesia. Terdapat 3 kategori penerima beasiswa Bakti Indonesia Scholarship, adapun penerima nilai tes terbaik (kategori A) akan dibebaskan biaya kuliah selama 4 tahun layaknya penerima beasiswa YSI dengan tambahan gratis biaya boarding house. Setelah menyelesaikan pendidikan di Prasmul, penerima beasiswa ini memiliki kesempatan bekerja di Prasmul juga lho dengan ikatan dinas maksimal 2 tahun. Menarik bukan? Bagi peserta yang mau mengajukan di beasiswa ini, kalian harus melampirkan surat rekomendasi dari guru beserta surat keterangan tidak mampu dari kelurahan.

  1. Bidikmisi

Program bidikmisi Universitas Prasetiya Mulya adalah program bantuan dana bagi siswa — siswi SMA/Sederajat se-Indonesia yang berprestasi dan memiliki keterbasan kemampuan ekonomi. Berbeda dengan Bakti Indonesia Scholarship, program Bidikmisi adalah program bantuan dana kolaborasi Kemristekdikti dan Prasmul. Beasiswa YSI ini sifatnya  mengikat (ada ikatan dinas dengan Prasmul maksimal 2 tahun).

  1. Teruna Papua Scholarship

Memahami pentingnya pengembangan sumberdaya manusia yang mumpuni dalam bidang kewirausahaan menjadi salah satu perhatian yang diberikan oleh Bank Papua. Untuk meningkatkan kemampuan dalam efektifitas program tersebut, Bank Papua bekerjasama dengan Prasmul mewujudkan beasiswa Teruna Papua bagi siswa – siswi SMA/Sederajat asal papua (Meskipun domisili di luar papua tetapi orang tuanya asli dari tanah Papua, maka bisa mengikuti beasiswa ini). Beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan yang ada di Prasetiya Mulya.

  1. Teruna Indonesia Timur

Beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan dari Prasmul yang khusus diperuntukan bagi siswa – siswi SMA/Sederajat yang berdomisili di Indonesia Timur (Selain Papua) . Beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan yang ada di Prasetiya Mulya.Untuk penerimaan tahun 2017, Universitas Prasetiya Mulya  kembali membuka kesempatan kepada siswa-siswi terbaik untuk mengikuti tes seleksi yang akan diadakan di Kupang (NTT), Jayapura, Sorong (Papua) dan tahun ini ditambah Ambon (Maluku).

  1. Financial Aid

Jika 5 beasiswa di atas ditujukan bagi calon mahasiswa, maka bantuan financial aid  diperuntukan bagi mahasiswa Prasmul yang mengalami kendala ekonomi pada saat mereka  sedang dalam masa perkuliahan.

  1. Achievement Scholarship

Bagi penerima beasiswa yang tidak mendapatkan akses bebas biaya kuliah selama 4 tahun, maka berhak untuk mengikuti seleksi Achievement Scholarship yang diadakan setiap tahunnya setelah masa beasiswa mereka habis. Adapun prasyarat untuk mengajukan beasiswa kembali yaitu prestasi akademik harus baik dan aktif dalam organisasi kampus.

Syarat Beasiswa Prasmul

Adapun syarat yang harus dipenuhi kandidat dalam mengikuti program beasiswa Prasmul adalah:

  • Lulus tes masuk dengan hasil yang baik
  • Mengikuti rangkaian tes seleksi yang terdiri dari: admission test, group discussion, essay/paper, presentasi dan panel interview
  • Aktif dalam organisasi, kegiatan ekstrakurikuler atau komite sekolah
  • Telah melakukan konfirmasi calon mahasiswa dengan membayarkan minimum 25% dari development fee khusus untuk kandidat beasiswa Young Scholar Indonesia. Adapun biaya tersebut akan dikembalikan pada Agustus 2017 jika kandidat berhasil lolos beasiswa tersebut.
  • Melampirkan surat rekomendasi dari guru beserta surat keterangan tidak mampu dari kelurahan bagi kandidat dengan keterbatasan kemampuan ekonomi. Form surat rekomendasi dapat diisi disini: http://www.prasetiyamulya.ac.id/media/kcfinder/files/Surat_Referensi_Bebas%20Biaya%20Tes.pdf

Itu dia ragam beasiswa yang ditawarkan Universitas Prasetiya Mulya bagi siswa-siswi terbaik di seluruh Indonesia. Dengan mengikuti program ini, kamu bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan seperti memacu dirimu untuk lebih berprestasi, meringankan beban orang tua dan membentuk pribadi yang lebih mandiri. Untuk informasi lebih lanjut terkait persyaratannya, cek http://www.prasetiyamulya.ac.id/admission/scholarship  atau hubungi kami di info@prasetiyamulya.ac.id. Selamat Mencoba!.

 

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Sejak semester pertama di Universitas Prasetiya Mulya, kemampuan team working mahasiswa diperkuat melalui tugas kuliah yang umumnya dikerjakan berkelompok. Untungnya, kampus ini menyediakan banyak area untuk berdiskusi sehingga mahasiswa tidak harus menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk nongkrong di cafe. Seru, kan?

Untukmu yang tinggal di Batam, temukan keseruan lain tentang perkuliahan di Prasmul dalam Roadshow Info Session di bulan Oktober ini. Catat informasinya, ya!

Sabtu, 19 Oktober 2019
13.00 - 15.00 WIB
Nagoya Hill Hotel
Register at prasetiyamulya.ac.id/infosession/

Be the next 2020 Prasmulyan!
  • Selamat Hari Pangan Sedunia!

Di tengah banyaknya masyarakat yang mengalami kelaparan dan malnutrisi, anehnya food waste juga menjadi permasalahan pelik yang harus dihadapi oleh organisasi makanan seperti Food and Agriculture Organization (FAO). Sebenarnya separah apa permasalahan food waste yang dihadapi bumi? 
Swipe left untuk tahu lebih banyak.
  • Setelah tiga atau empat tahun berkuliah, pasti kamu bukan lagi orang yang sama di semester satu. Misalnya Fala dan Calvin, dua Prasmulyan semester akhir yang secara langsung merasakan perbedaan pada diri mereka selama berkuliah. Setelah melalui banyak pengalaman, pasti kamu pun juga bisa menjadi sosok yang lebih pintar, bijak, dan berani.

AN EXCITING EVENT IS COMING YOUR WAY! 
SELF-TRANSFORM WITH PRASMUL. 
COMING SOON. 26.10.19
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!