Cerita Prasmul

Program S1 Business Prasetiya Mulya Buka Mata Kuliah Coffee Business and Management

BSD, Tangerang | Selasa, 24 April 2018

Jika kalian ingat, di pertengahan tahun 2017 lalu, sempat ada berita viral mengenai kunjungan Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, ke Toko Kopi Tuku, salah satu kedai kopi rintisan alumni S1 Prasmul. Anjangsana tersebut memberikan inspirasi kepada Program S1 Business Prasetiya Mulya untuk merancang mata kuliah bertemakan kopi dan bisnis. Tidak hanya itu, gagasan ini juga bertumpu pada kekayaan kopi lokal Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan specialty coffee, untuk mengeksplorasi industri yang populer tersebut.

Industri perkopian naik daun beberapa tahun belakangan ini.

Pada pelaksanaan semester genap tahun akademik 2017-2018, Program S1 Business secara resmi meluncurkan mata kuliah Coffee Business and Management. Selain diampu oleh Faculty Member Prasmul, Bapak M. Setiawan Kusmulyono dan Ibu Sri Widya Wijanarti, vak ini juga didampingi oleh Harindra Damarsatya, pemilik Thirdwave Coffee di Bogor dan Kedai Kombi di Tangerang City Mall. Kehadiran Harindra mewakili alumni Prasmul yang bergerak sebagai praktisi di bisnis perkopian.

Awalnya, Coffee B&M dirancang sebagai mata kuliah elektif bagi mahasiswa S1 Business semester 8. Namun karena antusiasme yang tinggi dari rekan-rekan mahasiswa, diputuskan bahwa disiplin ini juga dibuka untuk Prasmulyan S1 Branding, S1 Finance, S1 Accounting, dan S1 lainnya. Waktu pelaksanaan Coffee B&M adalah hari Jumat pukul 10.00 hingga 11.40, dengan bobot kredit sebesar 3 SKS.

Unik dan menarik, mahasiswa tidak belajar mengenai bisnis perkopian di dalam kelas saja, tapi juga di Kitchen Lab yang dikelola oleh Program S1 Hospitality Business. Maka dari itu, Coffee B&M pun dapat disebut sebagai salah satu bentuk kolaborasi inovatif antara Program S1 Business dan S1 Hospitality Business demi mengasah keterampilan, sikap, dan kemampuan teknis mahasiswa.

Program S1 Hospitality Business menyediakan Kitchen Lab untuk membantu proses pembelajaran.

Seperti mata kuliah Prasetiya Mulya pada umumnya, desain pembelajaran Coffee B&M disusun secara kreatif. Sebelum menekuni cara membuat espresso, latte art, dan ragam kopi lezat lainnya, mahasiswa diajak untuk menyelami dunia kopi dan bagaimana peranannya dalam perekonomian nasional. Selanjutnya, mahasiswa juga akan dibekali pengetahuan mengenai sejarah kopi, sejarah minuman, dan hal pengantar kopi lainnya. Untuk memperdalam semua ilmu tersebut, mahasiswa akan turut dibawa mengunjungi kebun kopi untuk mengetahui proses pengolahan kopi dari pemetikan hingga distribusi ke pasar.

Mahasiswa akan diberikan hands-on experience dalam pembuatan kopi.

Tujuan pembelajaran mata kuliah Coffee Business and Management ini bukanlah untuk menciptakan pengusaha-pengusaha warung kopi, tapi untuk membantu mahasiswa mengenali potensi-potensi nilai tambah yang berada pada rantai bisnis kopi, mulai dari perkebunan hingga kedai. Wawasan ini sangat bermanfaat agar mahasiswa menyadari bahwa membuka café tidak melulu menjadi satu-satunya peluang bisnis di bidang perkopian.

Program S1 Business Prasetiya Mulya berupaya membangun suasana bisnis yang memiliki konteks erat dengan generasi milenial saat ini. Selain dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa, hal tersebut juga bisa mempersiapkan mereka untuk berbisnis selepas lulus dari Prasetiya Mulya. (Teks: M. Setiawan Kusmulyono, MM, Editor: SDD)

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • Ayo Sukseskan!
@asiangames2018
18th Asian Games 2018
Jakarta-Palembang
.
Bangga rasanya menjadi negara tuan rumah dan menyambut ribuan atlet berbakat se-Asia ke tanah air. Universitas Prasetiya Mulya mendukung penuh kelancaran dan kesuksesan Asian Games 2018. Semangat untuk para kontingen!
.
#AsianGames2018 #EnergyOfAsia #SukseskanAsianGames2018 #Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #TuanRumahBaik #Indonesia #Jakarta #Palembang
  • Apakah makna Kekayaan yang sesungguhnya bagi Anda? Lantas, sudahkah Anda menggunakan teknologi secara optimal untuk meraih Kekayaan di era modern ini? 
Tahun ini, PermataBank berkolaborasi dengan S1 Event Prasetiya Mulya mempersembahkan Wealth Wisdom, the Largest Wholistic Wealth Conference in Indonesia, sebuah upaya mengedukasi masyarakat Indonesia tentang makna kekayaan yang melebihi uang dan materi. Dengan mengusung tema "Mind, Body, Soul,+Tech", WealthWisdom mengajak Anda untuk memaknai Kekayaan secara holistik dalam berbagai aspek kehidupan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk terinspirasi oleh lebih dari 30 Kelas yang dibawakan para speakers andal, beragam sesi Workshop, Wealth Bazaar, Property Expo, dan Shopalogic Museum di #WealthWisdom2018.

Info jadwal kelas dan tiket, klik : www.WealthWisdom.id 
#jakarta #event #jakartaevent #pacificplace #wealth #conference #expo #indonesia #permatabank #prasmul #universitasprasetiyamulya #prasertiyamulya
  • Why Learn Business Economics? 
In Business Economics, you will learn how to apply economic theories to solve business problems whilst analysing and forecasting the world's economic situation as well as issues that can influence strategic business decisions. This program utilizes English language in order to better prepare you for the global working environment. 
#S1BusinessEconomics #BusEconPrasMul #prasmul #prasetiyamulya #universitasprasetiyamulya #businesseconomics #businessschool #schoolofbusiness

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!

Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

Juli 2018

Juni 2018

Mei 2018