Cerita Prasmul

Prasmul Peroleh Penghargaan Green Building dari Kementerian ESDM

Dengan kehadiran School of Applied STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada tahun 2017 silam, Universitas Prasetiya Mulya menjadi salah satu subjek pendidikan yang mengintegrasikan ilmu bisnis dengan ilmu sains dan teknologi. Namun ilmu tersebut telah dipraktekkan sejak lama oleh Prasmul, tepatnya dalam perancangan PMBS Building, salah satu gedung pembelajaran yang terletak di Kampus BSD. Disertai konsultasi dengan teknisi ahli, pembangunan PMBS Building dilakukan sedemikian rupa agar dampak negatif terhadap lingkungan dapat ditekan seminim mungkin. 

Tak sia-sia, upaya tersebut dibenarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada hari Sabtu (28/9) lalu dalam ajang Penghargaan Subroto 2019. Dianugerahi Juara II dalam kategori Bangunan Hemat Energi – Gedung Baru, PMBS Building diakui sebagai bangunan yang memiliki karakteristik green building, baik dalam proses perencanaan, pembangunan, maupun penggunaan.  

“Karena kampus kami terletak di BSD yang menerapkan konsep green living, maka kami juga ingin desain PMBS Building memenuhi klasifikasi green building,” ungkap Bu Mona Sakaria, Direktur Dep. Property, Asset, and Facility Management Universitas Prasetiya Mulya. 

Ibu Mona di ajang Penghargaan Subroto 2019

Bukan sekadar mewarnai bangunan menjadi hijau, Bu Mona mengatakan bahwa ada banyak aspek yang membuat sebuah gedung menjadi “green”. Antara lain adalah kulit bangunan, pemilihan materi, infrastruktur, orientasi gedung, serta efisiensi dalam penggunaan sumber daya seperti air dan listrik. Salah satu contoh yang terlihat adalah smart lighting system yang dipasang dalam toilet PMBS Building. Menggunakan sensor yang dapat mendeteksi pergerakan, lampu dalam ruangan tersebut akan menyala dan padam secara otomatis.

“Semuanya berangkat dari keinginan untuk menghemat energi,” Bu Mona menambahkan. “Hemat energi tak hanya mematikan lampu ketika tidak digunakan. Seluruh sistem bangunan harus ditinjau agar dapat berkontribusi pada penghematan tanpa mengurangi estetika dan kenyamanan.” 

Ibu Mona dengan Bapak Prasasto Sudyatmiko, S.H, Ketua Yayasan Universitas Prasetiya Mulya

Selain piala dari Penghargaan Subroto 2019, PMBS Building juga telah menerima perhatian dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Pada bulan Maret lalu, gedung yang resmi berdiri sejak tahun 2014 tersebut menerima sertifikasi Greenship Gedung Baru tingkat Platinum, tertinggi dalam pangkat bangunan hijau.

“PMBS Building dapat menjadi contoh bagi mahasiswa STEM, khususnya S1 Renewable Energy Engineering,” sambung Bu Mona. “Gedung tersebut jadi bukti nyata aplikasi penghematan energi dalam proses pembangunan.”

Avatar

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Umur boleh muda, tapi prestasi dan pengalaman harus tetap gemilang! Sejak dibuka tahun 2016 silam, School of Applied Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Prasetiya Mulya telah merumahkan banyak mahasiswa berbakat yang penuh ambisi. Yuk, cari tahu bidang ilmu apa saja yang dieksplor Prasmulyan STEM!

Info Session Intake 2020
Parent Talk: Self-Transform With Prasmul

Sabtu, 18 Januari 2020
Universitas Prasetiya Mulya, BSD 
10:00-15:00 WIB

Terbuka untuk umum
Registrasi di prasmul.link/infosession

#SelfTransformWithPrasmul #InfoSession
  • Untuk tugas akhir semester mata kuliah Music and Art Promoter, band legendaris Indonesia GIGI hadir sebagai juri tamu. Armand Maulana (Vocalist), Gusti Hendy (Drummer), Thomas Ramdhan (Bassist), beserta manajemen GIGI memberikan pertanyaan, kritik, serta saran bermanfaat dari sisi pelaku industri yang tentunya memperluas wawasan pengetahuan mahasiswa Prasmul mengenai dunia event dan musik. Seru!

#prasmul
#finalassignmentprasmul
  • Keluarga Universitas Prasetiya Mulya turut berbangga untuk Prof. Mari Elka Pangestu, Ph.D (Ketua Senat Universitas Prasetiya Mulya dan Pembina Yayasan Universitas Prasetiya Mulya) atas jabatannya sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan di @worldbank. 
Titel ini efektif per Maret 2020 mendatang, di mana Prof. Mari akan melangsungkan kewajiban barunya di kota Washington, Amerika Serikat.

Sukses untuk Prof. Mari dan terima kasih telah memotivasi masyarakat Indonesia untuk bekerja keras demi negeri.

#prasmul #marielkapangestu
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!