Cerita Prasmul

Prasmul Peroleh Penghargaan Green Building dari Kementerian ESDM

Dengan kehadiran School of Applied STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada tahun 2017 silam, Universitas Prasetiya Mulya menjadi salah satu subjek pendidikan yang mengintegrasikan ilmu bisnis dengan ilmu sains dan teknologi. Namun ilmu tersebut telah dipraktekkan sejak lama oleh Prasmul, tepatnya dalam perancangan PMBS Building, salah satu gedung pembelajaran yang terletak di Kampus BSD. Disertai konsultasi dengan teknisi ahli, pembangunan PMBS Building dilakukan sedemikian rupa agar dampak negatif terhadap lingkungan dapat ditekan seminim mungkin. 

Tak sia-sia, upaya tersebut dibenarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada hari Sabtu (28/9) lalu dalam ajang Penghargaan Subroto 2019. Dianugerahi Juara II dalam kategori Bangunan Hemat Energi – Gedung Baru, PMBS Building diakui sebagai bangunan yang memiliki karakteristik green building, baik dalam proses perencanaan, pembangunan, maupun penggunaan.  

“Karena kampus kami terletak di BSD yang menerapkan konsep green living, maka kami juga ingin desain PMBS Building memenuhi klasifikasi green building,” ungkap Bu Mona Sakaria, Direktur Dep. Property, Asset, and Facility Management Universitas Prasetiya Mulya. 

Ibu Mona di ajang Penghargaan Subroto 2019

Bukan sekadar mewarnai bangunan menjadi hijau, Bu Mona mengatakan bahwa ada banyak aspek yang membuat sebuah gedung menjadi “green”. Antara lain adalah kulit bangunan, pemilihan materi, infrastruktur, orientasi gedung, serta efisiensi dalam penggunaan sumber daya seperti air dan listrik. Salah satu contoh yang terlihat adalah smart lighting system yang dipasang dalam toilet PMBS Building. Menggunakan sensor yang dapat mendeteksi pergerakan, lampu dalam ruangan tersebut akan menyala dan padam secara otomatis.

“Semuanya berangkat dari keinginan untuk menghemat energi,” Bu Mona menambahkan. “Hemat energi tak hanya mematikan lampu ketika tidak digunakan. Seluruh sistem bangunan harus ditinjau agar dapat berkontribusi pada penghematan tanpa mengurangi estetika dan kenyamanan.” 

Ibu Mona dengan Bapak Prasasto Sudyatmiko, S.H, Ketua Yayasan Universitas Prasetiya Mulya

Selain piala dari Penghargaan Subroto 2019, PMBS Building juga telah menerima perhatian dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Pada bulan Maret lalu, gedung yang resmi berdiri sejak tahun 2014 tersebut menerima sertifikasi Greenship Gedung Baru tingkat Platinum, tertinggi dalam pangkat bangunan hijau.

“PMBS Building dapat menjadi contoh bagi mahasiswa STEM, khususnya S1 Renewable Energy Engineering,” sambung Bu Mona. “Gedung tersebut jadi bukti nyata aplikasi penghematan energi dalam proses pembangunan.”

Avatar

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • "Aku cocoknya kuliah di jurusan apa, nih?" "Selain belajar, kegiatan mahasiswa apa saja yang bisa kita ikuti?" "Tes masuknya seperti apa, sih?" "Berapa ya biaya kuliah di Prasmul?" "Prasmul punya program beasiswa, nggak?" Jangan khawatir jika pikiranmu masih dipenuhi pertanyaan-pertanyaan tersebut. Di bulan Desember ini, kami siap datang ke mall favoritmu, dan berbagi tentang 14 jurusan dan proses pembelajaran di Prasmul.

Siapkan pertanyaanmu dan temui kami di

Lippo Mall Puri
Lower Ground Floor (LG)
2 - 8 Desember 2019

Daripada tanya Google, lebih baik ASK Prasmul aja!
  • Get acquainted with the first program leading to Doctoral Degree in Entrepreneurship in Indonesia.

Whether you are currently climbing the corporate career ladder or have occupied a senior or top position in a company, we would like to invite you to join us for the soft launching of Prasetiya Mulya Management & Entrepreneurship Doctoral Program. “The application of theoretical knowledge to the advancement of complex problem solving”

Time	:	Saturday, December 7th, 2019
Venue	:	Universitas Prasetiya Mulya, Cilandak Campus

Panelists:
Prof Agus W. Soehadi (Dean of School of Business and Economics)
Dr. Faizal R. Djoemadi (Digital Business Director of PT. Telkom)
Dr. Eko Jatmiko Utomo (Human Capital Advisor of PT. Perusahaan Gas Negara)

Found out how our doctoral program facilitates skilled professionals to venture out of their comfort zone and expand their competencies as business leaders through elaborate interdisciplinary research.

Register and confirm your attendance via prasmul.link/s3prasmul
  • Faktanya, Prasetiya Mulya terus memotivasi mahasiswa untuk mengikuti berbagai kompetisi akademis karena di situlah wadah untuk mengasah skill serta menjalin koneksi.

Tapi bukan itu saja, Prasetiya Mulya juga 100% mendukung keaktifan mahasiswa di luar kampus, lho. Ketika mendengar ada mahasiswa yang sukses mengubah keterampilan atau hobi menjadi prestasi, Prasmul pun turut berbahagia dan bangga!

Berikut Prasmul Champions di bulan November. Congratulations, guys!

#PrasmulChampions
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!