Cerita Prasmul

Prasmul ajak Siswa Kota Palembang Menyelami Dunia Event dan Pariwisata Indonesia

Dipilihnya Palembang

Sebagai ibu kota Sumatera Selatan, Palembang dikenal sebagai kota dengan ragam festival. Bukan hanya pempek saja yang identik dengan kota yang satu ini, Palembang  juga menyandang predikat sebagai pusat wisata air, dengan julukan Venice of the East”. Selain itu, kota ini juga menghelat acara akbar tahunan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang dikenal dengan Festival Sriwijaya. Diselenggarakan di Benteng Kuto Besak – Palembang, festival Sriwijaya menghadirkan beragam budaya dan kuliner asli Sumatera Selatan.

https://i.ytimg.com/vi/Z0AMrgE-4Ok/maxresdefault.jpg
Festival Sriwijaya Palembang

Masih di tahun 2016, Pemprov Sumatera Selatan menggandeng asosiasi perhotelan dan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies untuk membantu mempublikasikan potensi Palembang sebagai kota destinasi wisata yang menjanjikan, sebagai upaya penguatan industri hospitality dan perhotelan disana.  Melalui upaya tersebut, Palembang ditunjuk sebagai tuan rumah ASEAN Games 2018. Penyelenggaraan salah satu event terbesar di Asia Tenggara ini tentunya akan berpotensi dalam menggaungkan Palembang lebih luas kepada masyarakat baik di dalam maupun luar Indonesia.

Melihat potensi wisata yang terus berkembang di kota ini, Universitas Prasetiya Mulya melalui Program Studi S1 Tourism Business berinisiasi untuk mengadakan Workshop “Generating Event Ideas” dan  Seminar “Jadi Hero Pariwisata pada hari Sabtu, 4 Februari 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yaitu  Ignatius Global School (IGS) dan SMA Plus Negeri 17.

Workhop, Seminar dan Quiz

Workshop “Generating Event Ideas” yang diadakan di IGS ini dihadiri oleh perwakilan pengurus OSIS SMA di kota Palembang. Beberapa sekolah yang ikut berpartisipasi diantaranya adalah OSIS SMA IGS, SMAN Sumatera Selatan, SMAN 18, SMAN 15, SMAN 14, SMAN 5, SMK Xaverius dan HS Primagama. Kegiatan dimulai dengan seminar yang dibawakan oleh Bapak Yudho Hartono (Kepala Program Studi S1 Tourism Business) dan di dampingi oleh Bapak Irman Jayawardhana (Faculty Member di jurusan S1 Event).

Peserta ditantang untuk mengembangkan ide yang berkaitan dengan event dan pariwisata

Workshop dilanjutkan dengan Seminar “ Jadi Hero Pariwisata” yang dikemas dalam bentuk Quiz. Setelah sesi seminar selesai, Ibu Peni Zulandari (Manager Program S1 Event) membawakan worskhop tentang bagaimana siswa/i belajar untuk mengemas event sebagai aplikasi dari teori yang sudah dijelaskan sebelumnya.  Workshop ini direspon dengan baik oleh peserta dengan memberikan hasil berupa ide event yang sangat beragam. Dengan waktu yang terbatas, mereka mampu merencanakan sebuah event beserta dengan komponen — komponen pendukungnya.

Sesi workshop dan seminar

Lokasi kedua yaitu SMA Plus Negeri 17. Seminar “Jadi Hero Pariwisata” disuguhkan kepada 300 orang siswa kelas XI SMA Plus Negeri 17. Seminar yang belangsung selama 1 jam 30 menit ini dibawakan kembali oleh Bapak Yudho Hartono dan dampingi oleh Bapak Irman Jayawardhana. Di akhir kegiatan, kelompok yang memberikan konsep event terbaik dan peserta dengan interaksi terbaik diberikan apresiasi oleh panitia.

Melalui workshop dan seminar yang diadakan oleh S1 Tourism Busniness, diharapkan dapat memberikan bekal sekaligus pemicu kreativitas dalam diri anak muda Palembang. Kedepannya, program studi S1 Tourism Business berencana untuk merambah kota — kota potensial lainnya di seluruh Indonesia,termasuk juga kota kalian!. Berminat mengadakan acara seru di kota atau sekolahmu? Ingin menambah teman dan wawasan seputar dunia event dan pariwisata? Kalian dapat menhubungi kami di info.prasetiyamulya@ac.id. (AN/VIO/FEM)

Sumber Foto:
https://i.ytimg.com/vi/Z0AMrgE-4Ok/maxresdefault.jpg

 

 

 

 

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • SANSKERTA 2019 mempersembahkan Drama Musikal “ARJUNA: Perjuangan Mengungkap Makna” Perjalanan yang menceritakan kisah dari salah satu Pandawa Lima, Arjuna. 
Pada kisah ini, Arjuna yang pada awalnya memiliki kesombongan diri yang tinggi mulai sadar akan kelemahan-kelemahannya dan memutuskan untuk mulai mencari jati dirinya guna menjadi seorang kstatria sejati.

Pementasan ini akan diadakan pada:
Hari, tanggal: Sabtu, 22 Juni 2019 
Jam:  Show 1: 13.30  Show 2: 18.30 
Tempat: Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan

Saksikanlah karya anak bangsa untuk budaya Indonesia! Salam berbudaya! 
Tiket dapat dipesan melalui:

www.movintix.com/events/204

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi

instagram: @sanskerta_id

Patricia Scholastica

No: 087886026217

Line id: patricia.sch

Jessica Priscilla

No: 08170910416

Line id: jessicapriscillaa

#Arjuna 
#Sanskerta2019 
#KamiYangBerbudaya 
#gueuntukbudayaindonesia
  • Tahukah kamu, menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, tingkat obesitas pada orang dewasa di Indonesia meningkat menjadi 21,8 persen? Obesitas bukan hanya meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan organ pada seseorang, tapi juga memicu depresi!

That's why, we say NO to OBESITY! Ayo, turut serta dalam upaya menuntaskan tantangan pangan dunia dengan mengikuti CLAVE, kompetisi food technology business plan dari Universitas Prasetiya Mulya.

Registrasi hari ini, ikuti rangkaian acara, dan menangkan hadiah dengan total lebih dari 10 juta Rupiah!

Cek instagram @clave.prasmul untuk info lebih lanjut.
#ClaveThePioneers #Nobesity #Kompetisi #FoodScience #PrasetiyaMulya
  • Sebagai mahasiswa Prasmul yang sering diterjunkan ke industri dan perusahaan, pasti kamu sudah nggak asing lagi kan dengan dunia profesional?

Salah satu alumnus Prasmul, Raisha Jasmine Padmakusumah, menceritakan tentang kesuksesan perjalanan kariernya yang berawal di Career Day Prasmul.

Temukan artikel lengkapnya di Ceritaprasmul.com!

#SuccessStory
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!