Cerita Prasmul

Prasetiya Mulya Bertukar Pikiran Bersama Singapore University of Technology and Design

Kesuksesan seorang individu maupun perusahaan di zaman modern ini bersandar pada semangat kolaborasi. Bekerja sama dengan berbagai pihak dari beragam industri dapat memberikan pencerahan yang dibutuhkan demi mempersiapkan masyarakat menghadapi revolusi Industri 4.0. Tidak terkecuali adalah universitas-universitas yang justru merupakan sumber utama dalam mengarahkan serta menurunkan ilmu pada generasi muda. 

Maka dari itu, Universitas Prasetiya Mulya membuka pintu selebar-selebarnya untuk Singapore University of Technology and Design (SUTD) dalam kunjungannya pada hari Senin (8/4) kemarin. Dalam kegiatan sharing session di kampus Universitas Prasetiya Mulya BSD, perwakilan kedua institusi mengupas tentang bagaimana peluang kerja sama dapat diinisiasi agar dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Tanggung Jawab Universitas Terhadap Generasi Muda

Singapore University of Technology and Design berkunjung ke Universitas Prasetiya Mulya untuk bertukar pandangan.

Menurut Prof. Kin-Leong Pey, Associate Provost for Undegraduate Studies and SUTD Academy, Industri 4.0 belum marak dibicarakan masyarakat ketika SUTD pertama berdiri. Walaupun demikian, universitas perlu terus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi serta cara pandang dan pikir generasi muda agar mereka dapat menyerap ilmu dengan mudah.

“Hal yang perlu kita lakukan adalah menciptakan pembelajaran yang long-lasting untuk mahasiswa,” ia menerangkan. “Ajarkan mereka untuk think beyond.

Seperti Prasetiya Mulya, SUTD ingin mengambil ancang-ancang terhadap impak kedatangan Industri 4.0. Lapangan pekerjaan yang diwarnai dengan robot dan mesin merupakan salah satunya, begitu juga kebutuhan skill baru dalam informasi, analisis data, Artificial Intelligence, serta 3D printing. Universitas harus bertanggung jawab dalam meluncurkan warga-warga berkompeten di bidang tersebut.

Prof. Kin-Leong Pey menerapkan mindset design-thinking pada mahasiswanya.

“Design is the footprint. The centerpiece is the people.”

– Prof. Kin-Leong Pey

Demi dunia modern berbasis teknologi, SUTD mengarahkan mahasiswanya untuk menciptakan produk, servis, dan sistem menggunakan design thinking serta kesadaran sosial yang tinggi. SUTD pun sudah 9 tahun berpartner dengan salah satu perguruan tinggi teknik kenamaan di dunia, Massachusetts Institute of Technology (MIT), dalam penyusunan kurikulum mereka.

Dr. Zaki menjelaskan metode pembelajaran di Prasetiya Mulya.

Dr. Zaki S. Saldi selaku Kepala Program Studi Product Design Engineering dari fakultas School of Applied STEM Prasetiya Mulya turut menyampaikan beberapa keunggulan Prasetiya Mulya yaitu pembelajaran yang project-based di mana mahasiswa langsung dipandu untuk mendesain dan menghasilkan prototipe produk nyata.


Earhance dan CU Glasses merupakan beberapa contoh prototipe mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya yang berhasil mendapatkan award di salah satu kompetisi desain untuk mahasiswa.

Selain itu, Prasetiya Mulya pun telah menggandeng berbagai perusahaan yang bergerak di di bidang desain dan rekayasa produk untuk terus mengembangkan pendidikan di bidang tersebut melalui program magang, company visit, kuliah umum, hingga penelitian kolaboratif yang melibatkan dosen, mahasiswa, serta industri.

Tidak Berhenti di Sharing Session

Melalui kunjungan ini, kedua belah pihak mendapatkan insight bermanfaat dalam memaksimalkan serta menyempurnakan kurikulum yang terbaik untuk mahasiswa. Berikutnya, Prasetiya Mulya dan SUTD akan menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan melakukan kolaborasi, misalnya melalui exposure program dan pertukaran pikiran mengenai kewirausahaan.

Prof. Kin-Leong Pey memberikan kenang-kenangan pada Prof. Djisman, Rektor Universitas Prasetiya Mulya.

“Sesama institusi pendidikan, kita harus berkooperasi,”kata Prof. Dr. Djisman Simandjuntak, Rektor Universitas Prasetiya Mulya. “Berasosiasi bersama sekolah desain di wilayah ini merupakan hal yang krusial.”

Menurut Prof. Djisman, pertemuan ini juga perlu menghasilkan perbincangan mengenai pembaharuan kurikulum agar tiap program dapat memberikan pengalaman belajar yang menarik dan unik bagi mahasiswa didikannya.  (*SDD)

Avatar

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Negara yang maju dan makmur dapat dilihat dari sumber daya manusia yang unggul, kreatif, dan berkualitas. Menjamurnya usaha startup serta profesional di seluruh penjuru Tanah Air membuktikan bahwa Indonesia sudah bergerak ke arah yang benar.

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74! SDM Unggul, Indonesia maju. Langkah pertama dimulai dari kita semua.
  • Energi Terbarukan memberikan solusi terhadap krisis energi, isu pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Pengembangan energi terbarukan memerlukan banyak tenaga ahli.

Sebagai pemuda/i generasi penerus bangsa yang memimpikan Indonesia terus maju dan berkembang, kebutuhan tenaga ahli energi terbarukan tersebut harus dipenuhi sebelum diisi oleh tenaga asing. Selain tenaga ahli yang professional dibidangnya, diperlukan entrepreneurial mindset dan inovatif sehingga mampu menjawab permasalahan dan merealisasikan ide-ide kreatif.

S1 Renewable Energy Engineering Universitas Prasetiya Mulya hadir untuk mewujudkan hal tersebut dengan merancang lulusan yang professional dibidangnya, kreatif dan memiliki jiwa kewirausahaan.

Berada dalam fakultas School of Applied STEM Universitas Prasetiya Mulya, mahasiswa akan melakukan proses pembelajaran yang diarahkan kepada pemecahan persoalan nyata dilapangan oleh para Faculty Member yang ahli dibidangnya. Didukung fasilitas gedung dan laboratorium dengan teknologi terkini di gedung terbaru Collaborative STEM Lab. Universitas Prasetiya Mulya, kampus BSD.
  • Melanjutkan kegiatan sosialisasi Beasiswa Bakti Indonesia, kali ini Universitas Prasetiya Mulya berkunjung ke SMAN Sumatera Selatan pada hari Selasa (13/8) kemarin. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 100 siswa-siswi SMAN Sumsel dari kelas XII.

Turut meramaikan acara ini adalah tiga lulusan SMAN Sumsel yang kini sedang menimba ilmu di Prasmul, tepatnya di jurusan S1 Business Mathematics, S1 Renewable Energy Engineering, dan S1 Hospitality Business.

Beasiswa Bakti Indonesia merupakan salah satu penghargaan dari Prasmul kepada pelajar SMA yang berprestasi dan aktif di seluruh Indonesia. Menajamkan ilmu dan bakat generasi penerus bangsa melalui pendidikan yang merata, beasiswa ini menjadi bentuk nyata kontribusi Prasmul terhadap pemajuan sumber daya manusia di Tanah Air.
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!