Cerita Prasmul

PMAF 2017, Uji Ilmu Akuntansi dan Pancarkan Eksistensi

Program Studi S1 Accounting Universitas Prasetiya Mulya sangat peduli dalam menjaga kredibilitas akuntansi baik di lingkup internal maupun eksternal. Hal ini menjadi latar belakang Accounting Students Association (ASA) Universitas Prasetiya Mulya dalam mengadakan acara Prasetiya Mulya Accounting Festival (PMAF) 2017. PMAF merupakan suatu rangkaian acara kompetisi yang bergerak dalam naungan organisasi ASA yang mengundang seluruh universitas di Pulau Jawa untuk saling berelasi dan beradu kemampuan dalam hal akuntansi. Khususnya akuntansi dalam praktek di dunia nyata. Keberhasilan dan antusias mahasiswa — mahasiswi akuntansi dalam mengikuti PMAF pada tahun 2016 menjadi motivasi dalam menggelar acara PMAF 2017 untuk kedua kalinya.

PMAF 2017 hadir dengan mengangkat tema “When Business Levels Up : Why Understanding Accounting Will Drive Your Business To A Higher Standard”. Tema ini diangkat dengan melihat pada kondisi nyata bahwa banyak bisnis baru yang menarik dan berkembang di era saat ini. Dimana dalam mengendalikan sebuah bisnis dibutuhkan pemahaman dan kemampuan dalam bidang akuntansi untuk membawa bisnis tersebut ke level yang lebih tinggi.

Bukan Sekedar Kompetisi Namun Juga Relasi

Registrasi acara main event dari PMAF 2017 terbuka untuk seluruh universitas yang tersebar di Pulau Jawa. Acara utama yang berbentuk kompetisi ini dimulai dengan babak preliminary. Dimana dalam babak ini, tim — tim yang mendaftar harus mengerjakan beberapa soal secara online. Dari babak ini, terpilih 30 tim yang dinyatakan lolos untuk mengikuti babak selanjutnya. Setiap tim yang mendaftar terdiri dari 3 orang mahasiswa / mahasiswi perwakilan jurusan akuntansi pada universitas yang sama.

Pada tanggal 22 Mei 2017, para peserta lomba hadir dan melakukan registrasi ulang untuk mengikuti rangkaian acara kompetisi di hari pertama. Acara dimulai dengan pembukaan dari MC. Penyambutan peserta kompetisi dilakukan dengan beberapa games ringan guna membangun relasi baru antar peserta dari beberapa universitas yang berbeda dan tersebar di Pulau Jawa. Kemudian acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dr. Rinaningsih, Ak., CA, selaku Ketua Prodi S1 Accounting Universitas Prasetiya Mulya; Renato Bernard, selaku Ketua Accounting Students Association Universitas Prasetiya Mulya  periode 2016 — 2017; dan Billy Surjat, selaku Ketua Pelaksana Prasetiya Mulya Accounting Festival 2017. Setelah berlangsungnya kata sambutan, acara PMAF 2017 resmi dibuka.

Dr. Rinaningsih, Ak., CA, selaku Ketua Prodi S1 Accounting Universitas Prasetiya Mulya menyampaikan sambutannya dalam PMAF 2017

Kompetisi dimulai dengan technical meeting untuk memberi gambaran mengenai aturan dan pelaksanaan kompetisi. Menarik untuk diketahui, PMAF 2017 hadir dengan mengusung beberapa babak baru yang menarik serta memacu peserta untuk lebih reaktif yaitu babak penyisihan 1 “Me, Myself, and I”, babak penyisihan 2 “Go On and On”, dan babak penyisihan 3 “Beat to Win”. Di akhir acara, diumumkan 12 tim yang berhasil lolos untuk mengikuti kompetisi PMAF 2017 di hari kedua.

Sebelum melakukan babak penyisihan
seluruh peserta PMAF dalam babak penyisihan

 

 

 

 

 

 

 

 

Di hari kedua, PMAF 2017 bukan hanya menghadirkan kompetisi yang terbatas pada ilmu akuntansi semata namun juga kemampuan management waktu yang baik, kerjasama, dan kemampuan dalam membangun strategi untuk menyelesaikan setiap babaknya. 12 tim yang lolos dari hari pertama, mengikuti Semifinal babak 1 “What Do You Mean” dan Semifinal Babak 2 “I am Sherlock Holmes”. Dari hasil pada babak ini dipilih 4 tim yang lolos untuk maju ke babak selanjutnya yakni Final Presentation.

Babak semifinal

 

Final Presentation oleh tim ‘Fokus Skripsi’ UI

 

Setiap tim diberi waktu 2 jam untuk mempersiapkan presentasi dan 30 menit untuk mempresentasikan hasil analisa terhadap kasus yang diberikan. Pada babak ini, setiap tim dinilai oleh juri — juri yang berkompeten dalam hal akuntansi. Diantaranya ialah Bapak Dwi Setiawan Susanto, CA, selaku perwakilan dari ACCA; Ibu Mely Simpony, MBA, selaku perwakilan dosen Universitas Prasetiya Mulya; dan Ibu Rika Yusman, selaku Senior Manager KPMG Indonesia. Dari hasil diskusi juri, didapat 1st winner dari acara kompetisi PMAF 2017 yang dimenangkan oleh Team FOKUS SKRIPSI (Universitas Indonesia), 1st runner up yang jatuh kepada Team UPH 1 (Universitas Pelita Harapan), 2nd runner up yang diberikan kepada Team I M POSSIBLE (Universitas Gadjah Mada), dan 3rd runner up yang jatuh kepada Team Tennessine (Universitas Multimedia Nusantara). Setelah pengumuman, dilakukan pemberian apresiasi kepada para pemenang dan foto bersama. Closing statement dari Ketua Prodi Akuntansi Universitas Prasetiya Mulya dan MC menjadi penutup dari puncak acara PMAF 2017 ini.

“All in all, it’s all about us together creating a better world” See you at PMAF 2018!

 

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Negara yang maju dan makmur dapat dilihat dari sumber daya manusia yang unggul, kreatif, dan berkualitas. Menjamurnya usaha startup serta profesional di seluruh penjuru Tanah Air membuktikan bahwa Indonesia sudah bergerak ke arah yang benar.

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74! SDM Unggul, Indonesia maju. Langkah pertama dimulai dari kita semua.
  • Energi Terbarukan memberikan solusi terhadap krisis energi, isu pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Pengembangan energi terbarukan memerlukan banyak tenaga ahli.

Sebagai pemuda/i generasi penerus bangsa yang memimpikan Indonesia terus maju dan berkembang, kebutuhan tenaga ahli energi terbarukan tersebut harus dipenuhi sebelum diisi oleh tenaga asing. Selain tenaga ahli yang professional dibidangnya, diperlukan entrepreneurial mindset dan inovatif sehingga mampu menjawab permasalahan dan merealisasikan ide-ide kreatif.

S1 Renewable Energy Engineering Universitas Prasetiya Mulya hadir untuk mewujudkan hal tersebut dengan merancang lulusan yang professional dibidangnya, kreatif dan memiliki jiwa kewirausahaan.

Berada dalam fakultas School of Applied STEM Universitas Prasetiya Mulya, mahasiswa akan melakukan proses pembelajaran yang diarahkan kepada pemecahan persoalan nyata dilapangan oleh para Faculty Member yang ahli dibidangnya. Didukung fasilitas gedung dan laboratorium dengan teknologi terkini di gedung terbaru Collaborative STEM Lab. Universitas Prasetiya Mulya, kampus BSD.
  • Melanjutkan kegiatan sosialisasi Beasiswa Bakti Indonesia, kali ini Universitas Prasetiya Mulya berkunjung ke SMAN Sumatera Selatan pada hari Selasa (13/8) kemarin. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 100 siswa-siswi SMAN Sumsel dari kelas XII.

Turut meramaikan acara ini adalah tiga lulusan SMAN Sumsel yang kini sedang menimba ilmu di Prasmul, tepatnya di jurusan S1 Business Mathematics, S1 Renewable Energy Engineering, dan S1 Hospitality Business.

Beasiswa Bakti Indonesia merupakan salah satu penghargaan dari Prasmul kepada pelajar SMA yang berprestasi dan aktif di seluruh Indonesia. Menajamkan ilmu dan bakat generasi penerus bangsa melalui pendidikan yang merata, beasiswa ini menjadi bentuk nyata kontribusi Prasmul terhadap pemajuan sumber daya manusia di Tanah Air.
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!