Cerita Prasmul

PMAF 2017, Uji Ilmu Akuntansi dan Pancarkan Eksistensi

Program Studi S1 Accounting Universitas Prasetiya Mulya sangat peduli dalam menjaga kredibilitas akuntansi baik di lingkup internal maupun eksternal. Hal ini menjadi latar belakang Accounting Students Association (ASA) Universitas Prasetiya Mulya dalam mengadakan acara Prasetiya Mulya Accounting Festival (PMAF) 2017. PMAF merupakan suatu rangkaian acara kompetisi yang bergerak dalam naungan organisasi ASA yang mengundang seluruh universitas di Pulau Jawa untuk saling berelasi dan beradu kemampuan dalam hal akuntansi. Khususnya akuntansi dalam praktek di dunia nyata. Keberhasilan dan antusias mahasiswa — mahasiswi akuntansi dalam mengikuti PMAF pada tahun 2016 menjadi motivasi dalam menggelar acara PMAF 2017 untuk kedua kalinya.

PMAF 2017 hadir dengan mengangkat tema “When Business Levels Up : Why Understanding Accounting Will Drive Your Business To A Higher Standard”. Tema ini diangkat dengan melihat pada kondisi nyata bahwa banyak bisnis baru yang menarik dan berkembang di era saat ini. Dimana dalam mengendalikan sebuah bisnis dibutuhkan pemahaman dan kemampuan dalam bidang akuntansi untuk membawa bisnis tersebut ke level yang lebih tinggi.

Bukan Sekedar Kompetisi Namun Juga Relasi

Registrasi acara main event dari PMAF 2017 terbuka untuk seluruh universitas yang tersebar di Pulau Jawa. Acara utama yang berbentuk kompetisi ini dimulai dengan babak preliminary. Dimana dalam babak ini, tim — tim yang mendaftar harus mengerjakan beberapa soal secara online. Dari babak ini, terpilih 30 tim yang dinyatakan lolos untuk mengikuti babak selanjutnya. Setiap tim yang mendaftar terdiri dari 3 orang mahasiswa / mahasiswi perwakilan jurusan akuntansi pada universitas yang sama.

Pada tanggal 22 Mei 2017, para peserta lomba hadir dan melakukan registrasi ulang untuk mengikuti rangkaian acara kompetisi di hari pertama. Acara dimulai dengan pembukaan dari MC. Penyambutan peserta kompetisi dilakukan dengan beberapa games ringan guna membangun relasi baru antar peserta dari beberapa universitas yang berbeda dan tersebar di Pulau Jawa. Kemudian acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dr. Rinaningsih, Ak., CA, selaku Ketua Prodi S1 Accounting Universitas Prasetiya Mulya; Renato Bernard, selaku Ketua Accounting Students Association Universitas Prasetiya Mulya  periode 2016 — 2017; dan Billy Surjat, selaku Ketua Pelaksana Prasetiya Mulya Accounting Festival 2017. Setelah berlangsungnya kata sambutan, acara PMAF 2017 resmi dibuka.

Dr. Rinaningsih, Ak., CA, selaku Ketua Prodi S1 Accounting Universitas Prasetiya Mulya menyampaikan sambutannya dalam PMAF 2017

Kompetisi dimulai dengan technical meeting untuk memberi gambaran mengenai aturan dan pelaksanaan kompetisi. Menarik untuk diketahui, PMAF 2017 hadir dengan mengusung beberapa babak baru yang menarik serta memacu peserta untuk lebih reaktif yaitu babak penyisihan 1 “Me, Myself, and I”, babak penyisihan 2 “Go On and On”, dan babak penyisihan 3 “Beat to Win”. Di akhir acara, diumumkan 12 tim yang berhasil lolos untuk mengikuti kompetisi PMAF 2017 di hari kedua.

Sebelum melakukan babak penyisihan
seluruh peserta PMAF dalam babak penyisihan

 

 

 

 

 

 

 

 

Di hari kedua, PMAF 2017 bukan hanya menghadirkan kompetisi yang terbatas pada ilmu akuntansi semata namun juga kemampuan management waktu yang baik, kerjasama, dan kemampuan dalam membangun strategi untuk menyelesaikan setiap babaknya. 12 tim yang lolos dari hari pertama, mengikuti Semifinal babak 1 “What Do You Mean” dan Semifinal Babak 2 “I am Sherlock Holmes”. Dari hasil pada babak ini dipilih 4 tim yang lolos untuk maju ke babak selanjutnya yakni Final Presentation.

Babak semifinal

 

Final Presentation oleh tim ‘Fokus Skripsi’ UI

 

Setiap tim diberi waktu 2 jam untuk mempersiapkan presentasi dan 30 menit untuk mempresentasikan hasil analisa terhadap kasus yang diberikan. Pada babak ini, setiap tim dinilai oleh juri — juri yang berkompeten dalam hal akuntansi. Diantaranya ialah Bapak Dwi Setiawan Susanto, CA, selaku perwakilan dari ACCA; Ibu Mely Simpony, MBA, selaku perwakilan dosen Universitas Prasetiya Mulya; dan Ibu Rika Yusman, selaku Senior Manager KPMG Indonesia. Dari hasil diskusi juri, didapat 1st winner dari acara kompetisi PMAF 2017 yang dimenangkan oleh Team FOKUS SKRIPSI (Universitas Indonesia), 1st runner up yang jatuh kepada Team UPH 1 (Universitas Pelita Harapan), 2nd runner up yang diberikan kepada Team I M POSSIBLE (Universitas Gadjah Mada), dan 3rd runner up yang jatuh kepada Team Tennessine (Universitas Multimedia Nusantara). Setelah pengumuman, dilakukan pemberian apresiasi kepada para pemenang dan foto bersama. Closing statement dari Ketua Prodi Akuntansi Universitas Prasetiya Mulya dan MC menjadi penutup dari puncak acara PMAF 2017 ini.

“All in all, it’s all about us together creating a better world” See you at PMAF 2018!

 

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Get acquainted with the first program leading to Doctoral Degree in Entrepreneurship in Indonesia.

Whether you are currently climbing the corporate career ladder or have occupied a senior or top position in a company, we would like to invite you to join us for the soft launching of Prasetiya Mulya Management & Entrepreneurship Doctoral Program. “The application of theoretical knowledge to the advancement of complex problem solving”

Time	:	Saturday, December 7th, 2019
Venue	:	Universitas Prasetiya Mulya, Cilandak Campus

Panelists:
Prof Agus W. Soehadi (Dean of School of Business and Economics)
Dr. Faizal R. Djoemadi (Digital Business Director of PT. Telkom)
Dr. Eko Jatmiko Utomo (Human Capital Advisor of PT. Perusahaan Gas Negara)

Found out how our doctoral program facilitates skilled professionals to venture out of their comfort zone and expand their competencies as business leaders through elaborate interdisciplinary research.

Register and confirm your attendance via prasmul.link/s3prasmul
  • Faktanya, Prasetiya Mulya terus memotivasi mahasiswa untuk mengikuti berbagai kompetisi akademis karena di situlah wadah untuk mengasah skill serta menjalin koneksi.

Tapi bukan itu saja, Prasetiya Mulya juga 100% mendukung keaktifan mahasiswa di luar kampus, lho. Ketika mendengar ada mahasiswa yang sukses mengubah keterampilan atau hobi menjadi prestasi, Prasmul pun turut berbahagia dan bangga!

Berikut Prasmul Champions di bulan November. Congratulations, guys!

#PrasmulChampions
  • Selasa, 27 November 2019 menjadi saat bagi Prasmulyan Semester 3 yang mengikuti mata kuliah Business Creation untuk memamerkan prototipe ide bisnis mereka. 
Bukan hanya dipamerkan, produk bisnis mahasiswa pun dinilai dari sisi konsep, aplikasi pembelajaran, serta business feasibility oleh para Faculty Members dan juri lainnya.

Swipe left untuk mengintip ide bisnis Prasmulyan di bidang F&B, fashion, kriya, kecantikan, teknologi, dan chemical!
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!