Cerita Prasmul

Pertama di Indonesia, Metode Co-op Education Hadir di Universitas Prasetiya Mulya

BSD – Salah satu rintangan yang dihadapi insan muda usai melepas status mahasiswa adalah pengangguran. Walaupun job opportunities tersebar di seluruh penjuru Indonesia, para sarjana tetap harus berjuang lagi demi mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai bidang ilmu mereka.

Mengatasi problem tersebut, Universitas Prasetiya Mulya meresmikan program Cooperative Education atau Co-op Education, sebagai salah satu metode pembelajaran mahasiswa, pada hari Selasa (12/3) lalu. Memperkaya CV serta pengalaman kerja peserta program dengan menerjunkan mereka ke industri sembari berkuliah, program ini menjadi yang pertama diluncurkan di Indonesia.

Prosesi penekanan tombol menandakan resminya metode co-op education di Prasetiya Mulya.

Berlangsung di Universitas Prasetiya Mulya, Kampus BSD, acara peluncuran ini bertajuk Forum Pembelajaran Kerja Terpadu Pertama dan mengundang serangkaian tamu istimewa seperti Mr. Abdullah Mojaddedi (First Secretary – Development, Embassy of Canada), Mr. Bill Duggan (Field Director READI Project), dan Totok Prasetyo (Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Kemenristek Dikti).

Perkenalan inovatif ini pasti akan mempromosikan gerakan yang sangat positif terhadap integrasi antara pendidikan tinggi dengan kebutuhan industri,” ujar Mr. Abdullah.

Co-op Education di Prasetiya Mulya merupakan yang pertama di Indonesia.

Universitas Prasetiya Mulya telah bekerja sama dengan lebih dari 100 perusahaan dalam program co-op education agar mahasiswa mendapatkan beragam opsi dari berbagai industri. PT AIA Financial, PT Gojek Indonesia, PT Traveloka, PT Ciputra, PT Garuda Indonesia, serta Bank Indonesia merupakan beberapa nama yang telah digandeng oleh Prasmul.

Sejak tahun 2018, sebagian besar mahasiswa S1 Business Mathematics Prasmul telah menjalankan program ini di berbagai perusahaan tersohor. Bukan magang, status mahasiswa di perusahaan tersebut sebagai pegawai yang digaji layaknya seorang profesional. Makin memudahkan mahasiswa dalam menyeimbangkan pekerjaan dan kuliah mereka, Prasetiya Mulya turut membuka co-op office yang terletak di Collaborative STEM Laboratories sebagai sarana berkegiatan.

Prasetiya Mulya juga membuka co-op office untuk mendukung kegiatan mahasiswa.

Menurut Mr. Abdullah, program yang mendapat dukungan penuh dari Kemenristek Dikti ini bukan hanya menguntungkan mahasiswa dengan memberikan mereka pengalaman bekerja yang realistis, tapi juga berguna bagi perusahaan. Selain mengalokasikan SDM berkualitas pada pihak industri, co-op education dapat mengurangi biaya rekrutmen perusahaan.

Prof. Djisman Simandjuntak selaku Rektor Universitas Prasetiya Mulya.

“Kami di Prasetiya Mulya menerapkan collaborative learning by enterprising,” kata Prof. Dr. Djisman Simandjuntak selaku rektor Universitas Prasetiya Mulya. “Bukan hanya perolehan ilmu yang penting, tapi juga bagaimana ilmu tersebut dapat menyejahterakan kehidupan manusia.”

Ia menambahkan bahwa industri merupakan entitas yang krusial dalam perwujudan ilmu. Maka dari itu, penting bagi lembaga pendidikan tinggi serta dunia bisnis untuk bekerja sama dan berkolaborasi demi mencerminkan edukasi modern serta memastikan para sarjana dapat menikmati gelar sesuai usaha mereka.

Avatar

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • 11 MORE DAYS TO INFO SESSION PRASMUL DAY!

Ini merupakan kegiatan penutup Prasmul Day 2019 yang bisa berikan gambaran serta experience bagi kamu siswa/i SMA kelas XII yang akan memasuki masa perkuliahan. Prasmul Day tahun ini dikemas dengan tema film dan kamu bisa ikuti berbagai section yang menarik!

Yuk catat tanggalnya:
3 – 4 Agustus 2019
09.00 – 16.00 di Kampus BSD, Universitas Prasetiya Mulya
Registrasi: prasmul.link/infosession 
Gratis dan dibuka untuk umum, termasuk orang tua.

Jangan sia-siakan kesempatan ini! Langsung daftarkan diri kamu dan sampai bertemu di Prasmul Day 2019!

Life is a movie and you are the director. Write your future, direct your future, win your future

#winyourfuture #prasmulday2019
  • Selama event Prasmul Day berlangsung, masih banyak kegiatan lain yang mewarnai kampus BSD, lho. Tanggal 11-14 Juli kemarin, Student Board Prasetiya Mulya, organisasi kemahasiswaan Prasmul, mengadakan Art Week 2019 di Grand Indonesia. Mengambil tema Sangka Rekah, ajang ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengapresiasi karya-karya seni, baik seni rupa, seni tulisan, sampai seni gerak.

Selain itu, ada juga acara beken yang berlangsung tanggal 13 Juli lalu, yaitu A.M Festival 2019. Festival musik ini mengundang musisi-musisi lokal, mulai dari Danilla, Elephant Kind, Polka Wars, sampai band internasional I Know Leopard. Seru banget deh bersama-sama berpesta dan menikmati musik!

Melalui kegiatan-kegiatan ini, tentu saja soft-skill mahasiswa terasah sampai tajam, terutama dalam merancang event, teamwork, dan berorganisasi. So cool!

Foto: dokumentasi @artweek.id dan @am.festival 
#PrasmulDay2019 #WinYourFuture
  • Wow, nggak kerasa sudah 7 hari Prasmul Day berlangsung. We have had so much fun so far! Bertemu dengan ribuan siswa/i dari berbagai sekolah, menginspirasi mereka dengan cerita-cerita alumni, serta mengenalkan mereka pada lingkungan pembelajaran di Prasmul. Semoga bisa berikan inspirasi ya.

Di hari ke-7 ini, Kak Gary Evano dari Puyo Desserts dan HAKA Dimsum kembali lagi hadir sebagai pembicara. Peserta dari SMA Notre Dame Jakarta serta SMA Madania Bogor pun semangat banget memberikan pertanyaan pada Kak Gary seputar membangun bisnis sukses.

Prasmul Day masih berlangsung hingga 4 Agustus. Bagi kalian yang ingin merasakan keseruannya, ayo datang ke Info Session Prasmul Day pada tanggal 3-4 Agustus 2019 mendatang. It's free and open for public! 
Jangan lupa registrasi dulu ya di prasmul.link/infosession agar tidak kehabisan kursi. Sampai bertemu!

#PrasmulDay2019 #WinYourFuture
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!