Cerita Prasmul

Mau Inovasi atau Imitasi yah?

Sebuah Artikel Inspirasi Bisnis

Oleh M. Setiawan Kusmulyono 

Faculty Member S1 Bisnis Universitas Prasetiya Mulya 

m setiawan kusmulyono

Mau Inovasi atau Imitasi yah? 

Bagi teman-teman yang terbiasa belajar tentang manajemen bisnis, kewirausahaan, kreativitas, ataupun rencana bisnis, pasti selalu disodorkan dengan istilah yang yang namanya inovasi. Sedikit-sedikit inovasi, apa-apa inovasi. Sampai mungkin inovasi menjadi kata yang paling sering digunakan di dunia bisnis.

Namun, apakah semua orang bisa memiliki ide yang inovatif?

Beberapa dapat dengan mudah mencetuskan ide ketika diminta atau melihat sesuatu. Namun, beberapa yang lain, bahkan hingga 7 hari 7 malam pun, ide yang sangat simpel akan sulit untuk terucap. Akibatnya, banyak yang akhirnya menjalankan bisnis dengan gaya itu-itu saja, tanpa adanya pembaruan ataupun keunikan yang dihasilkan.

 

Lalu, bagaimana dong bisa memiliki keunikan tapi bisa tidak harus inovatif?

Nah, kita bisa belajar yang namanya imitasi lho… Eittss, tapi jangan berprasangka buruk dulu. Imitasi disini bukan imitasi yang kesannya menjiplak lho. Bukan imitasi yang copy-paste doang lho… Itu yang sebenarnya salah. Akibat perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, makna imitasi jadi memburuk dan negatif, atau istiahnya mengalami peyorasi makna.

 

Apakah imitasi itu buruk? Coba kita tengok artikel Majalah SWA 2010, Volume 26. Artikel tersebut memberitakan bahwa sebagian besar dari 250 merek asli Indonesia yang bertahan, berasal dari tiruan kategori dan bentuk produk yang sudah ada sebelumnya, baik di pasar domestik maupun di internasional. Namun, tentunya informasi ini jangan serta-merta dikonsumsi mentah-mentah. Para perusahaan yang memiliki merek tersebut, tidak hanya menjadikan imitasi sebagai senjata tunggal untuk berkompetisi. Imitasi mungkin hanya jembatan awal saja, yang kemudian dengan bahan bakar inovasi, ide-ide mengenai merek tersebut dapat semakin dieksplorasi.

 

Jadi, kalau kita sudah bingung berinovasi, coba lakukanlah 3 hal sederhana ini yang terangkum dalam akronim A, T, dan M. A untuk Amati, T untuk Tiru, dan M untuk Modifikasi. Jadi, kalau kita kehabisan ide inovatif, coba datanglah ke beberapa tempat menarik untuk kita amati produk atau layanannya, coba kita terapkan di bisnis kita, namun kita berikan sentuhan-sentuhan tambahan untuk membuatnya berbeda. Semangat berwirausaha…..

 

M. Setiawan Kusmulyono

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Lebih dari 90 tahun lalu, pemudi-pemuda Indonesia berkumpul untuk mengikrarkan tiga cita-cita negeri; Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa. Kini, asas tersebut harus tetap berkobar di benak generasi muda modern. 

Mari sambungkan bahu untuk menggelorakan pemajuan Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

#Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #SumpahPemuda #Indonesia #IndonesiaMaju #KampusIndonesia #HariNasional #ForwardThinking
  • “The mind and body are not separate. What affects one, affects the other.”

Karena bersifat multifungsi, lapangan ini sering digunakan untuk beragam kegiatan mahasiswa seperti workshop, ospek, dan perkumpulan organisasi. Tapi jangan salah, Prasmulyan tidak jarang ditemukan sedang berolahraga dan berkompetisi bersama teman-temannya, apalagi menjelang sore hari. Lapangan ini pun sangat bermanfaat untuk Student Activity Club yang berbasis sports. 

Olahraga bukan hanya untuk membakar lemak, tapi juga menyehatkan pikiran sehingga kamu semakin mudah menyerap ilmu. Apakah kalian tetap rajin berolahraga di masa e-learning ini?

#CampusSpot #CampusLife #Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #KampusBSD #Prasmulyan #KampusIndonesia #SekolahBisnis #StudentActivityClub #Q#quoteoftheday✏️
  • Setelah mengikuti kompetisi @pmic.id di Prasmul sewaktu SMA, @limowenn langsung tertarik menjadi Prasmulyan S1 Finance & Banking. Sekarang, setelah satu tahun menempuh perkuliahan, ia sudah menjalin hubungan erat dengan teman-teman dan mentornya. Ini yang membuat Owen sangat rindu dengan perkuliahan, terutama di masa e-learning ini.

Masing-masing jurusan di Prasmul membuka ruang bagi tiap mahasiswa untuk belajar, bertumbuh sebagai individu, dan berkoneksi. Telusuri lebih lanjut di ajang Online Info Session! Catat tanggalnya, lalu ajak orang tua dan teman-temanmu untuk ikut serta!

S1 Online Info Session  Angkatan 2021
Sabtu, 24 Oktober 2020

School of Applied STEM Session
09.00 - 11.30 WIB

School of Business & Economics Session
13.30 - 16.00 WIB

Registrasi di prasmul.link/infosession

Learn the Prasmulyan way. THINK LIMITLESS.

Info lebih lanjut hubungi ‪081511662005‬ / ‪08124111660‬ 

#Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #PrasmulyaninFrame #BehindtheScenes #KampusBSD #CampusLife #KampusIndonesia #Finance #Banking #InfoSession #OnlineEvent
Translate »
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

[nextpage title=”1″ ]

September 2018

[/nextpage][nextpage title=”2″ ]

Agustus 2018

[/nextpage][nextpage title=”3″ ]

Juli 2018

Juni 2018

[/nextpage][nextpage title=”4″ ]

Mei 2018

April 2018

[/nextpage][nextpage title=”5″ ]

Maret 2018

[/nextpage][nextpage title=”6″ ]

Februari 2018

[/nextpage][nextpage title=”7″ ]

Januari 2018

Oktober 2017

Oktober 2017

[/nextpage][nextpage title=”8″ ]

September 2017

Agustus 2017

[/nextpage]