Cerita Prasmul

Mau Ikut Program Study Abroad? Ini Beberapa Opsi Universitas Untukmu!

Bertahun-tahun memupuk ilmu di negeri sendiri, betapa serunya kalau bisa mencicipi perkuliahan di belahan dunia lain. Nah, sebagai universitas yang mengedepankan pengembangan pribadi mahasiswa, Universitas Prasetiya Mulya terus mendorong Prasmulyan untuk mengejar ilmu dan pengalaman, baik di dalam maupun luar lingkungan kampus. Melalui program Study Abroad Prasmul, berkuliah di luar negeri bukan sekadar angan lagi, lho.

Antusias mengenai program tersebut tercerminkan di Study Abroad Day pada hari Selasa (25/9) lalu di Universitas Prasetiya Mulya. Dibuka oleh Ibu Galih Sakitri, MM, MBA selaku Kepala UPT Kerjasama dan Kemitraan Bisnis Internasional, kegiatan ini dilakukan untuk sosialisasi pada mahasiswa dan orang tua. Salah satu info penting yang patut dicatat adalah program ini hanya terbuka untuk mahasiswa semester 5 dan 6 yang memenuhi syarat IPK serta IELTS.

Study Abroad Day dihadiri mahasiswa dan orang tua yang ingin cari tahu informasi mengenai program berkuliah satu semester di luar negeri.
Beberapa mahasiswa yang telah menjalankan program memberikan presentasi singkat mengenai pengalaman mereka.

Selain international exposure, program ini akan memberikan pengembangan mental pada mahasiswa. Mereka akan lebih menghargai waktu, berkepribadian kuat, berwawasan luas, serta bertoleransi tinggi. – Ibu Galih Sakitri, MM, MBA

Berkooperasi dengan beberapa top universities di dunia, proses pendaftaran yang kadang bikin geleng kepala dan angkat tangan makin dipermudah oleh Prasmul. Tambah lagi, setelah berkuliah selama satu semester di negeri seberang, Prasmulyan tak perlu khawatir mengejar ketertinggalan karena nilai akan langsung ditransfer ke Prasmul. Makin tertarik? Yuk, intip beberapa universitas yang bisa kamu jadikan opsi lokasi Study Abroad!

University of New South Wales

Sumber gambar: Instagram @unsw

Terletak di Sydney, Australia, UNSW merupakan salah satu universitas unggulan, baik dalam bidang pendidikan maupun penelitian. Didirikan tahun 1949, ia duduk manis di peringkat ke-49 sebagai universitas terbaik di dunia (QS World University Rankings, 2017–2018). Dengan puluhan ribu mahasiswa internasional, Prasmulyan akan menyatu dengan komunitas yang diverse dan welcoming.

When?

Tuition? AUD 13,625/semester (24 SKS)

Requirements?

  1. IELTS score ≥ 6.5
  2. Surat rekomendasi dari Faculty Member
  3. IPK ≥ 3.0

Look forward for…

Posisi universitas yang strategis yakni di pusat perkantoran Australia memberikan advantage bagi Prasmulyan untuk berkoneksi, bahkan mengikuti program magang dan membangun karier.

National Taiwan University

Sumber gambar: Instagram @nationaltaiwanuniversity

Taipei merupakan rumah untuk Universitas terbaik di Taiwan. NTU berdiri sejak tahun 1928 dan dahulu dikenal sebagai Taihoku Imperial University. Walaupun memiliki kelas full-english, Prasmulyan yang ingin mengasah kemampuan Bahasa Mandarin dapat mengikuti kelas bahasa secara intensif, lho!

When?

Tuition? TWD 15,000 (Application Fee) + TWD 45,000/semester (25 SKS)

Requirements?

  1. IELTS score ≥ 6.0
  2. Surat rekomendasi dari Faculty Member (2)
  3. IPK ≥ 3.00
  4. Transkrip akademik
  5. Financial Statement
  6. Motivation Letter

Look forward for…

NTU World Carnival mengumpulkan seluruh mahasiswa pendatang, mulai dari Indonesia, Polandia, Jepang, sampai Korea untuk berkumpul dan memamerkan budaya mereka. Seru banget!

 The University of Sheffield

Sumber gambar: Instagram @theuniversityofsheffield

Sebagai pionir gerakan #weareinternational, The University of Sheffield merengkuh mahasiswa internasional ke kampus mereka. Dibangun lebih dari 100 tahun yang lalu, universitas ini kaya dengan sejarah dan alumni kenamaan. Selama 10 tahun berturut-turut, Students’ Union milik The University of Sheffield terpilih sebagai tempat perkumpulan mahasiswa terbaik di Inggris. Wow!

When?

Tuition? GBP 7,750/semester

Requirements?

  1. IELTS score ≥ 6.0
  2. IPK ≥ 3.0
  3. Transkrip akademik
  4. Motivation Letter
  5. Surat Rekomendasi Faculty Member

Look forward for…

Kota ini sempurna untuk pecinta musik karena sepanjang tahun, Sheffield dipenuhi berbagai acara music dan festival. Students’ Union merupakan salah satu venue tujuan para musisi dan pemutaran film independen. So artsy!

 Solbridge International School of Business

Sumber gambar: Instagram @solbridge.official

Annyeonghaseyo! Sekolah bisnis yang terletak di Korea ini masih tergolong muda, namun prestasinya tak dapat diragukan lagi. Sebagai bukti, ia telah menerima akreditasi (The Association to Advance Collegiate Schools of Business) dari Amerika pada tahun 2014 silam. Selain itu, sebagai universitas internasional, semua kelas diajarkan oleh global educators dalam Bahasa Inggris. Jadi tak perlu khawatir jika Bahasa Korea kalian belum mahir.

When?

Tuition? USD 6,348 (spring semester) atau USD 6,135 (fall semester)

Requirements?

  1. IELTS score ≥ 5.5
  2. Proof of Finance
  3. Transkrip akademik
  4. Ijazah SMA
  5. Surat Rekomendasi Faculty Member
  6. Personal Essay (tulis tangan, 1000 kata)

Look forward for…

Mewadahi ribuan mahasiswa yang terdiri lebih dari 50 kewarganegaraan, kampus SolBridge terus merayakan warna-warni budaya mancanegara. Misalnya melalui kegiatan tahunan, Culture Day, di mana mahasiswa pendatang termasuk Indonesia dapat memajang makanan khas, baju daerah, atau tarian tradisional.

Boston University

Sumber gambar: Instagram @bostonu

Berjelajah ke Amerika Serikat untuk merasakan satu semester di institusi pendidikan Boston University. Dengan lingkup kampus yang sangat luas dan lingkungan yang rindang, BU jadi tempat yang pas untuk menimba ilmu, mengerjakan tugas, atau sekadar relaks. Namun tak hanya itu, kehidupan sosial BU yang juga tak kalah bercorak ideal untuk membangun komunitas dan berkoneksi.

When?

Tuition? USD 8500/semester

Requirements?

  1. IPK ≥ 3.0
  2. IELTS score ≥ 6.5

Look forward for…

Berdiri sejak 1630, Boston merupakan kota paling historis di Amerika Serikat. Maka dari itu, Prasmulyan dianjurkan untuk eksplorasi demi merasakan budaya dan sejarahnya yang kental menggunakan transportasi publik.

Nah, apakah beberapa universitas yang disebut di atas menarik perhatian Prasmulyan? Jika dirasa belum menemukan yang sreg, jangan khawatir. Prasmulyan bisa berkonsultasi langsung dengan Ibu Galih Sakitri (Kepala UPT Kerjasama dan Kemitraan Bisnis Internasional, Program Study Abroad), karena masih ada banyak pilihan universitas lainnya. Good luck!

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • MM Program & Undergraduate Program valedictory speech presented by Brigita Mahardika, M.M and Theresia Marsha, S.E.
.
#prasmul #universitasprasetiyamulya #wisudaprasmul2018 #wisudasarjana #wisudamagister #sarjanaekonomi #magistermanagement #prasmulyan #prasmulyaninframe
  • @svaraprasetiya x @soundofphoenix
.
#prasmul #universitasprasetiyamulya #wisudaprasmul2018 #wisudasarjana #wisudamagister #sarjanaekonomi #magistermanagement #prasmulyan #prasmulyaninframe
  • Genggong Dance by @sasikirana.prasmul .
#prasmul #universitasprasetiyamulya #wisudaprasmul2018 #wisudasarjana #wisudamagister #sarjanaekonomi #magistermanagement #prasmulyan #prasmulyaninframe
Competition 2018

Berikut ini adalah artikel yang telah diterima tim redaksi Cerita Prasmul untuk Cerita Prasmul Competition 2018

Peserta

Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!