Cerita Prasmul

Thea Christie: Tonjolkan Cantiknya Wanita Lewat Tata Rias Natural | Alumnus S1 Branding Prasmul

Selang 7 tahun menyandang titel Sarjana Ekonomi dari Prasetiya Mulya, kini Thea Christie (Alumnus S1 Branding 2007) berhasil meraih definisi sukses yang ia idamkan, yakni mandiri dalam membesarkan dan mempertahankan bisnis Theiya Makeup Artistry yang ia rintis sejak 2013 silam.

Lain dulu lain sekarang, rutinitas makeup zaman dulu dan zaman kini sudah berubah jauh sehingga keberadaan sosok Make Up Artist alias MUA juga semakin dicari masyarakat. Wakeup and makeup! bisa jadi slogan yang pas untuk mendeskripsikan kebiasaan dandan zaman now yang bukan cuma saat momen sakral layaknya pernikahan ataupun wisuda, melainkan saat acara ulang tahun, pre-wedding photoshoot, maternity photoshoot, bahkan dalam kegiatan sehari-hari! Ayo ngaku, mungkin kamu salah satunya?

Fact: Industri kosmetik nasional mengalami peningkatan 20% di tahun 2017 (Kementrian Perindustrian).

Menyelam di industri yang sedang naik daun, tidak membuat sosok Thea menyerah. Pernah mencoba berkarier di sejumlah perusahaan swasta di Indonesia, Thea justru putar haluan dan memutuskan untuk resign demi memulai bisnis, yang sejalan dengan hobinya yaitu makeup. “Dulu aku sering nari, jadi belajar makeup otodidak . Setelah resign, aku mulai tekun ikut kursus bridal makeup dan bridal hair.”

Thea membutuhkan kurang lebih 2 jam untuk merampungkan makeup pengantin.

 

Kembali mengingat-ingat apa yang dulu ia pelajari di Prasmul, Thea lantas memadukan hobi dan peluang, menjadi sebuah bisnis jasa makeup yang ia beri nama Theiya Makeup Artistry.

 Ketika aku bikin bisnis, step by step yang dipelajari di kampus sangat terpakai.

Untuk bisa sustain di tengah deruan persaingan, ia mengaplikasikan step bisnis yang diajarkan di Prasmul. “Persis seperti apa yang diajarkan di Prasmul, aku melakukan riset ke customer, melihat pasar, membangun promotional tools. I think it turned out really well,” papar Thea.

Ingin jadi  MUA, gimana caranya ya?

Menurut alumnus S1 Branding Prasmul ini, 3 modal utama yang harus terus diasah jika Prasmulyan ingin menjadi seniman pelukis wajah adalah skill, network, dan attitude. “Untuk bisa menjadi yang terbaik ya harus punya kemampuan yang baik. Kenali teknik lewat kursus dan perbanyak uji coba, karena ga ada satupun yang baru nyoba langsung jago,” ucap Thea menyemangati.

@Theiyamakeup untuk Influencer Ayla Dimitri.
@Theiyamakeup untuk Model dan Presenter Patricia Gouw.

 

 

 

 

 

 

Bicara mengenai network, Alumni SMA Don Bosco II ini cukup menerapkan ilmu yang ia dapatkan di Prasmul untuk selalu memperluas jaringan bisnisnya. Ia mengatakan, “Di industri jasa memang harus pandai menjalin relasi. Bukan hanya dengan klien, namun ada Wedding Organizer, Photographer, bahkan Media, dimana hubungan baik dengan merekalah yang akan menggaungkan bisnis yang kita jalani.”

Hasil karya @Theiyamakeup dengan ciri khas natural dan flawless.
@Theiyamakeup fokus bergerak di bidang bridal makeup.

 

 

 

 

 

 

 

Satu lagi yaitu attitude, menjadi poin yang tak boleh luput. Ia menuturkan, “Seorang MUA harus memiliki irama kerja on time meskipun bekerja sebagai weekend worker”. Sabar dan menjunjung tinggi ketepatan waktu tak ketinggalan jadi attitude yang di-highlight Thea. “Ga ada alasan MUA datang telat, make yourself on time meski harus kerja di jam 2-3 pagi,” kisahnya.

Penuh perjuangan, namun layak ditempuh

Bagi kalian penggemar jalur instan, mungkin harus berpikir dua kali jika ingin berprofesi sebagai pebisnis. Dalam perjalanan Thea sendiri, tak terhitung berapa jumlah klien yang sudah ia ‘sulap’ selama 5 tahun ini. Namun berkah ini tak serta merta Thea rangkuh dengan mudahnya.

Thea bercerita, apa yang ia tempuh adalah perjuangan yang layak. Ia kemudian bernostalgia ke beberapa tahun silam ketika berkutat mengumpulkan portofolio karyanya dengan menjemput kesempatan yang ada. “1 dan 2 tahun pertama saya masuk ke berbagai macam klien. Bukan cuma makeup bridal,  tapi makeup editorial, makeup fashion show, bahkan untuk shooting video juga saya jalani.”

Salah satu editorial makeup yang ditangani oleh @Theiyamakeup

Setelah mengumpulkan ‘setumpuk’ pengalaman, Thea lantas fokus untuk menekuni makeup bridal. Ia dikenal dengan signature style natural & flawless, karena tak ingin mengubah tampilan wanita lebih tua dari usianyaSalah satu kliennya yakni Liliana mengungkapkan, “I really love the make up that Thea did, soft & natural! And even the make up stayed out for more than 9 hours until the touch up time. Great MUA!.”

Predikat Cum Laude yang Thea raih, membuka pintu bagi karier yang cemerlang.

Dengan predikat Cum Laude yang ia genggam, kesempatan untuk punya karier menjadi professional sangat terbuka lebar. Namun bekerja sebagai professional ternyata tak sejalan dengan visi misi hidupnya. Menurutnya, bisnislah yang bisa membuatnya menjadi mandiri. Meski pada awalnya tak sedikit yang menyangsikan jalan yang ia tempuh sekarang, Thea tak ambil pusing dan terus melanjutkan profesi MUA.

Thea menjadi salah satu kontributor Dewi Magazine untuk rubrik editorial makeup.

Teguhnya pendirian Thea berbuah manis. Melalui profesi ini, ia bukan hanya bisa mandiri secara finansial dan leluasa mengatur schedule. Menjadi MUA membuatnya terlibat sebagai bagian penting dalam setiap hari bahagia pengantin, dan itu merupakan kebahagiaan yang tak bisa dibeli.

Thea dan Prasmul

Tantangan yang ia tempuh dalam membangun bisnis MUA ini, bukan hal anyar bagi Thea. Selama 4 tahun berkuliah di Prasmul, Thea terbiasa di gembleng untuk menjadi sosok yang tekun dan high achiever. Ia berkata, “Dari semester 1, kita diajarkan untuk tekun dan selalu berpikir kreatif. Lewat kegiatan praktik seperti Community Development,  kerja sosial, dan magang, aku juga mendapat banyak pengalaman.”

Rangkaian pembelajaran itulah yang Thea anggap memberikan sumbangsih bagi skill bisnis dan attitude profesional yang ia miliki sekarang. Apa yang ia raih, tentunya bisa diraih oleh Prasmulyan lain jika memaksimalkan setiap proses perkuliahan yang ada. “Mungkin sekarang kita sering ngeluh kalau dapat tugas, tapi percaya deh semua ilmunya akan kepakai. Tinggal bagaimana kalian berpikir sedikit lebih jauh.” tutup Thea.

Obrolan ceritaprasmul dengan Thea akan berlanjut di artikel selanjutnya, Prasmulyan. Simak tips makeup 5 menit dari Thea dan intip produk makeup andalannya Thea yang wajib dibawa selama ngampus!

Tonton wawancara lengkapnya di bawah ini!

Sumber:

Instagram @theiyamakeup

www.kemenperin.go.id

Vitry Octavia

Vitry Octavia

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • Ayo Sukseskan!
@asiangames2018
18th Asian Games 2018
Jakarta-Palembang
.
Bangga rasanya menjadi negara tuan rumah dan menyambut ribuan atlet berbakat se-Asia ke tanah air. Universitas Prasetiya Mulya mendukung penuh kelancaran dan kesuksesan Asian Games 2018. Semangat untuk para kontingen!
.
#AsianGames2018 #EnergyOfAsia #SukseskanAsianGames2018 #Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #TuanRumahBaik #Indonesia #Jakarta #Palembang
  • Apakah makna Kekayaan yang sesungguhnya bagi Anda? Lantas, sudahkah Anda menggunakan teknologi secara optimal untuk meraih Kekayaan di era modern ini? 
Tahun ini, PermataBank berkolaborasi dengan S1 Event Prasetiya Mulya mempersembahkan Wealth Wisdom, the Largest Wholistic Wealth Conference in Indonesia, sebuah upaya mengedukasi masyarakat Indonesia tentang makna kekayaan yang melebihi uang dan materi. Dengan mengusung tema "Mind, Body, Soul,+Tech", WealthWisdom mengajak Anda untuk memaknai Kekayaan secara holistik dalam berbagai aspek kehidupan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk terinspirasi oleh lebih dari 30 Kelas yang dibawakan para speakers andal, beragam sesi Workshop, Wealth Bazaar, Property Expo, dan Shopalogic Museum di #WealthWisdom2018.

Info jadwal kelas dan tiket, klik : www.WealthWisdom.id 
#jakarta #event #jakartaevent #pacificplace #wealth #conference #expo #indonesia #permatabank #prasmul #universitasprasetiyamulya #prasertiyamulya
  • Why Learn Business Economics? 
In Business Economics, you will learn how to apply economic theories to solve business problems whilst analysing and forecasting the world's economic situation as well as issues that can influence strategic business decisions. This program utilizes English language in order to better prepare you for the global working environment. 
#S1BusinessEconomics #BusEconPrasMul #prasmul #prasetiyamulya #universitasprasetiyamulya #businesseconomics #businessschool #schoolofbusiness

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!

Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

Juli 2018

Juni 2018

Mei 2018