Cerita Prasmul

Makers Talk: Talk Show Interaktif yang Mewarnai Ajang IFCC 2018

Setelah kesuksesan Indonesia Footwear Creative Competition (IFCC) tahun 2017 lalu, Badan Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) kembali menggelar sayembara unik ini. Dibuka sejak bulan Januari kemarin, IFCC 2018 mengundang para otak kreatif untuk memamerkan kebolehannya dalam kompetisi 3-in-1 yaitu footwear design, photography, dan videography. Tujuan pengadaan persaingan positif ini adalah untuk mengenalkan generasi muda pada industri alas kaki yang merupakan bagian integral dari dunia mode dan pemajuan ekonomi Indonesia.

 

Sembari mengumpulkan online submission dari para peserta, IFCC 2018 mengadakan rangkaian talk show bertajuk Makers Talk ke beberapa kota di Pulau Jawa. Menjadi salah satu wadah untuk preevent ini adalah Audiotorium William Soeryadjaya di Universitas Prasetiya Mulya pada hari Selasa (3/4) lalu.

Para penyelenggara dan pembicara Makers Talk berpose bersama sebelum memulai acara talk show.

“Maksud dan tujuan dari acara ini adalah memberikan inspirasi dan motivasi bagi peserta acara untuk berani berkreativitas,” tekan Bapak Heru Budi Susanto, S.E., M.T., Kepala BPIPI, dalam sambutan singkatnya. “Yang kedua, mengajak generasi muda secara kreatif dan inovatif bekal berkarya dengan tantangan menjadi problem solver dari kondisi yang ada,” lanjutnya. Pria yang telah menjabat sebagai kepala BPIPI sejak Juli 2017 ini juga memberikan kepercayaan pada generasi penerus industri alas kaki yang dianggap mampu bersaing di kancah internasional melalui berbagai sumber daya yang ada.

 

Dalam peluang ini pula, Universitas Prasetiya Mulya meresmikan jalinan kerjasamanya dengan BPIPI melalui penandatangan Nota Kesepakatan. “Kami mengucapkan apresiasi yang sangat besar untuk terus bekerjasama dengan BPIPI dalam misi menumbuhkan ruang lingkup yang kreatif untuk mahasiswi maupun siswanya,” Bapak Heru mengungkapkan. “Khususnya dalam hal-hal meningkatkan inovasi maupun daya saing di industri alas kaki,” tegas pria yang telah dianugerahi penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 dan 20 tersebut.

Kepala BPIPI Bapak Heru Budi Susanto, S.E., M.T., bersama Dekan School of Business and Economics Prof. Agus W. Soehadi, Ph.d, meresmikan kerjasama antara BPIP dengan Universitas Prasetiya Mulya.

Makers Talk diramaikan oleh Bagus Satrio Wicaksono, Owner & Creative Director dari Sagara Indonesia, Fotografer Jerry Aurum, dan Dennis Adhiswara, Aktor serta Founder & CEO dari Layaria. Merangkup talk show sekaligus coaching clinic, seluruh peserta diberi kesempatan untuk mendengar langsung pengalaman profesional para penggerak industri kreatif Indonesia dan menambah wawasan melalui coaching clinic yang interaktif.

Pembicara Bagus Satrio Wicaksono, Jerry Aurum, dan Dennis Adhiswara berbagi pengalaman mereka dalam meniti karier.
Peserta Makers Talk berkumpul untuk menerima coaching secara langsung dari fotografer Jerry Aurum.

Talk show yang bersifat santai dan penuh canda tawa ini memberikan pencerahan dan insight bagi peserta yang ingin berkecimpung di industri alas kaki, fotografi, dan videografi. Mewakili masing-masing kategori lomba, tiap speaker menceritakan perjalanan karier, passion, dan rintangan yang mereka hadapi melalui presentasi singkat.

Celotehan jenaka dari para pembicara mengundang tawa pengunjung audiotorium.

Bukan itu saja, ketiga pembicara tersebut juga mendiskusikan pentingnya beradaptasi dan memanfaatkan kemewahan teknologi modern yang dimiliki generasi Millenials. “Jujur, banyak fotografer yang usianya di atas saya sudah tutup buku,” jelas Jerry. “Bukan karena kemampuan motretnya tidak bisa menandingi yang muda-muda, tapi karena dia tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia fotografi,” tutup sang fotografer.

 

Belum terlambat bagi para Prasmulyan yang ingin turut mendaftarkan karya terbaiknya dalam Indonesia Footwear Creative Competition 2018. Registrasi dan submission masih dapat dilakukan sampai 6 Juli 2018 mendatang melalui website resmi BPIPI, bpipi.kemenperin.go.id/ifcc2018. (*sdd)

Avatar

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • Do you love Math? Do you know about Actuarial? 
If the answer is YES or even NO, you still have to take a look at the opportunity to learn about math and actuarial on this event by registering yourself to CTMC 2019 (Canadian Team Math Contest 2019). It will be held on April 11th, 2019 at Universitas Prasetiya Mulya, BSD Campus

Come register your team (6 members/team). Win the total prize up to Rp.8,000,000 and practice your skills as you face the real world as an actuarian!

Head over to prasmul.link/ctmc or contact us through email/whatsapp :

Valantino Agus S.
Email : valantino.sutomo@pmbs.ac.id 
SMS/WA : 0852 9378 3777
or
Email: ctmc.ccprasmul@yahoo.com 
PS : The Registration is FREE! Limited Space.
  • Dalam rangka mencari potensi tersembunyi dari para startup, Grab Indonesia bekerja sama dengan Transmedia dan kementerian berinisiatif untuk mengembangkan ekosistem startup Indonesia melalui program THINKUBATOR.

Komunitas startup berkesempatan untuk mendapatkan investasi senilai total Miliaran Rupiah
Serta bimbingan plus networking dari para praktisi startup di berbagai bidang dalam suatu diskusi & workshop

Raih peluangnya sekarang dengan mendaftarkan startup-mu segera, sebelum 21 MARET 2019 di :
thinkubator.detik.com

#GrabThinkubator #GrabxTransmedia #startupidol
  • Setelah minggu lalu #WinYourFuture sudah mengunjungi Gandaria City, minggu depan kami akan jalan-jalan ke Botani Square loh.

Untuk kalian yang tinggal di Bogor yuk kunjungi booth Win Your Future di lantai GF dari tanggal 18 - 24 Maret 2019.

#wyf #PrasetiyaMulya #prasmul #bisnisanakmuda #belajarbisnis #mulaibisnis #generasiemas
Competition 2018

Berikut ini adalah artikel yang telah diterima tim redaksi Cerita Prasmul untuk Cerita Prasmul Competition 2018

Peserta

Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!