Cerita Prasmul

Liburan Gabut? Berikut 10 Hal Seru dan Produktif yang Bisa Kamu Lakukan!

Memasuki musim liburan, pasti kamu bawaannya ingin berleha-leha dan tidur sampai siang. Tapi setelah beberapa hari, kegabutan hadir tanpa diundang dan rasa bosan pun melanda. Guys, artikel Ceritaprasmul kali ini akan memberikan solusi jitu untuk waktu luang kamu. Jadi, tunggu apa lagi? Lakukan 10 hal berikut ini agar liburan kamu dipenuhi kegiatan seru dan produktif!

Declutter

(Ilustrasi: Envato Elements/Rido81)

Lemari baju sudah di ambang akan meledak, rak buku sudah tak mampu menampung novel yang baru kamu beli, dan kamar kamu sudah seperti kapal pecah. Jika skenario ini terasa familier, maka ini saat yang tepat untuk declutter alias bebenah. Siapkan boks bekas untuk menyimpan semua barang kamu yang sudah tidak terpakai. Jika kondisi barang tersebut masih layak digunakan, kamu dapat menyumbang pada yang membutuhkan, lho!

Baca Buku

(Ilustrasi: Envato Elements/microgen)

Bukan hanya menambah ilmu, membaca akan mengasah kreativitas serta melengkapi kosa kata bahasa kamu. Berikan target pada diri sendiri selama liburan, misalnya 1 buku per minggu atau 10 buku sampai waktu masuk sekolah. Kalau kamu kesulitan menemukan buku, coba gunakan www.bookabuku.com. Platfrom pinjam-meminjam buku yang didirikan alumni Prasmul ini dijamin akan mengubah reading experience kamu.

Eksplorasi Dunia

(Ilustrasi: Instagram @museum_nasional_indonesia)

Tenang, kamu tidak perlu membeli tiket pesawat untuk mengeksplorasi dunia. Luangkan saja waktu untuk mengunjungi museum dan menonton film dokumenter. Disconnect sejenak dari dunia maya dan ciptakan rasa empati dengan membuka wawasan mengenai kehidupan manusia, momen bersejarah, serta isu-isu dunia. Dikemas dalam bentuk museum interaktif maupun film, tentunya kamu juga akan terpikat dan terhibur.

Susun CV

(Ilustrasi: Envato Elements/stokkete)

Tak ada salahnya menyusun Curriculum Vitae sedini mungkin, karena faktanya, membuat CV tidak semudah melambaikan tongkat sihir. Buat daftar riwayat pendidikan, prestasi, dan pengalaman kamu selengkap mungkin. Kemudian, pertimbangkan skill yang ingin kamu cantumkan di dalam CV. Eits,belum beres di situ. Sekarang ini, calon employer ingin melihat CV yang menarik perhatian. Jadi, gunakan waktu kosong ini untuk mendesain CV kamu agar tampilannya cantik, rapi, dan profesional.

Ikut Kursus dan Workshop

(Ilustrasi: Envato Elements/vadymvdrobot)

Nah, ingin CV kamu semakin memikat? Melalui kursus, seminar, dan workshop, kamu akan mengasah skill yang bisa menjadi sorotan dalam kolom “sertificates” di CV. Untungnya, keberadaan media sosial membuat pencarian informasi mengenai kegiatan-kegiatan ini menjadi lebih mudah. Kamu suka bermusik? Ikuti workshop penulisan lirik. Terobsesi dengan seorang selebgram? Kunjungi seminar di mana ia jadi pembicara. Ajak teman kamu agar kegiatannya jadi makin seru!

Magang

Mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya melakukan magang di Bank Indonesia

Cicipi kehidupan profesional dengan mengikuti program-program magang dari berbagai perusahaan. Setinggi apapun nilai dan IPK, tidak ada yang bisa menyiapkan kamu di lapangan kerja nyata selain pengalaman pribadi. Maka dari itu, mulai sign up di platform pencarian kerja seperti linkedin, jobsdb, jobstreet, dan Glints, kemudian temukan program magang yang menarik. Kuncinya: jangan terlalu picky dan jangan mengharapkan uang! Pastikan bahwa experience merupakan incaran utama kamu.

Kerja Sosial

Community Development: salah satu program Prasetiya Mulya untuk give-back pada masyarakat.

Liburan adalah waktu yang tepat untuk give back pada masyarakat. Cari tahu isu yang ingin diperjuangkan lalu berikan kontribusi sesuai kemampuan kamu. Ini beberapa ide dari Ceritaprasmul: kunjungi rumah yatim-piatu, lakukan gerakan membersihkan sampah, mengajar di sekolah, atau adakan penggalangan dana. Sekecil apapun itu, sumbangan tangan kalian pasti akan memberikan impact besar bagi masyarakat.

Daftar Beasiswa

(Ilustrasi: Envato Elements/prostock-studio)

Apa salahnya mendaftar beasiswa, walaupun hanya untuk “iseng” saja? Berbagai sekolah dan kampus selalu membuka pintunya untuk pelajar berprestasi. Prasmul pun tak lelah mencari calon mahasiswa sampai ke luar pulau Jawa. Jika kamu tertarik daftar beasiswa Prasmul, cari tahu infonya di link ini. Bukan rahasia, banyak orang terintimidasi dengan proses seleksi yang ketat, bahkan merasa dirinya “kurang pintar” untuk menerima beasiswa. Jangan dulu pesimis, ya. Never say never, betul?

Tambahkan Uang Jajan

(Ilustrasi: Envato Elements/NomadSoul1)

Apa serunya liburan jika dompet kosong? Daripada bergantung uang jajan dari orang tua, bagaimana jika kalian menghasilkan uang tambahan sendiri? Mudah saja, kamu dapat membuka layanan yang di mulai untuk teman-teman terdekat. Contoh yang bisa kalian contek adalah jasa translate, jasa babysitter, jasa membersihkan kosan, jasa cuci mobil, dan masih banyak lagi. Sesuaikan saja dengan skill kamu, asalkan jangan jasa pembuatan skripsi, ya!

Belajar Menulis

(Ilustrasi: Envato Elements/romankosolapov)

Percaya deh, apapun pekerjaan incaran kamu, skill ini akan terpakai di kehidupan pribadi dan profesional, misalnya untuk membuat cover letter dan press release. Lebih penting lagi, seperti membaca buku, kosa kata dan kemampuan berbahasa kamu akan meningkat. Tanpa sadar, hal ini akan kamu aplikasikan saat berpikir dan berbicara. Jadi, ayo ambil pulpen (atau laptop), dan mulai menulis. Surat, ide, diary, cerpen, atau novel, semuanya ada di tangan kamu.

Membaca artikel ini, kamu langsung tahu apa yang bisa dilakukan kalau lagi ‘gabut’ saat libur panjang. Kira-kira, kegiatan apa yang akan kamu coba? (*SDD)

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • @sanskerta_id merupakan pertunjukkan drama musikal tahunan dari mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya. Mengusung kisah-kisah dari Indonesia, ajang ini diproduksi untuk memperkenalkan warisan dan budaya Indonesia pada generasi muda. Lalu, bagaimana kisah Rahwana dalam pertunjukan kali ini? Kisah lengkapnya di ceritaprasmul.com
.
#sanskertaprasmul #sanskerta #pagelaranseni #musikalisasi #dramamusikal #prasmul #prasmulyan #prasmulyaninframe #prasetiyamulya #unitkesenianmahasiswa #UKM #studentclub #ceritaprasmul
  • Bagaimana masa depan bisnis retail?

Disrupsi teknologi ternyata tak luput menyasar jajaran bisnis retail dan pusat perbelanjaan. Dengan perubahan pola konsumen yang semakin digitalized, para pemain raksasa yang tak ikut bergerak ke arah inovasi dan digitalisasi, terancam oleh perubahan akibat inovasi disruptif!

Untuk membedah solusi yang tepat bagi masa depan bisnis retail, S1 Branding Prasetiya Mulya bekerja sama dengan Indonesia Branding Association mengadakan talk-show interaktif BRANDING UPDATE “The Future of Retail”

Financial Club - Jl. Jend. Sudirman No.Kav 58, Jakarta Selatan
Wednesday, 18 July 2018
12.00 - 18.00 pm
Limited seats available
Mahasiswa/Prasetiya Mulya Alumni: 100K, Umum: 250K

Registration: bit.ly/BrandingUpdate

Informasi lebih lanjut: Email: s1branding@pmbs.ac.id / 0895 3321 31330

#seminar #workshop #s1branding #s1manajemen #anaksma #masukkampus #prasetiyamulya #universitasprasetiyamulya #prasmul #businessschool #eventsma
  • Halo teman-teman Calon Mahasiswa. Bagi kamu yang telah menentukan jurusan favoritmu di Prasetiya Mulya, segera daftarkan diri kamu dan jangan lewatkan kesempatan Tes Seleksi Masuk Gelombang Terakhir S1 Universitas Prasetiya Mulya.
.
Deadline pendaftaran online & pengumpulan berkas: 
Senin, 9 Juli 2018
.
Daftar online via: admissions1.prasetiyamulya.ac.id (klik link di bio)
.
Info lebih lanjut: 0815-1166-2005 / 0812-411-1660
.
#prasmul #universitasprasetiyamulya #prasetiyamulya #admission #jadwaltesmasuk #masukkampus #admissiontest #infokuliah #pendaftaranmahasiswabaru #mahasiswabaru #intake #infojurusan #infopendaftaran #kampusbisnis #businessschool #sekolahbisnis #stem #sekolahteknik #schoolofappliedstem #scholarship #beasiswa #infobeasiswa #beasiswasarjana

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!

Prasmul on Media