Cerita Prasmul

Food Production Laboratorium S1 Hospitality Business Prasmul Siap Beroperasi

Food Production Laboratorium  Prasetiya Mulya di desain dengan mengikuti standardisasi di industri Food & Beverage.

Indonesia dikenal sebagai negara arsipelago, dengan keelokan alam dan budaya yang menarik untuk di eksplorasi. Untuk menggaungkan pesona nusantara di mata wisatawan, Pemerintah Indonesia memilih sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional hingga tahun 2019*. Lahirnya berbagai destinasi baru disertai pengembangan infrastruktur pendukung menjadi bukti nyata kesiapan negara untuk menyambut kedatangan para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Sebagai universitas yang terus mengikuti perkembangan dan menjawab antangan zaman, Prasetiya Mulya kini menghadirkan pendidikan manajemen pariwisata dan bisnis melalui S1 Hospitality Business. Dimana pada tahun 2017 ini, angkatan pertama pada jurusan tersebut sudah mulai menjalani perkuliahan.

Mahasiswa S1 Hospitality Business Prasmul dibimbing untuk mendalami manajemen industri hospitality mulai dari hotel, restoran, theme park, mall ataupun potensi tujuan wisata lainnya.

Menariknya, mereka diberikan kesempatan untuk menguasai kemampuan operasional (manajemen room division, operasional food and beverage, introduction to services dan fundamental tourism) hingga mampu mengelola kompleksitas level manajerial (strategi bisnis, keuangan, pemasaran, akuntansi dan sumber daya manusia).

Pada tahun pertama, Prasmulyan di jurusan ini akan belajar mengenai operasional food & beverage sehingga mereka terjun langsung merasakan praktikum di laboratorium, untuk memahami standardisasi internasional dalam manajemen dapur, pengolahan serta produksi makanan.

Peresmian Lab Kitchen: Mahasiswa S1 Hospitality Business Prasetiya Mulya berpose bersama Jajaran Rektorat, Dekanat dan Faculty Member

Food Production Laboratorium resmi beroperasi

Kehadiran Food Production Laboratorium  kian melengkapi pembelajaran praktikal bagi mahasiswa S1 Hospitality Business. Dalam peresmian laboratorium yang berlangsung pada Kamis, 5 Oktober 2017, Prof. Djisman Simandjuntak selaku rektor Prasetiya Mulya mengungkapkan harapan besarnya agar laboratorium tersebut kelak dapat menjadi awal terciptanya inovasi kuliner yang mampu merambah pasar global.

Berbincang bersama rektor: Prof. Djisman Simandjuntak selaku Rektor Prasetiya Mulya memberikan masukan membangun untuk para mahasiswa

“Kita dikaruniai keragaman alam, hayati, kultur dan unsur keragaman lain sebenarnya hanya signal bahwa banyak hal yang bisa dieksplorasi. Harapan kami, mahasiswa S1 Hospitality Business tidak hanya mereproduksi apa yang sudah ada di negeri kita, namun bisa menciptakan sesuatu yang baru dan dibawa ke ranah global,” tuturnya.

Food Production Laboratorium dipimpin oleh Ibu Sri Widia Wijanarti selaku Ketua Laboratorium. Ibu Widia dibantu oleh Chef Yana Suryana sebagai kepala koki. Chef Yana sendiri merupakan koki yang telah malang melintang di dunia perhotelan selama lebih dari 5 tahun, diantaranya di Hotel Borobudur, Hotel Swiss Belinn dan Hotel Novotel.

Beberapa bagian dalam Laboratorium F&B kitchen

Food Production Laboratorium Prasetiya Mulya di desain dengan mengikuti standardisasi di industri Food & Beverage. Berikut beberapa station yang ada di lab ini:

Food Production Laboratorium Kitchen Prasetiya Mulya

Demo Class Kitchen :

Dapur yang diperuntukan untuk open cooking class, dilengkapi dengan kursi yang dapat digunakan mahasiswa untuk mengamati dan mempelajari menu – menu yang diperagakan oleh Chef ataupun Fasilitator.

Cold Kitchen :

Area kitchen yang difungsikan untuk mengolah makanan dingin, yaitu kategori salad, saus dingin, sup dingin dan beberapa jenis golongan appetizer. Station ini dilengkapi dengan AC untuk menjaga suhu ruangan, dikarenakan karakteristik makanan yang diolah di station ini memerlukan suhu yang sejuk.

Pastry & Bakery Kitchen :

Area kitchen yang dikhususkan sebagai tempat pengolahan aneka pastry dan bakery seperti aneka kue, pudding, aneka roti serta olahan cokelat . Station ini biasa dikenal dengan area untuk mengolah aneka makanan penutup / dessert.

Main Kitchen / Hot Kitchen:

Merupakan pusat operasional dapur atau dapur utama untuk mengolah beragam menu utama (main course). Station ini di desain dengan lantai khusus yang aman jika terkena tumpahan cairan (air maupun minyak). Station ini dilengkapi dengan area steward atau area yang dikhususkan untuk pencucian piring serta alat penunjang operasional dapur. (*vio)

Referensi Teks:

*Setkab.go.id

 

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Negara yang maju dan makmur dapat dilihat dari sumber daya manusia yang unggul, kreatif, dan berkualitas. Menjamurnya usaha startup serta profesional di seluruh penjuru Tanah Air membuktikan bahwa Indonesia sudah bergerak ke arah yang benar.

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74! SDM Unggul, Indonesia maju. Langkah pertama dimulai dari kita semua.
  • Energi Terbarukan memberikan solusi terhadap krisis energi, isu pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Pengembangan energi terbarukan memerlukan banyak tenaga ahli.

Sebagai pemuda/i generasi penerus bangsa yang memimpikan Indonesia terus maju dan berkembang, kebutuhan tenaga ahli energi terbarukan tersebut harus dipenuhi sebelum diisi oleh tenaga asing. Selain tenaga ahli yang professional dibidangnya, diperlukan entrepreneurial mindset dan inovatif sehingga mampu menjawab permasalahan dan merealisasikan ide-ide kreatif.

S1 Renewable Energy Engineering Universitas Prasetiya Mulya hadir untuk mewujudkan hal tersebut dengan merancang lulusan yang professional dibidangnya, kreatif dan memiliki jiwa kewirausahaan.

Berada dalam fakultas School of Applied STEM Universitas Prasetiya Mulya, mahasiswa akan melakukan proses pembelajaran yang diarahkan kepada pemecahan persoalan nyata dilapangan oleh para Faculty Member yang ahli dibidangnya. Didukung fasilitas gedung dan laboratorium dengan teknologi terkini di gedung terbaru Collaborative STEM Lab. Universitas Prasetiya Mulya, kampus BSD.
  • Melanjutkan kegiatan sosialisasi Beasiswa Bakti Indonesia, kali ini Universitas Prasetiya Mulya berkunjung ke SMAN Sumatera Selatan pada hari Selasa (13/8) kemarin. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 100 siswa-siswi SMAN Sumsel dari kelas XII.

Turut meramaikan acara ini adalah tiga lulusan SMAN Sumsel yang kini sedang menimba ilmu di Prasmul, tepatnya di jurusan S1 Business Mathematics, S1 Renewable Energy Engineering, dan S1 Hospitality Business.

Beasiswa Bakti Indonesia merupakan salah satu penghargaan dari Prasmul kepada pelajar SMA yang berprestasi dan aktif di seluruh Indonesia. Menajamkan ilmu dan bakat generasi penerus bangsa melalui pendidikan yang merata, beasiswa ini menjadi bentuk nyata kontribusi Prasmul terhadap pemajuan sumber daya manusia di Tanah Air.
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!