Cerita Prasmul

Kuliah Umum: Mahasiswa S1 Business Mathematics Mengenal Lebih Dekat Profesi Aktuaris

Jakarta – 15 November 2017. Permintaan akan profesi aktuaris bagi Negara berkembang semakin meningkat setiap tahunnya. Namun, pengembangan ilmu aktuaria di Indonesia terus menghadapi tantangan, seperti kurangnya aktuaris dengan latar pendidikan formal ilmu aktuaria, pembelajaran ilmu aktuaria yang tidak memadai, kurangnya dosen ilmu aktuaria, serta rendahnya kesadaran masyarakat tentang ilmu aktuaria dan peluang karirnya.

Jika ditelisik lebih lanjut, dilansir dari website resmi aktuaris.co.id, definisi aktuaris adalah:

Seorang ahli yang dapat mengaplikasikan teori matematika, probabilita dan statistika, serta ilmu ekonomi dan keuangan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan aktual pada sebuah bisnis, khususnya yang berhubungan dengan risiko.

Untuk lebih membuka wawasan dan mengenalkan peluang profesi tersebut kepada mahasiwa dan mahasiswi Prasetiya Mulya, jurusan S1 Business Mathematics mengadakan kuliah umum yang bertajuk “The Actuary of Tomorrow”.

Mengabadikan momen bersama para pembicara di acara kuliah umum perdana bagi mahasiswa/i S1 Business Mathematics Prasmul.

Kuliah umum ini menghadirkan pembicara dari PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia. PwC sendiri merupakan perusahaan yang menawarkan jasa konsultansi di berbagai bidang, salah satunya adalah jasa aktuaria. PwC melihat jeli kebutuhan aktuaris di Indonesia beberapa tahun ini sangatlah tinggi, oleh karena itu, PwC memberikan jasa konsultan aktuaria.

Suasana kuliah umum pada Selasa, 14 November 2017 di Universitas Prasetiya Mulya, Kampus BSD.

Nico Pramudita (Senior Associate – Actuarial Services) dan Rheza Tamin (Associate – Actuarial Services) pada Selasa, 14 November 2017 lalu memberikan pandangan dan info menarik dari profesi aktuaris kepada para mahasiswa/i S1 Business Mathematics angkatan 2017 di Prasmul, kampus BSD. Menurut Rheza, kebutuhan aktuaris di Indonesia sangatlah tinggi, terlihat dari perbandingannya 1:1.000.000.

(Ki-Ka): Bapak Maydison Ginting, Ph.D selaku Ketua Prodi S1 Business Mathemathics bersama Nico Pramudita (Senior Associate – Actuarial Services)  PwC Indonesia.

Rheza menambahkan, untuk meraih titel sebagai aktuaris, para mahasiswa harus mulai ‘mencicil’ untuk mengikuti ujian Associate Society of Actuaries of Indonesia (ASAI) dari Persatuan Aktuaris Indonesia. “Karena kebutuhannya makin meningkat, maka kalian mencicil ujiannya sejak dini agar ketika lulus nanti untuk mendapatkan sertifikasi ASAI tidak terlalu lama mengambilnya.”

Penyerahan Piagam Penghargaan dari S1 Business Mathematics Prasmul kepada salah satu pembicara, Rheza Tamin (Associate – Actuarial Services) PwC Indonesia.

Lain halnya dengan Nico yang sebelumnya sudah mempunyai pengalaman menjadi aktuaris sebelum menjadi konsultan di PwC. Menurutnya, baik bekerja di industri atau sebagai konsultan, keduanya merupakan hal yang menarik. “Jika bekerja di industri atau perusahaan, kalian akan lebih fokus dengan apa yang dikerjakan karena tahu internal perusahannya, tetapi pengetahuan eksternalnya akan kurang. Sedangkan jika menjadi konsultan, kalian hanya berdasar oleh data yang klien berikan tidak sampai mendasar, namun pengetahuan dunia luarnya akan terbuka lebar. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya,” ujarnya. (*DDN)

 

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • Ayo Sukseskan!
@asiangames2018
18th Asian Games 2018
Jakarta-Palembang
.
Bangga rasanya menjadi negara tuan rumah dan menyambut ribuan atlet berbakat se-Asia ke tanah air. Universitas Prasetiya Mulya mendukung penuh kelancaran dan kesuksesan Asian Games 2018. Semangat untuk para kontingen!
.
#AsianGames2018 #EnergyOfAsia #SukseskanAsianGames2018 #Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #TuanRumahBaik #Indonesia #Jakarta #Palembang
  • Apakah makna Kekayaan yang sesungguhnya bagi Anda? Lantas, sudahkah Anda menggunakan teknologi secara optimal untuk meraih Kekayaan di era modern ini? 
Tahun ini, PermataBank berkolaborasi dengan S1 Event Prasetiya Mulya mempersembahkan Wealth Wisdom, the Largest Wholistic Wealth Conference in Indonesia, sebuah upaya mengedukasi masyarakat Indonesia tentang makna kekayaan yang melebihi uang dan materi. Dengan mengusung tema "Mind, Body, Soul,+Tech", WealthWisdom mengajak Anda untuk memaknai Kekayaan secara holistik dalam berbagai aspek kehidupan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk terinspirasi oleh lebih dari 30 Kelas yang dibawakan para speakers andal, beragam sesi Workshop, Wealth Bazaar, Property Expo, dan Shopalogic Museum di #WealthWisdom2018.

Info jadwal kelas dan tiket, klik : www.WealthWisdom.id 
#jakarta #event #jakartaevent #pacificplace #wealth #conference #expo #indonesia #permatabank #prasmul #universitasprasetiyamulya #prasertiyamulya
  • Why Learn Business Economics? 
In Business Economics, you will learn how to apply economic theories to solve business problems whilst analysing and forecasting the world's economic situation as well as issues that can influence strategic business decisions. This program utilizes English language in order to better prepare you for the global working environment. 
#S1BusinessEconomics #BusEconPrasMul #prasmul #prasetiyamulya #universitasprasetiyamulya #businesseconomics #businessschool #schoolofbusiness

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!

Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

Juli 2018

Juni 2018

Mei 2018