Cerita Prasmul

Kuliah Umum: Mahasiswa S1 Business Mathematics Mengenal Lebih Dekat Profesi Aktuaris

Jakarta – 15 November 2017. Permintaan akan profesi aktuaris bagi Negara berkembang semakin meningkat setiap tahunnya. Namun, pengembangan ilmu aktuaria di Indonesia terus menghadapi tantangan, seperti kurangnya aktuaris dengan latar pendidikan formal ilmu aktuaria, pembelajaran ilmu aktuaria yang tidak memadai, kurangnya dosen ilmu aktuaria, serta rendahnya kesadaran masyarakat tentang ilmu aktuaria dan peluang karirnya.

Jika ditelisik lebih lanjut, dilansir dari website resmi aktuaris.co.id, definisi aktuaris adalah:

Seorang ahli yang dapat mengaplikasikan teori matematika, probabilita dan statistika, serta ilmu ekonomi dan keuangan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan aktual pada sebuah bisnis, khususnya yang berhubungan dengan risiko.

Untuk lebih membuka wawasan dan mengenalkan peluang profesi tersebut kepada mahasiwa dan mahasiswi Prasetiya Mulya, jurusan S1 Business Mathematics mengadakan kuliah umum yang bertajuk “The Actuary of Tomorrow”.

Mengabadikan momen bersama para pembicara di acara kuliah umum perdana bagi mahasiswa/i S1 Business Mathematics Prasmul.

Kuliah umum ini menghadirkan pembicara dari PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia. PwC sendiri merupakan perusahaan yang menawarkan jasa konsultansi di berbagai bidang, salah satunya adalah jasa aktuaria. PwC melihat jeli kebutuhan aktuaris di Indonesia beberapa tahun ini sangatlah tinggi, oleh karena itu, PwC memberikan jasa konsultan aktuaria.

Suasana kuliah umum pada Selasa, 14 November 2017 di Universitas Prasetiya Mulya, Kampus BSD.

Nico Pramudita (Senior Associate – Actuarial Services) dan Rheza Tamin (Associate – Actuarial Services) pada Selasa, 14 November 2017 lalu memberikan pandangan dan info menarik dari profesi aktuaris kepada para mahasiswa/i S1 Business Mathematics angkatan 2017 di Prasmul, kampus BSD. Menurut Rheza, kebutuhan aktuaris di Indonesia sangatlah tinggi, terlihat dari perbandingannya 1:1.000.000.

(Ki-Ka): Bapak Maydison Ginting, Ph.D selaku Ketua Prodi S1 Business Mathemathics bersama Nico Pramudita (Senior Associate – Actuarial Services)  PwC Indonesia.

Rheza menambahkan, untuk meraih titel sebagai aktuaris, para mahasiswa harus mulai ‘mencicil’ untuk mengikuti ujian Associate Society of Actuaries of Indonesia (ASAI) dari Persatuan Aktuaris Indonesia. “Karena kebutuhannya makin meningkat, maka kalian mencicil ujiannya sejak dini agar ketika lulus nanti untuk mendapatkan sertifikasi ASAI tidak terlalu lama mengambilnya.”

Penyerahan Piagam Penghargaan dari S1 Business Mathematics Prasmul kepada salah satu pembicara, Rheza Tamin (Associate – Actuarial Services) PwC Indonesia.

Lain halnya dengan Nico yang sebelumnya sudah mempunyai pengalaman menjadi aktuaris sebelum menjadi konsultan di PwC. Menurutnya, baik bekerja di industri atau sebagai konsultan, keduanya merupakan hal yang menarik. “Jika bekerja di industri atau perusahaan, kalian akan lebih fokus dengan apa yang dikerjakan karena tahu internal perusahannya, tetapi pengetahuan eksternalnya akan kurang. Sedangkan jika menjadi konsultan, kalian hanya berdasar oleh data yang klien berikan tidak sampai mendasar, namun pengetahuan dunia luarnya akan terbuka lebar. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya,” ujarnya. (*DDN)

 

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • The Host Afternoon Tea, Welcoming New Family of S1 Hospitality Business 😊

Yuk, seru-seruan bareng S1 Hospitality Business! 
Di acara ini akan ada sharing info mengenai karir dan peluang bisnis di industri hospitality bersama para praktisi dan dosen Prasmul.

Informasi lebih lanjut kamu bisa chat melalui nomor WA : 0812 8523 0703 (Yurisa) / Line : prasmultourism
  • [GIVEAWAY]

Untuk kalian yang belum berkesempatan memenangkan tiket gratis, sekarang adalah kesempatan kalian! Yuk, Ikuti dan menangkan giveaway dari kami yaitu dengan mencari kata sesuai dengan clue!
(Clue: Makanan khas Bali) 
2 Pemenang dari KUIS akan mendapatkan masing-masing 2 TIKET pertunjukan teater Sanskerta 2018: Rahwana. Saksikan SANSKERTA 2018 dan carilah kata tersebut!
-
Ketentuan:
- Follow akun instagram @sanskerta_id
- Jawab pertanyaan di comment beserta mention 3 teman anda
- Pemilihan pemenang bagi peserta kuis yang memberikan jawaban yang sama atau serupa akan kami pilih secara acak
- Account tidak di-private
- Batas akhir giveaway ini adalah 20 Mei 2018
- Hanya akan ada 2 pemenang yang akan diumumkan di akun resmi @sanskerta_id tanggal 21 MEI 2018
-
Tunggu apa lagi? Jangan lewatkan GIVEAWAY SANSKERTA 2018: RAHWANA dan menangkan hadiahnya!
-
*Syarat dan ketentuan berlaku
-
#Sanskerta2018
#Rahwana
#KamiYangBerbudaya
  • Marhaban Ya Ramadhan

Segenap keluarga besar Universitas Prasetiya Mulya mengucapkan Selamat menunaikan Ibadah Puasa 1439 H bagi yang menjalankan. Semoga Ramadhan tahun ini membawa keberkahan.

#ramadan #ramadhan #marhabanyaramadhan #UniversitasPrasetiyaMulya #prasmul #bulanpuasa #happyfasting #ramadankareem #bulanramadhan

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!

Prasmul on Media