Cerita Prasmul

Kegiatan Studi Banding Sebagai Mula Penyebaran Semangat Wirausaha di Indonesia

Berangkat dari permintaan Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan, Prasetiya Mulya bekerja sama dengan Bina Nusantara untuk melakukan kegiatan studi banding bersama para pengajar Politeknik kelautan serta Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM). Kegiatan yang berlangsung sejak akhir November ini dilakukan untuk menanamkan jiwa kewirausahan ke seluruh penjuru Indonesia.

Meramu materi pembelajaran bersama Binus, kegiatan studi banding ini dimulai dengan workshop yang dilakukan serentak ke sekolah-sekolah tujuan, antara lain di Waiheru, Pariaman, Belitung, Sidoarjo, serta Jakarta. Setelah itu, para kepala sekolah Politeknik dan SUPM diundang ke kampus Prasmul pada hari Kamis (13/12) lalu agar mereka semakin memahami pentingnya menanamkan jiwa entrepreneurship pada pelajar generasi penerus bangsa.

Mahasiswa S1 Business mempresentasikan ide bisnis mereka.

“Kami mengenalkan para pengajar pada visi, misi, serta proyek-proyek yang sedang dijalankan Prasmul,” Ibu Elisabeth Novira da Silva, S.Sos, MBA, Faculty Member S1 Business Universitas Prasetiya Mulya, menjelaskan. “Nantinya, sekolah-sekolah tersebut akan menjadi badan layanan umum. Artinya, mereka harus mencari dana sendiri. Karena hal tersebut, peserta studi banding ini sangat antusias dalam mempelajari kewirausahaan.”

Peserta studi banding mendengarkan materi pembelajaran dengan serius dan antusias.

Menurut Ibu Elisabeth, permasalahan utama yang perlu dibasmi adalah pola pikir negatif tentang keterbatasan dana dan ide yang tidak matang. Para kepala sekolah pun mengaku bahwa kadang bukan produk saja yang menjadi persoalan, melainkan pemahaman kurang mengenai pemasaran. Maka dari itu, Prasmul mengajak beberapa mahasiswa S1 Business untuk mempresentasikan thought process dan produk mereka yang telah dibangun selama masa pembelajaran di kelas.

“Kami di sini untuk menginspirasi,” ujar Ibu Elizabeth. “Kami harap dengan kegiatan ini, para peserta studi banding dapat turut menularkan inspirasi tersebut ke murid-murid mereka agar seluruh masyarakat dapat menciptakan proyek mereka sendiri.”

Prasetiya Mulya dan Politeknik menantikan kerja sama berikutnya.

Melalui kegiatan studi banding, Ibu Elizabeth juga ingin terus menyebarkan “virus” kewirausahaan di Indonesia agar bisnis-bisnis tak hanya menjamur di Ibu Kota saja. Melihat semangat belajar pihak Politeknik dan SUPM yang sudah tinggi, sang Faculty Member percaya bahwa hal tersebut dapat direalisasikan.

“Ini adalah tugas kami sebagai pengajar, untuk bantu mendidik bangsa. Semuanya di mulai dari hal kecil seperti ini,” tutup Ibu Elizabeth.

Avatar

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • Selamat Jumat Agung bagi yang merayakan. Rahmat, Cinta Kasih dan Berkat Tuhan semoga  mengelilingi kamu.
.
#prasmul #prasetiyamulya #jumatagung #goodfriday
  • ATTENTION: Win Your Future is now running at Pondok Indah Mall! WYF akan berlangsung hingga 21 April 2019 mendatang. So, what are you waiting for? Temukan booth kami, sampaikan ide bisnis kamu melalui coaching clinic, experience real learning and join in the movement!
.
Dicetuskan oleh Universitas Prasetiya Mulya, Win Your Future merupakan sebuah gerakan untuk para anak muda yang ingin menyuarakan ide bisnis mereka sekaligus belajar cara mewujudkannya. Sebelumnya, WYF telah berkunjung ke Gandaria City serta Botani Square.
.
Di ajang ini, kamu juga punya kesempatan untuk melihat secara langsung inovasi produk mahasiswa/i Prasetiya Mulya. Selain itu, kami juga hadir untuk memberikan info lengkap seputar program studi S1 dan MM Prasetiya Mulya.
.
Win Your Future
Atrium Pondok Indah Mall 2
15-21 April 2019
____

#wyf #prasmul #bisnisanakmuda #belajarbisnis #mulaibisnis #generasiemas #bisnis #tips #tipsbisnis
  • Satu suara kamu akan memengaruhi hasil akhir pemilihan umum. Jadilah seorang nasionalis sejati dengan berkontribusi pada masa depan bangsa Indonesia. Selamat hari pemilu!

#prasmul #prasetiyamulya #pemilu2019 #yuknyoblos #17april2019 #Indonesia
Competition 2018

Berikut ini adalah artikel yang telah diterima tim redaksi Cerita Prasmul untuk Cerita Prasmul Competition 2018

Peserta

Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!