Cerita Prasmul

Intip Inovasi Prasmulyan untuk Berbagai Generasi di Entrepreneur Day 2020

Meski telah dilaksanakan belasan kali di tahun-tahun sebelumnya, nampaknya Universitas Prasetiya Mulya tak akan pernah kehabisan talenta dan kreasi bisnis baru. Buktinya, di tahun 2020 ini, Entrepreneur Day sukses dilangsungkan untuk yang ke-12 kalinya! Berbeda dengan acara tahun lalu yang berlangsung di Kuningan City, tahun ini The Forum Lippo Mall Puri lah venue yang dipilih untuk memamerkan 87 karya Prasmulyan semester 1 dan 3. 

Sesuai dengan tema “Intergenerational” yang diangkat, mahasiswa ditantang untuk menciptakan produk maupun jasa yang unik dan inovatif untuk berbagai generasi. “(dengan adanya tema ini) harapannya mahasiswa terbuka wawasannya bahwa potential customer mereka bukan hanya orang sepantaran saja; generasi sebelum dan sesudah mereka pun perlu dilayani,” ujar Ibu Elisabeth Novira da Silva selaku wakil manajer program S1 Bisnis.

Jangan Lupakan Para Lansia

45 dari 87 tenant di acara yang berlangsung pada 18-19 Januari lalu ini adalah ciptaan mahasiswa semester pertama. Mengikuti mata kuliah Technology-Based Business, mereka diminta untuk memunculkan sebuah produk atau jasa yang mempermudah para lansia dari segi kesehatan, kesejahteraan, mobilitas, hingga kehidupan sosial. 

Tak sembarang berinovasi, Prasmulyan diharuskan menggali keluh kesah dan kebutuhan calon konsumen agar inovasi yang dihasilkan menjadi impactful. Tapi nggak boleh mewawancarai nenek atau kakek sendiri, lho! Mereka harus mendatangi panti werdha ataupun orang tua lain yang sesuai dengan segmen pasar tujuan. 

Salah satu karya yang menarik perhatian Cerita Prasmul hari itu bernama Lanjoet alias Lansia Joetawan. Dibuat dalam bentuk website, platform ini akan menghubungkan para lansia yang masih ingin bekerja dengan perusahaan atau UMKM yang membutuhkan jasa mereka. 

“Ini akan menjadi semacam Jobstreet, tapi khusus lansia,” ungkap Ahmad Fadhil Marta, perwakilan dari Lanjoet. Menurut Fadhil, terlepas kondisi kesehatannya, pengalaman hidup dan pengalaman kerja para lansia sesungguhnya bisa menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan. “Apalagi saat generasi kita yang gila kerja dan mahir berteknologi ini menua, website ini akan sangat kita butuhkan!” tambahnya dengan yakin.

Ragam Kreasi Untuk Ragam Kebutuhan

Dikategorikan dalam produk kriya, beauty, tech, foods, beverages, fashion, hingga  chemical, mahasiswa mata kuliah Business Creation diberi kebebasan untuk memilih segmen pasar manapun yang mereka inginkan. Tak seperti karya Prasmulyan semester 1 yang masih berbentuk prototype, kreasi mahasiswa semester 3 ini sudah bisa dibeli langsung oleh pengunjung, lho! Ini dia produk-produk pemenang dari setiap kategori Business Creation

Kategori Makanan: Treats by Terra
Tart yang diisi oleh puding susu lembut berperisa moringa, serta ditaburi potongan almond di atasnya.

Kategori Minuman: Frugon
Olahan buah naga berbentuk minuman dan puding yang sehat, unik, dan bervariasi.

Kategori Kriya: Anyara
Tas eco friendly yang terbuat dari anyaman pandan dan kulit, lalu dihiasi tenun toraja.

Kategori Fashion: Khosaki
Kaos kaki mismatched pertama di Indonesia yang terbuat dari serat bambu.

Kategori Beauty: Helai
Dry shampoo berbentuk lembaran yang compact dan mudah dibawa kemanapun.

Kategori Chemical: Nore
Deterjen berbentuk stick yang diciptakan khusus untuk membersihkan noda menstruasi 

Kategori Technology: N.Y.S.M.
T-Shirt bercorak flora dan fauna langka Indonesia yang digabungkan dengan teknologi Augmented Reality

Yang Lainnya Dari Entrepreneur Day 2020

Entrepreneur Day memang diramaikan dengan berbagai kreasi mahasiswa S1 Business Prasetiya Mulya. Tapi, pameran bukan satu-satunya aktivitas di sana! Talkshow kesehatan, fashion show, workshop merias wajah & merangkai bunga, serta penampilan dari Reality Club menjadi aktivitas yang turut memeriahkan acara tahunan ini.

Berbagai kegiatan tersebut lah yang mengundang kedatangan pengunjung, serta membuat acara ini berbeda dari thematic bazaar lainnya. Karen, salah seorang pengunjung yang terlihat sedang memborong produk Khosaki mengatakan, “Awalnya sih yakin nggak akan beli apa-apa karena cuma mau nonton Reality Club. Tapi susah banget nahan diri untuk nggak belanja barang-barang lucu di sini!” 

Nah! Itu dia keseruan dari acara tahun ini. Nantikan ide-ide baru yang nggak kalah menarik di Entrepreneur Day tahun depan, ya! See you!

Witha Shofani

Witha Shofani

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Lebih dari 90 tahun lalu, pemudi-pemuda Indonesia berkumpul untuk mengikrarkan tiga cita-cita negeri; Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa. Kini, asas tersebut harus tetap berkobar di benak generasi muda modern. 

Mari sambungkan bahu untuk menggelorakan pemajuan Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

#Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #SumpahPemuda #Indonesia #IndonesiaMaju #KampusIndonesia #HariNasional #ForwardThinking
  • “The mind and body are not separate. What affects one, affects the other.”

Karena bersifat multifungsi, lapangan ini sering digunakan untuk beragam kegiatan mahasiswa seperti workshop, ospek, dan perkumpulan organisasi. Tapi jangan salah, Prasmulyan tidak jarang ditemukan sedang berolahraga dan berkompetisi bersama teman-temannya, apalagi menjelang sore hari. Lapangan ini pun sangat bermanfaat untuk Student Activity Club yang berbasis sports. 

Olahraga bukan hanya untuk membakar lemak, tapi juga menyehatkan pikiran sehingga kamu semakin mudah menyerap ilmu. Apakah kalian tetap rajin berolahraga di masa e-learning ini?

#CampusSpot #CampusLife #Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #KampusBSD #Prasmulyan #KampusIndonesia #SekolahBisnis #StudentActivityClub #Q#quoteoftheday✏️
  • Setelah mengikuti kompetisi @pmic.id di Prasmul sewaktu SMA, @limowenn langsung tertarik menjadi Prasmulyan S1 Finance & Banking. Sekarang, setelah satu tahun menempuh perkuliahan, ia sudah menjalin hubungan erat dengan teman-teman dan mentornya. Ini yang membuat Owen sangat rindu dengan perkuliahan, terutama di masa e-learning ini.

Masing-masing jurusan di Prasmul membuka ruang bagi tiap mahasiswa untuk belajar, bertumbuh sebagai individu, dan berkoneksi. Telusuri lebih lanjut di ajang Online Info Session! Catat tanggalnya, lalu ajak orang tua dan teman-temanmu untuk ikut serta!

S1 Online Info Session  Angkatan 2021
Sabtu, 24 Oktober 2020

School of Applied STEM Session
09.00 - 11.30 WIB

School of Business & Economics Session
13.30 - 16.00 WIB

Registrasi di prasmul.link/infosession

Learn the Prasmulyan way. THINK LIMITLESS.

Info lebih lanjut hubungi ‪081511662005‬ / ‪08124111660‬ 

#Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #PrasmulyaninFrame #BehindtheScenes #KampusBSD #CampusLife #KampusIndonesia #Finance #Banking #InfoSession #OnlineEvent
Translate »
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

[nextpage title=”1″ ]

September 2018

[/nextpage][nextpage title=”2″ ]

Agustus 2018

[/nextpage][nextpage title=”3″ ]

Juli 2018

Juni 2018

[/nextpage][nextpage title=”4″ ]

Mei 2018

April 2018

[/nextpage][nextpage title=”5″ ]

Maret 2018

[/nextpage][nextpage title=”6″ ]

Februari 2018

[/nextpage][nextpage title=”7″ ]

Januari 2018

Oktober 2017

Oktober 2017

[/nextpage][nextpage title=”8″ ]

September 2017

Agustus 2017

[/nextpage]