Cerita Prasmul

Ini yang Perlu Kamu Persiapkan Sejak Dini untuk Study Abroad

Menjadi Prasmulyan pastinya membuatmu familier dengan ragam industri dalam negeri dan segala permasalahannya. Untuk kamu yang masih ingin memperluas pengetahuan, Universitas Prasetiya Mulya membuka kesempatan bagi mahasiswa semester 5 dan 6 untuk menambah international exposure dengan belajar di berbagai universitas luar negeri.

Tak bisa dipungkiri, bersekolah di luar negeri bukanlah hal yang mudah. Jauh dari rumah, serta harus beradaptasi dengan kultur negara dan pola pendidikan yang baru, pastinya menjadi sebuah tantangan berat yang harus kamu tangani seorang diri. On the bright side, bersekolah di luar negeri juga akan membuatmu lebih mandiri, banyak teman, berpikiran luas, dan banyak lagi.

“Coworking among diverse background and characters, drive me to give the best out of my own limit. Besides academic purpose, I’ve learned a lot of life lessons, and more importantly, how to keep on striving into the future and while exploring the wonders of earth in Taiwan,”

Ricky Chaiyadi, Business 2016 (National Taiwan University)

Berbagai dampak positif itulah yang mendorong Universitas Prasetiya Mulya mengadakan Study Abroad Day 2019 pada Selasa (24/09) lalu. Pada acara ini, terdapat sesi presentasi dan tanya-jawab dari 15 universitas yang telah bekerja sama dengan Universitas Prasetiya Mulya, seperti Tsinghua University, Boston University, National Taiwan University, dan University of South Alabama.

Tak hanya mendengarkan presentasi dari universitas, Prasmulyan juga dapat bertanya langsung di booth yang ada

Selain presentasi dari setiap universitas rekanan, acara tersebut juga menjelaskan mengenai hal yang harus Prasmulyan persiapkan bila ingin study abroad di semester 5 & 6. Sebetulnya apa saja sih yang perlu diperhatikan? 

Lengkapi dokumen study abroad-mu

Terdapat berbagai dokumen penting yang harus kamu siapkan untuk dapat mengikuti proses seleksi internal Universitas Prasetiya Mulya, seperti:

  • CV
  • Formulir pendaftaran study abroad
  • Hasil tes kecakapan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL IBT)
  • Transkrip akademik
  • Surat rekomendasi dari manajer program studi
  • Surat izin orang tua, dan
  • Karya tulis berbentuk esai

Tanpa dokumen tersebut, proses pendaftaran kamu tidak akan berlanjut ke tahapan selanjutnya. Jadi, cek ulang kelengkapan datamu sebelum mendaftar, ya!

Kuatkan mental & perhatikan sikapmu

Setelah mendaftar, kamu akan memasuki tahapan interview. Pada tahapan ini, interviewer akan melihat kesiapanmu untuk melakukan study abroad. Meski IPK-mu melebihi 3.00, interviewer masih bisa menolak aplikasimu jika kamu dinilai masih belum berani untuk bertarung dengan ribuan mahasiswa lain di universitas tujuan.

Ibu Galih Sakitri, Kepala UPT Kerjasama dan Kemitraan Bisnis Internasional sekaligus pewawancara saat seleksi peserta

“Meski IPK siswa di atas batas minimal, namun fighting spirit-nya rendah, dia pasti akan kesulitan beradaptasi di dunia baru. Pertimbangan lain kami adalah attitude siswa,” ujar Ibu Galih Sakitri selaku Kepala UPT Kerjasama dan Kemitraan Bisnis Internasional. “Kami harus memastikan bahwa perwakilan Universitas Prasetiya Mulya memiliki attitude yang baik di mata dunia.”

Be aware!

Lulus seleksi dokumen dan interview bukan berarti proses pendaftaran dinyatakan selesai. Mahasiswa masih harus berkonsultasi dengan manager program, mengirimkan pendaftaran di universitas tujuan, memilih dormitory (re: tempat tinggal), serta menyiapkan setumpuk dokumen lainnya. Untuk itu, siswa dituntut untuk lebih aware dan teliti dalam mengikuti setiap tahapan pendaftaran.

Orangtua turut diundang untuk mendengarkan penjelasan mengenai study abroad

Meskipun study abroad hanya diperuntukkan bagi mahasiswa semester 5 & 6, tidak ada salahnya jika kamu yang masih di semester 1,2, atau 3 mulai mempersiapkan diri dan mengumpulkan dokumen sejak sekarang.

So, are you ready for your next life-escalating experience? Temukan informasi lebih lengkap di sini

Witha Shofani

Witha Shofani

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • "Aku cocoknya kuliah di jurusan apa, nih?" "Selain belajar, kegiatan mahasiswa apa saja yang bisa kita ikuti?" "Tes masuknya seperti apa, sih?" "Berapa ya biaya kuliah di Prasmul?" "Prasmul punya program beasiswa, nggak?" Jangan khawatir jika pikiranmu masih dipenuhi pertanyaan-pertanyaan tersebut. Di bulan Desember ini, kami siap datang ke mall favoritmu, dan berbagi tentang 14 jurusan dan proses pembelajaran di Prasmul.

Siapkan pertanyaanmu dan temui kami di

Lippo Mall Puri
Lower Ground Floor (LG)
2 - 8 Desember 2019

Daripada tanya Google, lebih baik ASK Prasmul aja!
  • Get acquainted with the first program leading to Doctoral Degree in Entrepreneurship in Indonesia.

Whether you are currently climbing the corporate career ladder or have occupied a senior or top position in a company, we would like to invite you to join us for the soft launching of Prasetiya Mulya Management & Entrepreneurship Doctoral Program. “The application of theoretical knowledge to the advancement of complex problem solving”

Time	:	Saturday, December 7th, 2019
Venue	:	Universitas Prasetiya Mulya, Cilandak Campus

Panelists:
Prof Agus W. Soehadi (Dean of School of Business and Economics)
Dr. Faizal R. Djoemadi (Digital Business Director of PT. Telkom)
Dr. Eko Jatmiko Utomo (Human Capital Advisor of PT. Perusahaan Gas Negara)

Found out how our doctoral program facilitates skilled professionals to venture out of their comfort zone and expand their competencies as business leaders through elaborate interdisciplinary research.

Register and confirm your attendance via prasmul.link/s3prasmul
  • Faktanya, Prasetiya Mulya terus memotivasi mahasiswa untuk mengikuti berbagai kompetisi akademis karena di situlah wadah untuk mengasah skill serta menjalin koneksi.

Tapi bukan itu saja, Prasetiya Mulya juga 100% mendukung keaktifan mahasiswa di luar kampus, lho. Ketika mendengar ada mahasiswa yang sukses mengubah keterampilan atau hobi menjadi prestasi, Prasmul pun turut berbahagia dan bangga!

Berikut Prasmul Champions di bulan November. Congratulations, guys!

#PrasmulChampions
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!