Cerita Prasmul

Ini dia Inovasi Mahasiswa STEM Prasmul Yang Tampil di Panggung Dunia

Memiliki kesempatan hidup dan berkembang di era inovasi memang suatu kesempatan yang wajib dijalani secara maksimal. Salah satu contoh semangat berkreasi dan berkolaborasi untuk menghadirkan dampak positif bagi masyarakat dilakukan oleh Gede Herry Arum Wijaya, mahasiswa S1 Entrepreneurial Energy Engineering Prasetiya Mulya.

Generasi milenial asal Bali ini sadar betul bahwa Indonesia memiliki problematika dalam hal pemilahan sampah, ditambah lagi dengan kurangnya kesadaran masyarakat untuk tertib memilah sampah. Negara dengan penduduk terbanyak no-4 di dunia ini, membutuhkan suatu inovasi yang memudahkan penduduknya untuk memilah sampah secara mudah dan cepat layaknya Smart Trash Can yang digagas Herry dan rekannya, Ni Putu Gita Naraswati.

Prototipe smart trash can karya Gede Herry Arum Wijaya.

Menariknya, Prototipe Smart Trash Can yang digagas oleh Herry dan kawannya ini berhasil terpampang di sejumlah pameran berskala nasional hingga global. Pada Juli tahun ini, Herry memboyong inovasinya ke Nagoya, Jepang untuk mengikuti ajang International Exhibition for Young Inventors 2017. Invensi putra-putri asal pulau Bali ini pada akhirnya berhasil meraih medali emas dalam kategori green technology di ajang tersebut. Mereka juga mengalungi predikat Special Award dari Macau.

Herry mengikuti pameran IEYI 2017 di Nagoya, Jepang.

Prestasi emas Herry lantas membawanya menjadi salah satu penerima Penghargaan Remaja Berprestasi Tingkat Internasional oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam Indonesia Science Expo 2017.

Momen saat memperoleh penghargaan Remaja Berprestasi Tingkat Internasional oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam Indonesia Science Expo 2017.

Penasaran seperti apa Smart Trash Can beroperasi? Berikut pemaparan Herry untuk ceritaprasmul.com

Smart Trash Can merupakan tong sampah inovatif yang didesain khusus agar dapat menentukan jenis sampah yang akan dibuang. Prototipe Smart Trash Can ini tersusun atas 4 tong sampah dengan kategori organik, plastik, metal, dan kaca.

Di bagian depan tong sampah terdapat sensor yang terbuat dari plat logam alumunium yang akan membaca nilai kapasitansi dari setiap sampah yang akan dibuang. Pada tutup tong sampah terdapat motor servo yang akan membuka tutup tong sampah secara otomatis sesuai dengan jenis sampah yang akan dibuang. Semua perangkat input dan output sudah diprogram pada cip mikrokontroler Arduino ATmega328.

Ilustrasi: Mikrokontroler Arduino ATmega328.

Mekanisme kerja yang sangat sederhana akan mempermudah masyarakat dalam memilah sampah. Sebelum membuang sampah, sampah harus ditempelkan terlebih dahulu ke salah satu sensor yang ada di depan tong sampah. Apabila sampah yang ditempelkan sesuai dengan kategorinya, makan tutup tong sampah akan terbuka secara otomatis.

Menariknya, jika seseorang ingin membuang sampah organik namun menempelkannya pada sensor di tong sampah metal, maka tutup tong sampah organik akan terbuka secara otomatis, karena sistem telah membaca bahwa sampah tersebut merupakan sampah organik.

Herry dengan bangga menggunakan udeng (ikat kepala) khas Bali sembari mengibarkan bendera Indonesia di Nagoya, Jepang.

Mekanisme kerja seperti itu secara tidak langsung memaksa masyarakat untuk memilah sampah terlebih dahulu sebelum membuangnya ke tong sampah. Hal yang terdengar sepele tersebut akan membawa dampak besar jika ditanamkan dalam kehidupan masyarakat.

Pasalnya, sampah yang sudah terpilah akan lebih mudah untuk dimanfaatkan, seperti sampah organik yang bisa diolah menjadi kompos, hingga sampah plastik yang bisa didaur ulang. Inovasi ini juga dapat menjadi media pembelajaran untuk anak-anak. Dengan adanya prototipe ini, inventor berharap penemuan ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh pemerintah agar tertanam budaya pemilahan sampah di masyarakat.

Salut atas inovasi yang digagas Herry dan Gita. Semoga langkah mereka bisa menggerakan semangat Prasmulyan lainnya untuk terus berkarya bagi pemajuan bangsa yang lebih baik!.

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Lebih dari 90 tahun lalu, pemudi-pemuda Indonesia berkumpul untuk mengikrarkan tiga cita-cita negeri; Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa. Kini, asas tersebut harus tetap berkobar di benak generasi muda modern. 

Mari sambungkan bahu untuk menggelorakan pemajuan Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

#Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #SumpahPemuda #Indonesia #IndonesiaMaju #KampusIndonesia #HariNasional #ForwardThinking
  • “The mind and body are not separate. What affects one, affects the other.”

Karena bersifat multifungsi, lapangan ini sering digunakan untuk beragam kegiatan mahasiswa seperti workshop, ospek, dan perkumpulan organisasi. Tapi jangan salah, Prasmulyan tidak jarang ditemukan sedang berolahraga dan berkompetisi bersama teman-temannya, apalagi menjelang sore hari. Lapangan ini pun sangat bermanfaat untuk Student Activity Club yang berbasis sports. 

Olahraga bukan hanya untuk membakar lemak, tapi juga menyehatkan pikiran sehingga kamu semakin mudah menyerap ilmu. Apakah kalian tetap rajin berolahraga di masa e-learning ini?

#CampusSpot #CampusLife #Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #KampusBSD #Prasmulyan #KampusIndonesia #SekolahBisnis #StudentActivityClub #Q#quoteoftheday✏️
  • Setelah mengikuti kompetisi @pmic.id di Prasmul sewaktu SMA, @limowenn langsung tertarik menjadi Prasmulyan S1 Finance & Banking. Sekarang, setelah satu tahun menempuh perkuliahan, ia sudah menjalin hubungan erat dengan teman-teman dan mentornya. Ini yang membuat Owen sangat rindu dengan perkuliahan, terutama di masa e-learning ini.

Masing-masing jurusan di Prasmul membuka ruang bagi tiap mahasiswa untuk belajar, bertumbuh sebagai individu, dan berkoneksi. Telusuri lebih lanjut di ajang Online Info Session! Catat tanggalnya, lalu ajak orang tua dan teman-temanmu untuk ikut serta!

S1 Online Info Session  Angkatan 2021
Sabtu, 24 Oktober 2020

School of Applied STEM Session
09.00 - 11.30 WIB

School of Business & Economics Session
13.30 - 16.00 WIB

Registrasi di prasmul.link/infosession

Learn the Prasmulyan way. THINK LIMITLESS.

Info lebih lanjut hubungi ‪081511662005‬ / ‪08124111660‬ 

#Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #PrasmulyaninFrame #BehindtheScenes #KampusBSD #CampusLife #KampusIndonesia #Finance #Banking #InfoSession #OnlineEvent
Translate »
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

[nextpage title=”1″ ]

September 2018

[/nextpage][nextpage title=”2″ ]

Agustus 2018

[/nextpage][nextpage title=”3″ ]

Juli 2018

Juni 2018

[/nextpage][nextpage title=”4″ ]

Mei 2018

April 2018

[/nextpage][nextpage title=”5″ ]

Maret 2018

[/nextpage][nextpage title=”6″ ]

Februari 2018

[/nextpage][nextpage title=”7″ ]

Januari 2018

Oktober 2017

Oktober 2017

[/nextpage][nextpage title=”8″ ]

September 2017

Agustus 2017

[/nextpage]