Cerita Prasmul

EURECA 2020: Mempersiapkan Generasi Muda Hadapi Economic Turbulence

Kompetisi bisnis merupakan salah satu cara melatih calon wirausahawan dan profesional muda menghadapi pergolakan ekonomi masa depan. Maka dari itu, Student Board Universitas Prasetiya Mulya menyelenggarakan Entrepreneur Creative Challenge alias EURECA pada 26-29 Februari lalu. Memasuki ajang ke-10, EURECA 2020 berlangsung lebih besar dan meriah dari tahun-tahun sebelumnya!

Belajar Menemukan Kesempatan Ekonomi

EURECA merupakan kompetisi bisnis berskala nasional yang terdiri dari tiga kategori kompetisi, yaitu Business Plan Competition (BPC), Marketing Plan Competition (MPC), serta Management Debate Competition (MDC). Setiap tahun, kompetisi ini mengangkat satu topik utama sebagai panduan bagi para peserta sekaligus meningkatkan awareness terhadap suatu situasi ekonomi. Untuk EURECA 2020, tema yang diusung adalah STEADFAST, yang bermakna “Seizing Economic Turbulence to Achieve Sustainability”

Dr. Ida Juda (kedua dari kiri) meresmikan pembukaan EURECA 2020.

Turbulence tahun ini sangat luar biasa,” ungkap Dr. Ida Juda selaku Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama Universitas Prasetiya Mulya. “Misalnya persaingan antar negara, banjir di berbagai daerah Indonesia, dan sekarang sedang gembornya perihal corona virus. Mau tidak mau, semua hal tersebut pasti menyebabkan pergolakan secara ekonomi.” 

Tatra Sasikirana memukau peserta EURECA 2020 dengan tarian tradisional.

Menurut Ibu Ida, segala peristiwa yang terjadi akan menimbulkan risiko dan ketimpangan, terutama terhadap pasar dan industri. Walaupun insting pertama adalah untuk menghindari risiko, namun kehadirannya juga memunculkan kebutuhan baru dalam masyarakat. Inilah yang disebut sebagai seizing economic turbulence. 

“Bagaimana cara mengelola risiko tersebut? Itulah tugas para peserta EURECA 2020, yakni menemukan kesempatan yang bukan hanya berguna di masa turbulence, tapi juga sustainable untuk di masa depan,” tutur Ibu Ida. 

Potensi Peserta Diasah di EURECA 

Tahun ini, jumlah pendaftar EURECA mencapai lebih dari 180 tim, yang kemudian diseleksi menjadi 61 tim untuk babak semifinal. Bukan cuma berkompetisi, para peserta juga mengikuti beragam aktivitas untuk membangun serta mengasah potensi entrepreneurship mereka. 

Peserta melakukan kegiatan business race di Mall @ Alam Sutera

Para peserta juga melakukan company visit ke kantor Mayora dan Alibaba Group

Pada hari pertama, seluruh peserta bertolak ke Mall @ Alam Sutera selaku official venue partner untuk melaksanakan business race. Keesokan harinya, peserta melakukan kegiatan company visit ke Mayora (peserta BPC), serta Alibaba Group (peserta MPC), yang juga digandeng sebagai case contributor untuk EURECA 2020. Tidak sampai di situ, mereka juga menerima materi pembinaan sesuai kategori lomba yang diikuti, yakni marketing coaching dan business coaching. 

EURECA mendatangkan juri tamu eksternal dan menggandeng Alibaba sebagai case contributor.

“Di EURECA 2020, kami berikan fasilitas lebih sehingga peserta bukan hanya berkembang, tapi juga bisa merealisasikan ide yang dihasilkan selama berkompetisi,” Gracia Tumakaka, Chairman EURECA 2020, menyampaikan. “Untuk BPC, peserta presentasi di hadapan investor dari India dan Vietnam. Sedangkan MPC diharapkan bisa jadi jembatan antara peserta dengan perusahaan multinasional.”

Ditutup Dengan Gala Dinner

Setiap tahun, kompetisi EURECA ditutup dengan gala dinner.

Sesuai tradisi, EURECA 2020 ditutup dengan ajang gala dinner. Berlangsung di Lemo Hotel, Serpong, kegiatan ini diadakan sebagai wujud perayaan berakhirnya kompetisi dan kesempatan untuk berkoneksi dengan peserta dari seluruh Nusantara. Diramaikan dengan makan malam dan live music, gala dinner sekaligus jadi ajang pengumuman dan penyerahan hadiah bertotal 93 juta Rupiah untuk para jawara. Selain pemenang setiap kategori lomba, EURECA 2020 juga mengapresiasi prestasi individu melalui penghargaan Best Speaker.

Para pemenang EURECA 2020

Kesuksesan EURECA 2020 membuktikkan kerja keras dan keseriusan Student Board Universitas Prasetiya Mulya dalam mempersiapkan generasi muda yang kreatif, mampu berpikir kritis, dan memiliki entrepreneurial mindset. Diharapkan, seluruh ilmu dan pengetahuan yang dikumpulkan dalam kurun waktu empat hari tersebut dapat bantu persiapkan generasi muda menghadapi economic turbulence.

Tertarik mengikuti EURECA? Kunjungi halaman website atau Instagram mereka agar kamu tidak ketinggalan informasi. Sampai bertemu di EURECA 2021!

Daftar Pemenang EURECA 2020

Pemenang BPC SMA:

  1. MUSemua
  2. Team 4
  3. Exotic Energy

Pemenang BPC Universitas:

  1. Moon
  2. LLC Corp
  3. Hanjaya Mandala

Pemenang MPC:

  1. 39 JPX
  2. Unstoppable Duck
  3. Sales R Us

Pemenang MDC:

  1. UGM B
  2. Becky, Pamela, Anne Mae
  3. Kubu Sebelah

Best Speaker BPC SMA – Putri Aimee Srijaya (MUSemua)

Best Speaker BPC Universitas – Ferrel (LLC Corp)

Best Speaker MPC – Yosefina Angelita (MMD)

Best Speaker MDC – Adam Rifky (Becky, Pamela, and Anna Mae)

Adam Rifky (Becky, Pamela, and Anna Mae)

Avatar

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

Instagram has returned invalid data.
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

[nextpage title=”1″ ]

September 2018

[/nextpage][nextpage title=”2″ ]

Agustus 2018

[/nextpage][nextpage title=”3″ ]

Juli 2018

Juni 2018

[/nextpage][nextpage title=”4″ ]

Mei 2018

April 2018

[/nextpage][nextpage title=”5″ ]

Maret 2018

[/nextpage][nextpage title=”6″ ]

Februari 2018

[/nextpage][nextpage title=”7″ ]

Januari 2018

Oktober 2017

Oktober 2017

[/nextpage][nextpage title=”8″ ]

September 2017

Agustus 2017

[/nextpage]