Cerita Prasmul

Dua Prasmulyan Juara Wirausaha Muda Mandiri 2014

PT. Bank Mandiri Tbk. telah mengumumkan pemenang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2014 pada hari Rabu (15/01) di Istora Senayan, Jakarta. Untuk kategori mahasiswa dua gelar juara diraih mahasiswa S1 Prasetiya Mulya, yakni Nicholas Kurniawan (Venus Aquatics) pada kategori Industri Perdagangan dan Jasa serta David Yuwono (Dry Bag) pada kategori Industri Kreatif.

foto2
Nicholas dan David bersama pendamping dari Student Engagement S1 Prasetiya Mulya

Siapa Nicholas dan David serta bagaimana perjalanannya hingga menuju tangga juara?

Nicholas Kurniawan adalah Prasmulyan angkatan 2011.  Venus Aquatics, usaha yang bergerak di bidang perdagangan ikan hias awalnya dirintis Nico — sapaan akrab Nicholas – ketika SMA hingga Nicholas untuk membiayai kuliahnya.  Semakin lama usahanya semakin maju hingga akhirnya mampu meraih omset lebih dari 100 juta per bulan.

Nama David Yuwono sebenarnya sudah diumumkan saat acara wisuda S1 Prasetiya Mulya pada bulan Desember 2013 lalu. Prasmulyan angkatan 2009  ini memang mendaftarkan diri pada  ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) saat menyelesaikan tugas akhir Project Improvement di salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia.

Perjalanan David menuju tangga juara diakuinya tidak mudah. Mewakili finalis wilayah Jabodetabek dalam kategori mahasiswa bersama Nico,  David mengusung usaha yang bergerak di bidang industri kreatif tas dengan label Dry Bag. Bermodalkan usahanya yang sudah berjalan 3 tahun tersebut David  berhasil meyakinkan juri untuk memilihnya sebagai pemenang.

Saat ditanya tentang kesuksesannya sebagai wirausahawan muda, David menyatakan tidak ada yang instan. Ia bercerita bahwa Dry Bag bukanlah bisnis yang pertama kali ia rintis. Sewaktu kuliah, David bersama  rekan-rekannya di jurusan S1 Business Prasetiya Mulya pernah menggarap bisnis kue  Macbull. Saat itu, ia belajar banyak tentang cara membangun sistem dan bekerjasama.  Selanjutnya, David mengaku mendapatkan suntikan pengalaman yang berharga hingga menemukan pemasok bahan baku dari Cina saat ia mengadakan  Project Improvement di perusahaan e-commerce sebagai tugas akhir kuliahnya.

“Kalau sudah tahu terbiasa dapat ilmu di kampus dan sering praktek, maka kita akan tahu bahwa penggunaan teori juga sangat berpengaruh untuk menjalankan usaha,” ujar David sambil menjelaskan teori-teori dari Michael Porter sering ia gunakan untuk  menganalisis barrier terhadap kompetitor , valuasi produk, hingga kekuatan supply chain.

foto3
Presiden SBY mengunjungi stand Nicholas dan David

David menganggap sistem produksi sangatlah berperan untuk bisa menghasilkan produk dengan kualitas yang bagus dengan harga jual yang terjangkau oleh masyarakat kelas menengah dan menengah ke bawah.  Dry Bag menggunakan 20 persen bahan baku yang diproduksi sendiri dan 80 persennya didatangkan dari supplier. David mendatangkan 70 hingga 80 persennya bahannya dari produsen lokal dan 20-30 persennya diimpor. Untuk urusan  distribution channel,  Dry Bag dan Suede Shoes besutan David mengandalkan penjualan online dengan dukungan reseller-reseller  yang dapat diandalkan di daerah-daerah luar Jakarta.

Seperti Nicholas, David pun merasa tak pernah puas. Hadiah 50 juta rupiah dari Bank Mandiri akan digunakan untuk mengembangkan bisnis Dry Bag. Rencananya David akan menambah produk dan membuka  toko offline dengan terlebih dahulu membangun store management-nya.  Terkait masa depannya, David punya prinsip yang kuat tentang wirausaha sebagai pilihan hidupnya.

“Semiskin-miskinnya saya karena usaha jatuh, saya akan tetap terjun di wirausaha,” ujar putra pasangan Yono Hadi dan Christina Tenoyo ini.

 

Simak juga berita terkait di media massa berikut ini :

Berbincang dengan Nicholas Kurniawan, Pemenang Wirausaha Muda

Berawal Kepepet Biaya Kuliah, Pria 20 tahun ini Ekspor Ikan Hias 100 Juta per Bulan 

Bermodal Rp 800 Ribu dan Tanpa Toko, Pria Ini Beromzet 100 Juta Per Bulan

David Yuwono : Talenta Muda Wirausaha Indonesia 

Apa Bidang Usaha Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 

Pengumuman Final Pemenang Wirausaha Muda Mandiri

Pengumuman Pemenang WMM dan MYT 2013

 

 

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • The Host Afternoon Tea, Welcoming New Family of S1 Hospitality Business 😊

Yuk, seru-seruan bareng S1 Hospitality Business! 
Di acara ini akan ada sharing info mengenai karir dan peluang bisnis di industri hospitality bersama para praktisi dan dosen Prasmul.

Informasi lebih lanjut kamu bisa chat melalui nomor WA : 0812 8523 0703 (Yurisa) / Line : prasmultourism
  • [GIVEAWAY]

Untuk kalian yang belum berkesempatan memenangkan tiket gratis, sekarang adalah kesempatan kalian! Yuk, Ikuti dan menangkan giveaway dari kami yaitu dengan mencari kata sesuai dengan clue!
(Clue: Makanan khas Bali) 
2 Pemenang dari KUIS akan mendapatkan masing-masing 2 TIKET pertunjukan teater Sanskerta 2018: Rahwana. Saksikan SANSKERTA 2018 dan carilah kata tersebut!
-
Ketentuan:
- Follow akun instagram @sanskerta_id
- Jawab pertanyaan di comment beserta mention 3 teman anda
- Pemilihan pemenang bagi peserta kuis yang memberikan jawaban yang sama atau serupa akan kami pilih secara acak
- Account tidak di-private
- Batas akhir giveaway ini adalah 20 Mei 2018
- Hanya akan ada 2 pemenang yang akan diumumkan di akun resmi @sanskerta_id tanggal 21 MEI 2018
-
Tunggu apa lagi? Jangan lewatkan GIVEAWAY SANSKERTA 2018: RAHWANA dan menangkan hadiahnya!
-
*Syarat dan ketentuan berlaku
-
#Sanskerta2018
#Rahwana
#KamiYangBerbudaya
  • Marhaban Ya Ramadhan

Segenap keluarga besar Universitas Prasetiya Mulya mengucapkan Selamat menunaikan Ibadah Puasa 1439 H bagi yang menjalankan. Semoga Ramadhan tahun ini membawa keberkahan.

#ramadan #ramadhan #marhabanyaramadhan #UniversitasPrasetiyaMulya #prasmul #bulanpuasa #happyfasting #ramadankareem #bulanramadhan

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!

Prasmul on Media