Cerita Prasmul

Dalam Harmoni Mengejar Impian Jadi Entrepreneur – Success Story Jessica Dasaria

Thanks technology! kehadiranmu membuat hampir semua aspek kehidupan berjalan serba instan dan semudah itu.

Ketika zaman ini menawarkan peluang yang berlimpah, keluar dari zona nyaman demi mengejar mimpi adalah langkah yang benar dan berani.  Maka, langkah tersebutlah yang dipijak Jessica Dasaria saat ini.

Mendalami Musik di Negeri Paman Sam

Dara yang hobi bersenandung sedari kecil ini telah menghabiskan empat tahun dalam hidupnya untuk menuntut ilmu Music Management di Berklee College of Music, Amerika Serikat.  Berlatih vokal, membuat lagu, menggodok beragam jenis musik, dan belajar manajemen bisnis di ranah musik adalah apa yang ia lakukan di salah satu institusi musik terbaik di Amerika tersebut.

Sama seperti mahasiswa rantau lainnya, Jessica memanfaatkan visa kerja yang dimiliki untuk membangun milestone bagi perjalanan kariernya. Bermula di 2013, tahun dimana ia mengawali kariernya dari bawah, yakni sebagai Box Office Clerk di Berklee Performance Center.

Tahun berganti, alumnus Jakarta International School ini semakin mantap membagi waktu kuliah dan kerja. Posisi sebagai Social Media Marketing, Artist Management, Publishing Operations, hingga Artist & Repertoire (A&R) Promotions pernah ia jalani. Tercatat beberapa label rekaman, manajemen artis, dan performance center di Boston dan New York menjadi tempatnya berkarya.

Melanglang  buana empat tahun di negeri Paman Sam tak membuat Jessica Dasaria lupa akan tanah kelahirannya, Indonesia. Setelah meraih gelar Bachelor of Music  pada tahun 2015 silam, ia memilih kembali dari perantauannya untuk mengejar asanya menjadi Entrepreneur.

“Dulu aku belajar tentang music business, namun ilmunya sangat spesifik. Aku sadar kalau bidang ini sangat berkesinambungan dengan industri lain, itulah yang membuatku tertarik untuk eksplor bisnis as a whole,” papar Jessica ketika ditemui tim Ceritaprasmul pada Kamis (19/7) lalu.

Saat pulang ke Indonesia, mengatasi culture shock dan mengejar ketertinggalan terhadap perkembangan dunia bisnis di tanah air adalah apa yang harus Jessica lakukan. Tak mau gegabah dalam melangkah, Jessica  memutuskan untuk menuntut ilmu bisnis di universitas yang satu visi misi dengannya.

“Karena punya keinginan untuk jadi pengusaha, saya memutuskan untuk kuliah di MM Prasetiya Mulya. Dengan business culture yang kuat, di Prasetiya Mulya saya bertemu dengan orang-orang yang sejiwa, mereka yang punya semangat untuk mengembangkan entrepreneurial mindset,” ungkapnya.

Di Tempat Ini Jessica Mengalahkan Ketakutannya

Sebagai sarjana di bidang musik, Jessica akui perlu banyak adaptasi di awal kedatangannya di Prasetiya Mulya, termasuk mengalahkan ketakutan yang akhirnya jadi makanan sehari-hari Jessica di MM Prasmul. “Sebelum di MM Prasetiya Mulya, saya selalu menghindari public speaking dan presentasi. Saya selalu takut dan kurang percaya diri,” ungkap Jessica.

Dengan suguhan pembelajaran praktikal serta dikelilingi rekan-rekan yang diverse, baik secara latar belakang pendidikan maupun pekerjaan, Jessica belajar untuk mengalahkan apa yang ia tak kuasai sebelumnya. Jessica bercerita, “Meski sekarang belum perfect, setidaknya rasa stres menghadapi public speaking sudah hilang. Skill saya meningkat berkat tugas presentasi bisnis yang intens di Prasmul.”

Di Prasetiya Mulya, Peluang Yang Akan Menjemputmu

Jessica mengakui, bukan hanya entrepreneurial mindset dan skillset yang ia rengkuh di kampus ini. Lebih lanjut, ia merasa banyak peluang yang terbuka semenjak melangkahkan kakinya di Prasmul.

Berkat akumulasi nilai tes seleksi masuk yang baik, performa di kelas, dan potensi yang ia miliki, MM Prasetiya Mulya mengapresiasi kegigihan Jessica sebagai penerima beasiswa High Achiever.

“Bangga sekali mendapatkan kesempatan ini. Saya tidak perlu apply di Beasiswa High Achiever, melainkan dinilai berdasarkan tes masuk dan performa di kampus. Kalau sesuai dengan standar yang ditetapkan, tim Admission Prasmul akan langsung mengontak via email,” ujarnya.

Kamu bisa seberuntung Jessica, karena beasiswa High Achiever juga terbuka bagi 5 mahasiswa MM Prasetiya Mulya pada tiap angkatannya. Tertarik mengetahui lebih lanjut tentang beasiswa High Achiever? Yuk klik disini http://pmbs.ac.id/admissions/Scholarships

Vitry Octavia

Vitry Octavia

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Get acquainted with the first program leading to Doctoral Degree in Entrepreneurship in Indonesia.

Whether you are currently climbing the corporate career ladder or have occupied a senior or top position in a company, we would like to invite you to join us for the soft launching of Prasetiya Mulya Management & Entrepreneurship Doctoral Program. “The application of theoretical knowledge to the advancement of complex problem solving”

Time	:	Saturday, December 7th, 2019
Venue	:	Universitas Prasetiya Mulya, Cilandak Campus

Panelists:
Prof Agus W. Soehadi (Dean of School of Business and Economics)
Dr. Faizal R. Djoemadi (Digital Business Director of PT. Telkom)
Dr. Eko Jatmiko Utomo (Human Capital Advisor of PT. Perusahaan Gas Negara)

Found out how our doctoral program facilitates skilled professionals to venture out of their comfort zone and expand their competencies as business leaders through elaborate interdisciplinary research.

Register and confirm your attendance via prasmul.link/s3prasmul
  • Faktanya, Prasetiya Mulya terus memotivasi mahasiswa untuk mengikuti berbagai kompetisi akademis karena di situlah wadah untuk mengasah skill serta menjalin koneksi.

Tapi bukan itu saja, Prasetiya Mulya juga 100% mendukung keaktifan mahasiswa di luar kampus, lho. Ketika mendengar ada mahasiswa yang sukses mengubah keterampilan atau hobi menjadi prestasi, Prasmul pun turut berbahagia dan bangga!

Berikut Prasmul Champions di bulan November. Congratulations, guys!

#PrasmulChampions
  • Selasa, 27 November 2019 menjadi saat bagi Prasmulyan Semester 3 yang mengikuti mata kuliah Business Creation untuk memamerkan prototipe ide bisnis mereka. 
Bukan hanya dipamerkan, produk bisnis mahasiswa pun dinilai dari sisi konsep, aplikasi pembelajaran, serta business feasibility oleh para Faculty Members dan juri lainnya.

Swipe left untuk mengintip ide bisnis Prasmulyan di bidang F&B, fashion, kriya, kecantikan, teknologi, dan chemical!
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!