Cerita Prasmul

Company Visit S1 Hospitality Business: Asyiknya Belajar Sekaligus Jalan-jalan ke Hotel Combo Jakarta

Masih awam dengan istilah hotel combo? worry no more! Kali ini, Nereina Narendra dan Andari Handa Kusuma dari S1 Hospitality Business Prasmul akan bercerita seperti apa sih keunikan konsep hotel combo yang mulai berkembang di Indonesia akhir-akhir ini. Saatnya menyerap ilmu baru, Prasmulyan!

Setelah mendapat bekal tentang seluk-beluk manajemen hotel dari Ibu Emme Riahta Tarigan (Talent Development Manager TAUZIA Hotel Management), studi kami dan teman-teman dari S1 Hospitality Business 2017 berlanjut dengan memperdalam ilmu pengelolaan hotel, khususnya hotel combo dari grup hotel TAUZIA. Tepat pada Jumat (22/7) lalu, kami berkesempatan untuk menyerap banyak ilmu baru di Yello Hotel Harmoni dan HARRIS Vertu Harmoni, yang notabene merupakan salah satu hotel combo di Jakarta.

Kenapa disebut hotel combo?

Yello Hotel berada tepat di sebelah HARRIS Vertu yang kami kunjungi, bahkan gedungnya memang menyatu satu sama lain. Kedua hotel ini berada di bawah manajemen yang sama yakni TAUZIA Management. Berbeda dengan HARRIS Vertu yang berbintang 5, Yello Hotel adalah hotel berbintang 3 yang termasuk budget hotel.

Label hotel combo melekat di kedua hotel ini karena kehadirannya diciptakan untuk mengakomodir kebutuhan konsumen terhadap hotel yang berkualitas namun efisien.

Sedikit bercerita, Yello Hotel juga sering disebut sebagai urban hotel karena dirancang sedemikian rupa untuk menyatukan unsur teknologi dan mode. Sebagai hotel budget dengan segmen urban people, Yello Hotel Harmoni menyediakan 270 kamar disertai dengan fasilitas kekinian seperti netzone, chill spot, gaming station, gym station, dan restoran WOK’n’TOK.

Tembok hotel yang modern, kreatif, dan memikat.

Sedangkan, HARRIS Vertu Harmoni merupakan upgraded scale dari Yello Hotel Harmoni. Dihadirkan dengan konsep yang berbeda, hotel ini mengkombinasikan suasana modern kosmopolitan dan youthful passion. HARRIS Vertu Harmoni menawarkan 240 kamar yang disebut The Nest, dengan 3 tipe kamar: V Room, Vertu Room, dan Vertu Suites. Dilengkapi dengan ballroom yang unik, swimming pool, gym, business center & bar, restoran VOYAGE, dan lainnya.

Kehadiran dua hotel ini bisa mengakomodir dua kebutuhan sekaligus, yakni efektivitas dan efisiensi. Ketika konsumen membutuhkan ballroom yang mewah namun memilih menginap di kamar yang efisien, mereka bisa menggunakan ruang meeting HARRIS Vertu lalu menginap di Yello Hotel. Praktis bukan?

Hotel Tour

Untuk mendalami seluk-beluk spot yang ada di hotel tersebut, kami mendapatkan privilege untuk mengintip back office HARRIS Vertu dan Yello Hotel. Terdapat 3 warna yang menandai ruang kerja tim kedua hotel tersebut. Area kerja dari tim HARRIS Vertu ditandai dengan dinding yang berwarnya oranye, sementara dinding yang di cat kuning merupakan area kerja Yello Hotel.

Prasmulyan mencoba meja foosball yang tersedia di hotel.

Bukan combo hotel namanya kalau tak mengedepankan efisiensi. Untuk itu, area berhiaskan cat hijau diperuntukan bagi staff yang bekerja combo, atau bekerja dikedua hotel, adapun departemen – departemen hotel yang termasuk ke dalam combo staff  adalah Human Resources Departement, Engineering, dan juga Security.

Mahasiswa S1 Hospitality Business berkesempatan melihat interior kamar hotel.

Beranjak dari Back Office, kami juga berkunjung untuk melihat seperti apa interior kamar hotel di HARRIS Vertu dan Yello Hotel. Ketika berkunjung ke kamar hotel dari HARRIS Vertu, kamarnya memiliki desain dengan sangat nyaman, luas, dan mewah. Dengan berbagai fasilitas, kasur yang empuk, televisi, living room lengkap dengan sofa, toilet, kamar mandi yang lengkap dengan bathub dan shower, wastafel, serta food corner yang lengkap dengan berbagai makanan ringan, air mineral, teh dan kettle, serta kopi dengan mini coffee machine-nya.

Desain kamar mewah dan classic sangat cocok bagi orang yang ingin escape sebentar dari sibuknya perkotaan. Sebelum melihat kamar dari HARRIS Vertu kami juga sempat melihat–lihat restoran yang dimiliki hotel ini bernama VOYAGE Restaurant.  Tentunya merupakan restoran bintang 5 dengan banyak sekali food corner, seperti Indonesian corner, Japanese corner, Western corner, Italian corner, cake, gelato, mencari makanan  apapun sepertinya ada disini.

Sharing Session & Lesson Learned

Suasana ruang meeting Yello Hotel.

Sesi terakhir adalah sharring session oleh Bapak Hengky Tambayong, General Manager (GM) hotel combo tersebut. Pak Hengky banyak memberikan pembelajaran bagi kami mengenai manajemen hotel combo. Menjaga tingkat standardisasi dari satu hotel ke hotel lainnya tidaklah mudah, GM harus bisa menjaga hubungan dengan owner, juga dengan karyawan. Beliau juga mengatakan kunci kesuksesan dalam hotel industry adalah lokasi, di mana berkaitan dengan segmentasi, action plan, dan strategi untuk memaksimalkan segmentasi yang ada.

Pak Hengky memberikan pembelajaran mengenai manajemen hotel combo.

Pak Hengky mengungkapkan, dengan me-manage hotel combo, terjadi efisiensi. Biaya pengeluaran hotel dapat ditekan karena adanya divisi yang digabungkan untuk keperluan kedua hotel, khususnya yang berasal dari pembayaran gaji dan service charge untuk karyawan, engineering, dan marketing. Hotel Combo juga dikatakan, “gather all segmentation”, yaitu ketika tamu yang datang ke Yello Hotel Harmoni meminta upgrade scale hotel, dapat direkomendasikan  HARRIS Vertu Harmoni, begitu juga sebaliknya.

Company visit diakhiri dengan foto bersama.

Melalui company visit ini, kami juga mendapat insight bahwa basic utama dari kerja di bidang hotel adalah pemahaman tentang jasa, menjadi seorang hotelier berarti harus siap untuk memberi pelayanan bagi orang lain (softskill).

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • Moment from @marvellazasv
.
bloom 🌺
#PrasmulxNotreDame
#PrasmulCampusVisit
.
#LIFEatPRASMUL 
#prasmul
#campuslife
.
Mention/tag @prasmul di momen seru mu tentang kehidupan kampus guys!
  • Eits, jangan takut dulu mendengar kata ‘lemak’. Senyawa yang sering mendapatkan reputasi buruk ini sebenarnya tidak selalu jahat, lho. Selain untuk melindungi organ tubuh, ia juga bantu menyehatkan kulit dan rambut, serta memberikan berbagai benefits lainnya. Penting menjadi bagian dari proses pembelajaran mahasiswa, Collaborative STEM Lab Prasmul menyediakan mesin canggih untuk menganalisis kandungan lemak pada bahan pangan.
.
Apa yang harus dilakukan?
Untuk mengetahui kandungan lemak, sampel yang ingin dianalisis harus didestruksi terlebih dahulu menggunakan mesin Hidroc. Sampel tersebut akan diberikan asam klorida, kemudian dipanaskan selama satu jam sampai mendidih.
.
Berikutnya, Prasmulyan harus membuang asam klorida tersebut menggunakan oven. Untuk bantu mempercepat proses, sampel akan dibilas dengan aquades agar sisa asam akan menempel dan menguap bersama. Setelah zat cair berhasil dihilangkan sepenuhnya, sampel yang kini berbentuk serbuk akan dipindahkan ke tabung.
. 
Menggunakan mesin Socroc, sampel di dalam tabung akan ditimbang. Dari sini, Prasmulyan dapat langsung menghitung selisih sebelum dan sesudah proses destruksi untuk mendapatkan angka kandungan lemak!
.
Ingin tahu apa lagi yang bisa dianalisis? Yuk eksplorasi di Collaborative STEM Lab Prasmul!
.
#UniversitasPrasetiyaMulya #Prasmul #university #Prasmulyan #science #business #Instamood #Instagood #Instadaily #mathematics #stem #collaborativestem #stemlabprasmul #socroc #analisislemak #engineering #technology #infokuliah
  • This is the place where great entrepreneurs manifest their dreams.
.
#prasmul #pmbs #universitasprasetiyamulya #campusbuilding #architechture #photography #Instagood #kampusindonesia #infokuliah #entrepreneur
Competition 2018

Berikut ini adalah artikel yang telah diterima tim redaksi Cerita Prasmul untuk Cerita Prasmul Competition 2018

Peserta

Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!