Cerita Prasmul

Clave, Kukis Spirulina Lezat yang Menggebrak Pintu Prasmul

Mungkin kamu sudah pernah dengar tentang superfood yang satu ini. Spirulina merupakan sejenis bakteri yang mengandung klorofil. Berwarna hijau kebiruan, spirulina memiliki pigmen phycocyani, yang dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi manusia, misalnya seperti menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, sumber antioksidan yang kuat, meningkatkan imunitas tubuh, detoksifikasi tubuh, dan masih banyak lagi.

Biasanya, tanaman ganggang ini dikonsumsi khalayak ramai dalam bentuk bubuk atau pil. Tapi sejujurnya… aroma dan rasa spirulina kurang bisa dinikmati oleh indera pengecap serta penciuman kita. Jadi, mengakali permasalahan ini, tim Food Business Technology dari Prasetiya Mulya menciptakan formulasi unik berbentuk kukis agar pengalaman konsumsi spirulina jadi lebih menyenangkan!

Saat ini, Clave dapat ditemukan di Kita Mart, Universitas Prasetiya Mulya.

Sebagai produk pertama rilisan FBT Prasmul, kukis ini diberi nama ‘Clave’. Dalam Bahasa Spanyol, ‘Clave’ berarti ‘key stone’ atau batu kunci. “Kami berharap, Clave jadi kunci yang membuka pintu inovasi dan kreasi lainnya di FBT,” tutur Dr. Yalun Arifin, Kepala Departemen Food Business Technology.

List produk Clave:

  1. Oat Spirulina
  2. Spirulina Cornflakes
  3. Spirulina Lidah Kucing
  4. Spirulina Chocochips
  5. Spirulina White Cookies
  6. Nuts Cookies Spirulina
  7. Putri Salju Spirulina
  8. Palm Cheese Spirulina

Pak Yalun mengakui bahwa sebenarnya, kukis berkandung spirulina memang bukan hal yang baru. Di Indonesia sendiri, walaupun belum banyak, sudah ada beberapa orang yang mulai bereksperimen dengan spirulina. Namun Clave, selain mengukuhkan diri sebagai produk yang smart and healthy, juga akan mengeluarkan koleksi kukis baru yang berbeda dari lainnya. Bukan sekadar manis, batch Clave berikutnya dibuat dengan tepung low GI dan tanpa gluten.

Clave merupakan hasil produksi Departemen Food Business Technology Prasetiya Mulya

“Salah satu kasus diabetes terbesar di dunia ada di Indonesia,” ungkap Pak Yalun. “Maka dari itu kita fokus ke produk low GI. Menurut publikasi beberapa tahun terakhir, dinyatakan bahwa gula lebih berbahaya dari lemak.”

Bicara soal kata “smart” yang menempel dengan branding Clave, Pak Yalun memastikan bahwa para konsumen bukan berarti dibuat ‘pintar’ oleh kukis. “Smart” lebih tepatnya merujuk pada proses produksi dan marketing Clave secara keseluruhan.

Warna hijau berasal dari kandungan spirulina yang terdapat dalam kukis.

“Kami ingin menghilangkan konotasi ‘makanan sehat harus mahal’,” ujarnya. “Dari aspek teknologi, kami cari cara untuk mengembangkan formulasi dengan bahan baku lokal, misalnya dengan tepung cassava. Sebagian besar makanan atau minuman di pasaran memiliki harga tinggi karena packaging dan pemasaran. Memanfaatkan ilmu bisnis yang dipelajari di Prasetiya Mulya, Clave percaya bahwa ada sisi ekonomis yang bisa diefisiensikan.”

Hmm, menarik banget ya produk ciptaan Food Business Techonology Prasmul ini! Sesuai namanya, produksi pertama tersebut akan menjadi gerbang yang membukakan jalan menuju berbagai kreasi inovatif lainnya dari FBT, termasuk juga dari para mahasiswa. Psst, sedikit bocoran, seri kedua dari Clave akan bertitel “Yobashoo”, yang merupakan singkatan dari yogurt bamboo shoot. Segera meluncur ke perut kamu!

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • Ayo Sukseskan!
@asiangames2018
18th Asian Games 2018
Jakarta-Palembang
.
Bangga rasanya menjadi negara tuan rumah dan menyambut ribuan atlet berbakat se-Asia ke tanah air. Universitas Prasetiya Mulya mendukung penuh kelancaran dan kesuksesan Asian Games 2018. Semangat untuk para kontingen!
.
#AsianGames2018 #EnergyOfAsia #SukseskanAsianGames2018 #Prasmul #UniversitasPrasetiyaMulya #TuanRumahBaik #Indonesia #Jakarta #Palembang
  • Apakah makna Kekayaan yang sesungguhnya bagi Anda? Lantas, sudahkah Anda menggunakan teknologi secara optimal untuk meraih Kekayaan di era modern ini? 
Tahun ini, PermataBank berkolaborasi dengan S1 Event Prasetiya Mulya mempersembahkan Wealth Wisdom, the Largest Wholistic Wealth Conference in Indonesia, sebuah upaya mengedukasi masyarakat Indonesia tentang makna kekayaan yang melebihi uang dan materi. Dengan mengusung tema "Mind, Body, Soul,+Tech", WealthWisdom mengajak Anda untuk memaknai Kekayaan secara holistik dalam berbagai aspek kehidupan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk terinspirasi oleh lebih dari 30 Kelas yang dibawakan para speakers andal, beragam sesi Workshop, Wealth Bazaar, Property Expo, dan Shopalogic Museum di #WealthWisdom2018.

Info jadwal kelas dan tiket, klik : www.WealthWisdom.id 
#jakarta #event #jakartaevent #pacificplace #wealth #conference #expo #indonesia #permatabank #prasmul #universitasprasetiyamulya #prasertiyamulya
  • Why Learn Business Economics? 
In Business Economics, you will learn how to apply economic theories to solve business problems whilst analysing and forecasting the world's economic situation as well as issues that can influence strategic business decisions. This program utilizes English language in order to better prepare you for the global working environment. 
#S1BusinessEconomics #BusEconPrasMul #prasmul #prasetiyamulya #universitasprasetiyamulya #businesseconomics #businessschool #schoolofbusiness

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!

Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

Juli 2018

Juni 2018

Mei 2018