Cerita Prasmul

Ceritaprasmul Competition – Jenis-jenis ‘Tukang’ di Kelas

Artikel ini ditulis oleh peserta Ceritaprasmul Competition dan telah melalui suntingan minor tanpa mengurangi gaya penulisan serta pesan.

Dalam sebuah kelas, lo pasti akan nemuin berbagai jenis murid. Dari yang kalem kayak candi, sampe yang rusuh kayak orang mau pergi perang. Nah, dalam tulisan kali ini, gue akan ngebahas tentang jenis-jenis ‘tukang’ yang pastinya akan lo temui dalam keseharian lo sebagai seorang pelajar.

Si Tukang Telat

Ketika pelajaran udah mau dimulai dan gurunya udah masuk kelas, gue yakin, pasti bakal ada anak yang datang tergesa-gesa buka pintu kelas, rambut berantakan belom disisir, dan ngos-ngosan. Emang sih kesannya kayak di film-film, tapi, gue yakin banget tukang yang satu ini bakal lo temuin di antara teman-teman sekelas lo.

Si Tukang Tidur

Nah, kalo si tukang telat tadi kan bangunnya kesiangan gara-gara malemnya begadang. Kalo si tukang tidur ini, malemnya juga begadang, tapi datangnya nggak kesiangan. Dia menebus waktu tidur yang dia gunakan untuk begadang dengan satu cara: iya, tidur di kelas. Sebenernya nggak apa kok kalo lo bisa ngikutin pelajaran tersebut. Yang parah adalah: lo udah nggak bisa di pelajaran itu, telat, eh malah tidur!

Si Tukang Bolos

Kalo tukang yang satu ini sih kayaknya lo nggak bakal bisa temuin di kelas lo. Iyalah, orang dia nggak pernah ada di kelas—alias cabut mulu! Kehadirannya akan dianggap mistis dan ia akan lebih dikenal sama Ibu Kantin.

Si Tukang Rusuh

Waduh, kalo ini sih tukang yang paling ngajak ribut. Tapi biasanya, dia juga yang bakal dikangenin sama guru-guru (terutama guru BK) kalo udah lulus. Tukang ini kalo di kelas nggak akan bisa diem. Aktif sih aktif, tapi aktifnya bikin geregetan. Biasanya, dia bakal sibuk melontarkan pertanyaan yang nggak penting ke guru yang lagi ngajar. Kadang dia juga bakal ngusilin temen-temennya. Beuh, bikin geregetan deh! Tapi … ngangenin.

Si Tukang Nyontek

Ini nih, tukang kayak gini pasti ada di setiap kelas. Dari mulai nyontek hal-hal kecil seperti ide untuk membuat puisi di pelajaran bahasa Indonesia, lalu naik level ke nyontek PR yang nggak sempet dikerjain tadi malem, sampe ujung-ujungnya ke level tertinggi: nyontek saat ujian. Tapi, usahakan tukang ini jangan ditiru ya, guys!

Si Rajin

Pasti deh, di kelas lo bakal ada anak yang duduknya paling depan, mukanya berseri-seri, excited banget dengerin penjelasan guru, dan selalu aktif untuk bertanya. Biasanya buku catatannya pasti rapih dan sering dipinjem sama temen sekelas. Dan buku PR-nya biasanya selalu keisi lengkap, sehingga lima tukang di atas bakal minjem juga untuk disalin, ckckck.

Si ‘Es Batu’

Bukan es batu beneran. Ini adalah sebuah julukan yang ditujukan kepada orang yang terlalu kalem sampe-sampe orang lain nganggepnya dia itu ‘dingin’ dan susah dideketin. Pasti deh, di kelas lo bakal ada satu anak yang masuk ke kategori ini.

Si Tukang Nyanyi

Di kelas lo bakal ada anak yang hobinya nyanyi. Tukang ini bakal nyanyi setiap saat, setiap waktu, setiap detik. Pokoknya lo bakal selalu denger senandungnya deh! Mending kalo suaranya bagus dan enak didenger, lo bakal ngerasa kehibur dan serasa nonton konser gratisan. Tapi … kalo suaranya … yah gitu deh, lo bakal merasa tersiksa dan berharap cepet-cepet naik kelas.

Si ‘Receh’

Nah, kalo tipe yang satu ini sih wajib-kudu-mesti dimiliki di semua kelas. Soalnya, gara-gara ada anak yang recehnya sampe ke DNA—ngeliat benang aja diketawain, dan suka melontarkan lelucon-lelucon yang sebenernya nggak faedah, tapi anehnya lo ketawa—kelas akan terasa lebih berwarna dan lo juga bakal lebih awet muda karena banyak ketawa.

Sekian aja sih jenis-jenis ‘tukang’ di kelas menurut apa yang gue alami selama menempuh pendidikan di jenjang SMA ini. Apapun jenisnya, mereka semua adalah teman-teman lo yang udah menemani lo dalam suka dan duka, dukanya ya dalam hal pelajaran, terlebih lagi pelajaran peminatan, duh, susah.

Oh iya, gue mau berbagi sedikit informasi nih tentang sebuah universitas yang mungkin kalian tertarik untuk berkuliah di sana! Universitas Prasetiya Mulya atau yang biasa disingkat dengan Prasmul ini terletak di Bumi Serpong Damai (BSD). Universitas yang terkenal dengan bisnisnya ini juga sering mengadakan berbagai macam kompetisi yang menargetkan anak SMA yang berbakat dan mau belajar. Untuk info lebih lanjut tentang S1 Universitas Prasetiya Mulya, kalian bisa langsung klik prasetiyamulya.ac.id atau intip ceritaprasmul.com ya!

Armintaetania

IG: @capt.tania

SMA Ehipassiko School BSD

525 total views, 1 views today

30 comments

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Sejak semester pertama di Universitas Prasetiya Mulya, kemampuan team working mahasiswa diperkuat melalui tugas kuliah yang umumnya dikerjakan berkelompok. Untungnya, kampus ini menyediakan banyak area untuk berdiskusi sehingga mahasiswa tidak harus menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk nongkrong di cafe. Seru, kan?

Untukmu yang tinggal di Batam, temukan keseruan lain tentang perkuliahan di Prasmul dalam Roadshow Info Session di bulan Oktober ini. Catat informasinya, ya!

Sabtu, 19 Oktober 2019
13.00 - 15.00 WIB
Nagoya Hill Hotel
Register at prasetiyamulya.ac.id/infosession/

Be the next 2020 Prasmulyan!
  • Selamat Hari Pangan Sedunia!

Di tengah banyaknya masyarakat yang mengalami kelaparan dan malnutrisi, anehnya food waste juga menjadi permasalahan pelik yang harus dihadapi oleh organisasi makanan seperti Food and Agriculture Organization (FAO). Sebenarnya separah apa permasalahan food waste yang dihadapi bumi? 
Swipe left untuk tahu lebih banyak.
  • Setelah tiga atau empat tahun berkuliah, pasti kamu bukan lagi orang yang sama di semester satu. Misalnya Fala dan Calvin, dua Prasmulyan semester akhir yang secara langsung merasakan perbedaan pada diri mereka selama berkuliah. Setelah melalui banyak pengalaman, pasti kamu pun juga bisa menjadi sosok yang lebih pintar, bijak, dan berani.

AN EXCITING EVENT IS COMING YOUR WAY! 
SELF-TRANSFORM WITH PRASMUL. 
COMING SOON. 26.10.19
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!