Cerita Prasmul

Ceritaprasmul Competition – 5 Tips Anti Ribet untuk Tetap Sehat & Aktif di Kampus

Artikel ini ditulis oleh peserta Ceritaprasmul Competition dan telah melalui suntingan minor tanpa mengurangi gaya penulisan serta pesan.

Belakangan ini, hidup sehat mulai marak dibicarakan orang-orang di sekitar kita. Segala macam cara dapat dicari untuk bisa mendapatkan tubuh ideal dan kesehatan optimal. Bahkan, banyak yang rela mengorbankan uang dan energi demi mencapai body goals mereka, mulai dari catering diet sampai nge-gym dengan Personal Trainer mahal. Tapi, itu saja belum cukup, lho! Butuh niat dan komitmen untuk bisa menjalankan-gaya hidup sehat ini.

Sudah serba mahal, ribet lagi. Nggak ada waktu luang buat olah raga, nih!

Eits, jangan negatif dulu. Untuk para pembaca Ceritaprasmul.com, terutama para pelajar yang duit jajan dan waktu luangnya mepet, ada beberapa tips dan trik yang bisa mulai diterapkan dalam keseharian kita sebagai pencari ilmu untuk memulai hidup yang lebih sehat.

Pilih Tangga daripada Lift

sumber: unsplash.com/@lindsayhenwood

Buat yang sudah siap protes capek: tenang, nggak perlu banting tulang naik tangga belasan lantai, kok. Coba dulu naik tangga sampai lantai 3, lalu naik lift untuk sisanya. Siapa tahu di tangga nanti bisa ketemu duit jatuh, hehe.

Jangan Lupa Stretching!

Sumber: unsplash.com/@ethanchoover

Tahu nggak, bahwa sebetulnya tubuh manusia itu di-design bukan untuk duduk dalam jangka panjang? Duduk terlalu lama juga bikin pegal, kan? Karena itu, setiap satu jam sekali atau saat pergantian pelajaran, luangkan setidaknya 5 menit saja untuk jalan-jalan dan meregangkan otot. Prasmul kan luas banget, nggak bakalan bosen deh jalan-jalannya! (Sambil hunting jodoh juga boleh tuh. Siapa tahu, sama-sama S1 di Universitas Prasetiya Mulya. Oops!)

Kalau Bosan, Minum Air

Tambah seiris lemon juga enak. (Sumber: unsplash.com/@lazybonesaustralia)

Sering nggak, kalian lupa minum air? Padahal, sangat penting bagi tubuh kita untuk mempertahankan cairannya. Kita perlu setidaknya 2L air per hari, lho. Ada cara gampangnya kok untuk tetap ingat minum air: taruh saja satu botol air mineral di atas meja, tepat di pojok. Kalau mulai mengantuk, minum saja air seteguk. Mudah, kan?

Luruskan Punggung Saat Menulis

sumber: unsplash.com/adolfofelix

Duduk paling nyaman itu kalau nggak miring, ya merosot. Tapi, posisi duduk seperti itu sangat tidak baik bagi postur tubuh. Worst case scenario, lama-lama tulang punggung bisa terkena dampaknya, alias bungkuk permanen. Buat yang hobinya menulis sambil memiringkan badan, biasakan untuk menyejajarkan buku kalian dengan pandangan. Small steps for a bigger change!

Hindari Jajan di Kantin!

Segar banget nggak sih? (Sumber: unsplash.com/@rawpixel)

Micin, oh micin. Buat kalian yang pernah mencoba diet, paham kan rasanya tergiur oleh camilan penuh MSG yang biasanya dijual di kantin? We can relate. Makanya, bawa snack sendiri dari rumah! Nggak perlu ribet, kok. Cukup buah-buahan seperti apel atau jeruk yang mudah dikonsumsi saja. Kalian juga bisa mencari snack bar yang kini banyak dijual di berbagai pasar swalayan.

Yang terakhir, don’t forget to have fun! Coba ajak teman kalian untuk mencoba tips dan trik di atas bersama. Everything is better when done together, right? Kalau rasanya terlalu banyak, cobain dulu tips-nya satu persatu. Jangan lupa bahwa segala hal yang terlalu banyak atau terlalu sedikit itu tidak baik. It’s all about balance!

Selamat menempuh hidup yang lebih sehat, readers!

Kelcy T. G.

IG: @kelcytg

SMA Global Prestasi

169 total views, 1 views today

9 comments

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • Moment from @marvellazasv
.
bloom 🌺
#PrasmulxNotreDame
#PrasmulCampusVisit
.
#LIFEatPRASMUL 
#prasmul
#campuslife
.
Mention/tag @prasmul di momen seru mu tentang kehidupan kampus guys!
  • Eits, jangan takut dulu mendengar kata ‘lemak’. Senyawa yang sering mendapatkan reputasi buruk ini sebenarnya tidak selalu jahat, lho. Selain untuk melindungi organ tubuh, ia juga bantu menyehatkan kulit dan rambut, serta memberikan berbagai benefits lainnya. Penting menjadi bagian dari proses pembelajaran mahasiswa, Collaborative STEM Lab Prasmul menyediakan mesin canggih untuk menganalisis kandungan lemak pada bahan pangan.
.
Apa yang harus dilakukan?
Untuk mengetahui kandungan lemak, sampel yang ingin dianalisis harus didestruksi terlebih dahulu menggunakan mesin Hidroc. Sampel tersebut akan diberikan asam klorida, kemudian dipanaskan selama satu jam sampai mendidih.
.
Berikutnya, Prasmulyan harus membuang asam klorida tersebut menggunakan oven. Untuk bantu mempercepat proses, sampel akan dibilas dengan aquades agar sisa asam akan menempel dan menguap bersama. Setelah zat cair berhasil dihilangkan sepenuhnya, sampel yang kini berbentuk serbuk akan dipindahkan ke tabung.
. 
Menggunakan mesin Socroc, sampel di dalam tabung akan ditimbang. Dari sini, Prasmulyan dapat langsung menghitung selisih sebelum dan sesudah proses destruksi untuk mendapatkan angka kandungan lemak!
.
Ingin tahu apa lagi yang bisa dianalisis? Yuk eksplorasi di Collaborative STEM Lab Prasmul!
.
#UniversitasPrasetiyaMulya #Prasmul #university #Prasmulyan #science #business #Instamood #Instagood #Instadaily #mathematics #stem #collaborativestem #stemlabprasmul #socroc #analisislemak #engineering #technology #infokuliah
  • This is the place where great entrepreneurs manifest their dreams.
.
#prasmul #pmbs #universitasprasetiyamulya #campusbuilding #architechture #photography #Instagood #kampusindonesia #infokuliah #entrepreneur
Competition 2018

Berikut ini adalah artikel yang telah diterima tim redaksi Cerita Prasmul untuk Cerita Prasmul Competition 2018

Peserta

Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!