Cerita Prasmul

Ceritaprasmul Competition – 5 Fakta yang Membuat Kelas Ini LUAR BIASA!

Artikel ini ditulis oleh peserta Ceritaprasmul Competition dan telah melalui suntingan minor tanpa mengurangi gaya penulisan serta pesan.

Kelas identik dengan belajar dan ternyata kelas itu banyak sekali macamnya. Contohnya kelas-kelas yang Prasmul sediakan, program S1 Prasetiya Mulya memiliki kelas ekonomi bisnis, akuntansi dan sebagainya. Tapi, di tempat lain, ada kelas yang sangat luar biasa. Menurut kalian kelas apa ya yang sangat luar biasa itu?

Kelas yang sangat luar biasa adalah kelas untuk anak yang memiliki kebutuhan khusus dan memiliki kekurangan, tapi mereka masih berusaha untuk belajar dan mengetahui apa yang ingin mereka ketahui atau yang kita kenal sebagai Sekolah Luar Biasa.

Berikut adalah 5 fakta yang dimiliki kelas di sekolah ini yang ternyata tidak dimiliki sekolah lain. Apa saja? Mari kita simak di Ceritaprasmul berikut ini!

Bukan umur, melainkan kemampuannya.

Kelas di sekolah ini, memiliki tingkatan tersendiri. Seperti,

  1. Total: Di kelas ini, guru yang menangani pastinya harus ekstra sabar. Kenapa? Karena di kelas ini muridnya memang sangat luar biasa, mereka memiliki kekurangan seperti tunanetra, tunarungu, autis, dll.
  2. Sedang: Kalau yang di kelas ini, anak-anaknya tak terlalu sulit menangkap tapi tak terlalu mudah juga. Terkadang ada yang satu jam bisa langsung menangkap, ada yang satu hari, maupun satu minggu. Tergantung dari kemampuan masing-masing anak.
  3. Ringan: Kelas ini bukanlah kelas yang berbeda. Sama seperti kelas lain, gurunya harus memiliki kesabaran tinggi, murid yang berkemampuan lama menangkap, dan sebagainya. Bedanya, di kelas ini sedikit lebih mudah, karena para muridnya yang mempunyai kebutuhan khusus tidak terlalu banyak.

Jumlah murid tiap kelas berbeda-beda.

Satu kelas biasanya terdiri dari 4 sampai 6 murid. Tidak tentu umurnya berapa. Pastinya, tergantung dengan kemampuan yang dimiliki para murid.

Metode yang sangat berbeda.

Kalau di sekolah regular kita diberi penjelasan, tugas dan ulangan. Kalau di sini, para murid belum bisa membaca ataupun menulis. Biasanya, mereka diajarkan bagaimana caranya mengerti apa yang orang bicarakan. Atau mungkin bagaimana cara berbicara yang baik.

Media yang sangat banyak.

Selain guru yang mengajar dengan sejuta keterampilan, tiap kelas juga memiliki barang-barang yang disediakan untuk para muridnya. Contohnya foto-foto, video dan media lainnya untuk menambah pengetahuan dan kepekaan para muridnya.

Selalu menginspirasi orang lain.

Kelas ini sebenarnya sangat bisa menginspirasi. Dari mengajarkan kesabaran yang mendalam, bisa membuat kita berkaca bahwa tidak ada yang sempurna. Juga kelas yang memiliki sejuta harapan untuk mengetahui.

Jadi ini adalah 5 fakta kelas yang LUAR BIASA. Sebagai seorang murid yang masih bisa melakukan banyak hal, bisakah kita melihat bagaimana perjuangan mereka? Jadi, ayo semangat belajar di kelas!

Wafa FalaahNisa

IG: @wafaflh

MAN 4 Jakarta

298 total views, 1 views today

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • 11 MORE DAYS TO INFO SESSION PRASMUL DAY!

Ini merupakan kegiatan penutup Prasmul Day 2019 yang bisa berikan gambaran serta experience bagi kamu siswa/i SMA kelas XII yang akan memasuki masa perkuliahan. Prasmul Day tahun ini dikemas dengan tema film dan kamu bisa ikuti berbagai section yang menarik!

Yuk catat tanggalnya:
3 – 4 Agustus 2019
09.00 – 16.00 di Kampus BSD, Universitas Prasetiya Mulya
Registrasi: prasmul.link/infosession 
Gratis dan dibuka untuk umum, termasuk orang tua.

Jangan sia-siakan kesempatan ini! Langsung daftarkan diri kamu dan sampai bertemu di Prasmul Day 2019!

Life is a movie and you are the director. Write your future, direct your future, win your future

#winyourfuture #prasmulday2019
  • Selama event Prasmul Day berlangsung, masih banyak kegiatan lain yang mewarnai kampus BSD, lho. Tanggal 11-14 Juli kemarin, Student Board Prasetiya Mulya, organisasi kemahasiswaan Prasmul, mengadakan Art Week 2019 di Grand Indonesia. Mengambil tema Sangka Rekah, ajang ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengapresiasi karya-karya seni, baik seni rupa, seni tulisan, sampai seni gerak.

Selain itu, ada juga acara beken yang berlangsung tanggal 13 Juli lalu, yaitu A.M Festival 2019. Festival musik ini mengundang musisi-musisi lokal, mulai dari Danilla, Elephant Kind, Polka Wars, sampai band internasional I Know Leopard. Seru banget deh bersama-sama berpesta dan menikmati musik!

Melalui kegiatan-kegiatan ini, tentu saja soft-skill mahasiswa terasah sampai tajam, terutama dalam merancang event, teamwork, dan berorganisasi. So cool!

Foto: dokumentasi @artweek.id dan @am.festival 
#PrasmulDay2019 #WinYourFuture
  • Wow, nggak kerasa sudah 7 hari Prasmul Day berlangsung. We have had so much fun so far! Bertemu dengan ribuan siswa/i dari berbagai sekolah, menginspirasi mereka dengan cerita-cerita alumni, serta mengenalkan mereka pada lingkungan pembelajaran di Prasmul. Semoga bisa berikan inspirasi ya.

Di hari ke-7 ini, Kak Gary Evano dari Puyo Desserts dan HAKA Dimsum kembali lagi hadir sebagai pembicara. Peserta dari SMA Notre Dame Jakarta serta SMA Madania Bogor pun semangat banget memberikan pertanyaan pada Kak Gary seputar membangun bisnis sukses.

Prasmul Day masih berlangsung hingga 4 Agustus. Bagi kalian yang ingin merasakan keseruannya, ayo datang ke Info Session Prasmul Day pada tanggal 3-4 Agustus 2019 mendatang. It's free and open for public! 
Jangan lupa registrasi dulu ya di prasmul.link/infosession agar tidak kehabisan kursi. Sampai bertemu!

#PrasmulDay2019 #WinYourFuture
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!