Cerita Prasmul

Ceritaprasmul Competition – 5 Fakta yang Membuat Kelas Ini LUAR BIASA!

Artikel ini ditulis oleh peserta Ceritaprasmul Competition dan telah melalui suntingan minor tanpa mengurangi gaya penulisan serta pesan.

Kelas identik dengan belajar dan ternyata kelas itu banyak sekali macamnya. Contohnya kelas-kelas yang Prasmul sediakan, program S1 Prasetiya Mulya memiliki kelas ekonomi bisnis, akuntansi dan sebagainya. Tapi, di tempat lain, ada kelas yang sangat luar biasa. Menurut kalian kelas apa ya yang sangat luar biasa itu?

Kelas yang sangat luar biasa adalah kelas untuk anak yang memiliki kebutuhan khusus dan memiliki kekurangan, tapi mereka masih berusaha untuk belajar dan mengetahui apa yang ingin mereka ketahui atau yang kita kenal sebagai Sekolah Luar Biasa.

Berikut adalah 5 fakta yang dimiliki kelas di sekolah ini yang ternyata tidak dimiliki sekolah lain. Apa saja? Mari kita simak di Ceritaprasmul berikut ini!

Bukan umur, melainkan kemampuannya.

Kelas di sekolah ini, memiliki tingkatan tersendiri. Seperti,

  1. Total: Di kelas ini, guru yang menangani pastinya harus ekstra sabar. Kenapa? Karena di kelas ini muridnya memang sangat luar biasa, mereka memiliki kekurangan seperti tunanetra, tunarungu, autis, dll.
  2. Sedang: Kalau yang di kelas ini, anak-anaknya tak terlalu sulit menangkap tapi tak terlalu mudah juga. Terkadang ada yang satu jam bisa langsung menangkap, ada yang satu hari, maupun satu minggu. Tergantung dari kemampuan masing-masing anak.
  3. Ringan: Kelas ini bukanlah kelas yang berbeda. Sama seperti kelas lain, gurunya harus memiliki kesabaran tinggi, murid yang berkemampuan lama menangkap, dan sebagainya. Bedanya, di kelas ini sedikit lebih mudah, karena para muridnya yang mempunyai kebutuhan khusus tidak terlalu banyak.

Jumlah murid tiap kelas berbeda-beda.

Satu kelas biasanya terdiri dari 4 sampai 6 murid. Tidak tentu umurnya berapa. Pastinya, tergantung dengan kemampuan yang dimiliki para murid.

Metode yang sangat berbeda.

Kalau di sekolah regular kita diberi penjelasan, tugas dan ulangan. Kalau di sini, para murid belum bisa membaca ataupun menulis. Biasanya, mereka diajarkan bagaimana caranya mengerti apa yang orang bicarakan. Atau mungkin bagaimana cara berbicara yang baik.

Media yang sangat banyak.

Selain guru yang mengajar dengan sejuta keterampilan, tiap kelas juga memiliki barang-barang yang disediakan untuk para muridnya. Contohnya foto-foto, video dan media lainnya untuk menambah pengetahuan dan kepekaan para muridnya.

Selalu menginspirasi orang lain.

Kelas ini sebenarnya sangat bisa menginspirasi. Dari mengajarkan kesabaran yang mendalam, bisa membuat kita berkaca bahwa tidak ada yang sempurna. Juga kelas yang memiliki sejuta harapan untuk mengetahui.

Jadi ini adalah 5 fakta kelas yang LUAR BIASA. Sebagai seorang murid yang masih bisa melakukan banyak hal, bisakah kita melihat bagaimana perjuangan mereka? Jadi, ayo semangat belajar di kelas!

Wafa FalaahNisa

IG: @wafaflh

MAN 4 Jakarta

260 total views, 1 views today

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Prosesi penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU antara Universitas Prasetiya Mulya dan International Management Institute (IMI) diselenggarakan di Lausanne, Swiss, pada hari Kamis (16/3) lalu. Dihadiri oleh Prof. Dr. Djisman Simandjuntak selaku Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Puan Maharani dan Duta Besar Indonesia untuk Swiss Prof. Dr. Muliaman Hadad, kolaborasi ini diharapkan dapat membuahkan kegiatan edukatif yang bermanfaat bagi mahasiswa, Faculty Member, serta Indonesia.
  • Tahukah kamu, menurut penelitian Program for International Student Assessment (PISA), Indonesia berada di kedudukan ke-62 dari 70 negara dalam peringkat minat baca? Yuk, jangan biarkan buku kamu berdebu di rumah. Dari buku, kamu bukan hanya mendapatkan hiburan, tapi juga ilmu, inspirasi, bahkan teman baru! Buku apa yang sedang kamu baca, Prasmulyan? .
#haribukunasional
.
#perpustakaannasional #astrainternationallibrary #perpustakaan #library #nationalbookday #favoritbook #yukmembaca #yukbacabuku #17mei #indonesia #gemarmembaca #bukujendeladunia #UniversitasPrasetiyaMulya #Prasmulyan #prasmul
  • Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019 merupakan ajang tahunan bergengsi bagi para pengembang aplikasi di dunia.

Berlangsung sejak 1987, event ini diikuti oleh ribuan peserta dari puluhan negara setiap tahunnya.

Pada tanggal 3-7 Juni 2019 mendatang, seorang Prasmulyan akan terbang ke San Jose, Amerika Serikat, sebagai salah satu tamu terpilih di WWDC19! Penasaran siapa? Swipe dan simak kisahnya ya!

#wwdc19 #appledeveloper
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!