Cerita Prasmul

Ceritaprasmul Competition – 3 Jenis Simbiosis yang Dilakukan Pelajar di Kelas

Artikel ini ditulis oleh peserta Ceritaprasmul Competition dan telah melalui suntingan minor tanpa mengurangi gaya penulisan serta pesan.

Karena kita perlu tahu mana yang belajar dan mana yang perlu dihajar!

Tentunya ada banyak perbedaan antara pelajar di seluruh dunia. Namun, ada satu persamaan yang menyatukan mereka semua, yakni habitat mereka yang berupa ruang kelas. Dengan adanya habitat pasti akan bermunculan berbagai hubungan antara makhluk hidup di dalamnya yang disebut dengan simbiosis, entah itu menguntungkan maupun merugikan.

Nah, inilah jenis-jenis hubungan yang terjadi di dalam kelas versi ceritaprasmul.com, yuk cekidot!

Simbiosis Mutualisme

Hubungan yang satu ini adalah hubungan yang menguntungkan semua pihak yang terlibat. Biasanya, hubungan ini terjadi antara pelajar yang sama-sama memiliki kekurangan sehingga mereka berusaha untuk saling melengkapi satu sama lain. Contoh nyata dari simbiosis ini adalah pelajar yang saling memberikan contekan, meskipun sebenarnya jawaban mereka sama sesatnya.

Simbiosis Komensalisme

Hubungan ini hanya menguntungkan 1 pihak saja, sedangkan pihak lainnya tidak dirugikan maupun diuntungkan. Idealnya, hubungan inilah yang harusnya paling banyak terjadi di dalam kelas, di mana pelajar yang pintar dapat membantu pelajar yang kurang mampu untuk bertahan dari seleksi ujian. Namun, terkadang terdapat pelajar pintar yang lupa kalau nilai tidak dibawa ke dalam kubur, sehingga mereka cenderung pelit untuk berbagi ilmu dengan teman mereka.

Simbiosis Parasitisme

Pelajar jenis ini beberapa kali dilaporkan dapat mengkonsumsi 2-3 pena temannya dalam sehari. Dalam kelompok, pelajar seperti ini biasanya menjadi benalu dan tanaman paku bagi kelompoknya karena sudah numpang nilai, tetapi ga tahu malu dan malah ngaku-ngaku kalau mereka ikutan kerja.

Itu dia 3 jenis simbiosis yang dilakukan pelajar di kelas! Diharapkan setelah membaca artikel ini, baik kalian para calon lulusan S1 Universitas Prasetiya Mulya, maupun kalian yang tertarik untuk melanjutkan studi di Prasmul dapat membedakan mana pelajar yang memang minat belajar, dan mana yang memang harus dihajar.

Lionel Timmy Linardo

IG: @capt.lionel

SMA Ehipassiko School BSD

723 total views, 3 views today

6 comments

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Get acquainted with the first program leading to Doctoral Degree in Entrepreneurship in Indonesia.

Whether you are currently climbing the corporate career ladder or have occupied a senior or top position in a company, we would like to invite you to join us for the soft launching of Prasetiya Mulya Management & Entrepreneurship Doctoral Program. “The application of theoretical knowledge to the advancement of complex problem solving”

Time	:	Saturday, December 7th, 2019
Venue	:	Universitas Prasetiya Mulya, Cilandak Campus

Panelists:
Prof Agus W. Soehadi (Dean of School of Business and Economics)
Dr. Faizal R. Djoemadi (Digital Business Director of PT. Telkom)
Dr. Eko Jatmiko Utomo (Human Capital Advisor of PT. Perusahaan Gas Negara)

Found out how our doctoral program facilitates skilled professionals to venture out of their comfort zone and expand their competencies as business leaders through elaborate interdisciplinary research.

Register and confirm your attendance via prasmul.link/s3prasmul
  • Faktanya, Prasetiya Mulya terus memotivasi mahasiswa untuk mengikuti berbagai kompetisi akademis karena di situlah wadah untuk mengasah skill serta menjalin koneksi.

Tapi bukan itu saja, Prasetiya Mulya juga 100% mendukung keaktifan mahasiswa di luar kampus, lho. Ketika mendengar ada mahasiswa yang sukses mengubah keterampilan atau hobi menjadi prestasi, Prasmul pun turut berbahagia dan bangga!

Berikut Prasmul Champions di bulan November. Congratulations, guys!

#PrasmulChampions
  • Selasa, 27 November 2019 menjadi saat bagi Prasmulyan Semester 3 yang mengikuti mata kuliah Business Creation untuk memamerkan prototipe ide bisnis mereka. 
Bukan hanya dipamerkan, produk bisnis mahasiswa pun dinilai dari sisi konsep, aplikasi pembelajaran, serta business feasibility oleh para Faculty Members dan juri lainnya.

Swipe left untuk mengintip ide bisnis Prasmulyan di bidang F&B, fashion, kriya, kecantikan, teknologi, dan chemical!
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!