Cerita Prasmul

Ceritaprasmul Competition – 3 Jenis Simbiosis yang Dilakukan Pelajar di Kelas

Artikel ini ditulis oleh peserta Ceritaprasmul Competition dan telah melalui suntingan minor tanpa mengurangi gaya penulisan serta pesan.

Karena kita perlu tahu mana yang belajar dan mana yang perlu dihajar!

Tentunya ada banyak perbedaan antara pelajar di seluruh dunia. Namun, ada satu persamaan yang menyatukan mereka semua, yakni habitat mereka yang berupa ruang kelas. Dengan adanya habitat pasti akan bermunculan berbagai hubungan antara makhluk hidup di dalamnya yang disebut dengan simbiosis, entah itu menguntungkan maupun merugikan.

Nah, inilah jenis-jenis hubungan yang terjadi di dalam kelas versi ceritaprasmul.com, yuk cekidot!

Simbiosis Mutualisme

Hubungan yang satu ini adalah hubungan yang menguntungkan semua pihak yang terlibat. Biasanya, hubungan ini terjadi antara pelajar yang sama-sama memiliki kekurangan sehingga mereka berusaha untuk saling melengkapi satu sama lain. Contoh nyata dari simbiosis ini adalah pelajar yang saling memberikan contekan, meskipun sebenarnya jawaban mereka sama sesatnya.

Simbiosis Komensalisme

Hubungan ini hanya menguntungkan 1 pihak saja, sedangkan pihak lainnya tidak dirugikan maupun diuntungkan. Idealnya, hubungan inilah yang harusnya paling banyak terjadi di dalam kelas, di mana pelajar yang pintar dapat membantu pelajar yang kurang mampu untuk bertahan dari seleksi ujian. Namun, terkadang terdapat pelajar pintar yang lupa kalau nilai tidak dibawa ke dalam kubur, sehingga mereka cenderung pelit untuk berbagi ilmu dengan teman mereka.

Simbiosis Parasitisme

Pelajar jenis ini beberapa kali dilaporkan dapat mengkonsumsi 2-3 pena temannya dalam sehari. Dalam kelompok, pelajar seperti ini biasanya menjadi benalu dan tanaman paku bagi kelompoknya karena sudah numpang nilai, tetapi ga tahu malu dan malah ngaku-ngaku kalau mereka ikutan kerja.

Itu dia 3 jenis simbiosis yang dilakukan pelajar di kelas! Diharapkan setelah membaca artikel ini, baik kalian para calon lulusan S1 Universitas Prasetiya Mulya, maupun kalian yang tertarik untuk melanjutkan studi di Prasmul dapat membedakan mana pelajar yang memang minat belajar, dan mana yang memang harus dihajar.

Lionel Timmy Linardo

IG: @capt.lionel

SMA Ehipassiko School BSD

696 total views, 1 views today

6 comments

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • Sejak semester pertama di Universitas Prasetiya Mulya, kemampuan team working mahasiswa diperkuat melalui tugas kuliah yang umumnya dikerjakan berkelompok. Untungnya, kampus ini menyediakan banyak area untuk berdiskusi sehingga mahasiswa tidak harus menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk nongkrong di cafe. Seru, kan?

Untukmu yang tinggal di Batam, temukan keseruan lain tentang perkuliahan di Prasmul dalam Roadshow Info Session di bulan Oktober ini. Catat informasinya, ya!

Sabtu, 19 Oktober 2019
13.00 - 15.00 WIB
Nagoya Hill Hotel
Register at prasetiyamulya.ac.id/infosession/

Be the next 2020 Prasmulyan!
  • Selamat Hari Pangan Sedunia!

Di tengah banyaknya masyarakat yang mengalami kelaparan dan malnutrisi, anehnya food waste juga menjadi permasalahan pelik yang harus dihadapi oleh organisasi makanan seperti Food and Agriculture Organization (FAO). Sebenarnya separah apa permasalahan food waste yang dihadapi bumi? 
Swipe left untuk tahu lebih banyak.
  • Setelah tiga atau empat tahun berkuliah, pasti kamu bukan lagi orang yang sama di semester satu. Misalnya Fala dan Calvin, dua Prasmulyan semester akhir yang secara langsung merasakan perbedaan pada diri mereka selama berkuliah. Setelah melalui banyak pengalaman, pasti kamu pun juga bisa menjadi sosok yang lebih pintar, bijak, dan berani.

AN EXCITING EVENT IS COMING YOUR WAY! 
SELF-TRANSFORM WITH PRASMUL. 
COMING SOON. 26.10.19
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!