Cerita Prasmul

Ceritaprasmul Competition – 3 Jenis Simbiosis yang Dilakukan Pelajar di Kelas

Artikel ini ditulis oleh peserta Ceritaprasmul Competition dan telah melalui suntingan minor tanpa mengurangi gaya penulisan serta pesan.

Karena kita perlu tahu mana yang belajar dan mana yang perlu dihajar!

Tentunya ada banyak perbedaan antara pelajar di seluruh dunia. Namun, ada satu persamaan yang menyatukan mereka semua, yakni habitat mereka yang berupa ruang kelas. Dengan adanya habitat pasti akan bermunculan berbagai hubungan antara makhluk hidup di dalamnya yang disebut dengan simbiosis, entah itu menguntungkan maupun merugikan.

Nah, inilah jenis-jenis hubungan yang terjadi di dalam kelas versi ceritaprasmul.com, yuk cekidot!

Simbiosis Mutualisme

Hubungan yang satu ini adalah hubungan yang menguntungkan semua pihak yang terlibat. Biasanya, hubungan ini terjadi antara pelajar yang sama-sama memiliki kekurangan sehingga mereka berusaha untuk saling melengkapi satu sama lain. Contoh nyata dari simbiosis ini adalah pelajar yang saling memberikan contekan, meskipun sebenarnya jawaban mereka sama sesatnya.

Simbiosis Komensalisme

Hubungan ini hanya menguntungkan 1 pihak saja, sedangkan pihak lainnya tidak dirugikan maupun diuntungkan. Idealnya, hubungan inilah yang harusnya paling banyak terjadi di dalam kelas, di mana pelajar yang pintar dapat membantu pelajar yang kurang mampu untuk bertahan dari seleksi ujian. Namun, terkadang terdapat pelajar pintar yang lupa kalau nilai tidak dibawa ke dalam kubur, sehingga mereka cenderung pelit untuk berbagi ilmu dengan teman mereka.

Simbiosis Parasitisme

Pelajar jenis ini beberapa kali dilaporkan dapat mengkonsumsi 2-3 pena temannya dalam sehari. Dalam kelompok, pelajar seperti ini biasanya menjadi benalu dan tanaman paku bagi kelompoknya karena sudah numpang nilai, tetapi ga tahu malu dan malah ngaku-ngaku kalau mereka ikutan kerja.

Itu dia 3 jenis simbiosis yang dilakukan pelajar di kelas! Diharapkan setelah membaca artikel ini, baik kalian para calon lulusan S1 Universitas Prasetiya Mulya, maupun kalian yang tertarik untuk melanjutkan studi di Prasmul dapat membedakan mana pelajar yang memang minat belajar, dan mana yang memang harus dihajar.

Lionel Timmy Linardo

IG: @capt.lionel

SMA Ehipassiko School BSD

640 total views, 2 views today

6 comments

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • SANSKERTA 2019 mempersembahkan Drama Musikal “ARJUNA: Perjuangan Mengungkap Makna” Perjalanan yang menceritakan kisah dari salah satu Pandawa Lima, Arjuna. 
Pada kisah ini, Arjuna yang pada awalnya memiliki kesombongan diri yang tinggi mulai sadar akan kelemahan-kelemahannya dan memutuskan untuk mulai mencari jati dirinya guna menjadi seorang kstatria sejati.

Pementasan ini akan diadakan pada:
Hari, tanggal: Sabtu, 22 Juni 2019 
Jam:  Show 1: 13.30  Show 2: 18.30 
Tempat: Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan

Saksikanlah karya anak bangsa untuk budaya Indonesia! Salam berbudaya! 
Tiket dapat dipesan melalui:

www.movintix.com/events/204

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi

instagram: @sanskerta_id

Patricia Scholastica

No: 087886026217

Line id: patricia.sch

Jessica Priscilla

No: 08170910416

Line id: jessicapriscillaa

#Arjuna 
#Sanskerta2019 
#KamiYangBerbudaya 
#gueuntukbudayaindonesia
  • Tahukah kamu, menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, tingkat obesitas pada orang dewasa di Indonesia meningkat menjadi 21,8 persen? Obesitas bukan hanya meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan organ pada seseorang, tapi juga memicu depresi!

That's why, we say NO to OBESITY! Ayo, turut serta dalam upaya menuntaskan tantangan pangan dunia dengan mengikuti CLAVE, kompetisi food technology business plan dari Universitas Prasetiya Mulya.

Registrasi hari ini, ikuti rangkaian acara, dan menangkan hadiah dengan total lebih dari 10 juta Rupiah!

Cek instagram @clave.prasmul untuk info lebih lanjut.
#ClaveThePioneers #Nobesity #Kompetisi #FoodScience #PrasetiyaMulya
  • Sebagai mahasiswa Prasmul yang sering diterjunkan ke industri dan perusahaan, pasti kamu sudah nggak asing lagi kan dengan dunia profesional?

Salah satu alumnus Prasmul, Raisha Jasmine Padmakusumah, menceritakan tentang kesuksesan perjalanan kariernya yang berawal di Career Day Prasmul.

Temukan artikel lengkapnya di Ceritaprasmul.com!

#SuccessStory
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!