Cerita Prasmul

Ceritaprasmul Competition – 3 Jenis Simbiosis yang Dilakukan Pelajar di Kelas

Artikel ini ditulis oleh peserta Ceritaprasmul Competition dan telah melalui suntingan minor tanpa mengurangi gaya penulisan serta pesan.

Karena kita perlu tahu mana yang belajar dan mana yang perlu dihajar!

Tentunya ada banyak perbedaan antara pelajar di seluruh dunia. Namun, ada satu persamaan yang menyatukan mereka semua, yakni habitat mereka yang berupa ruang kelas. Dengan adanya habitat pasti akan bermunculan berbagai hubungan antara makhluk hidup di dalamnya yang disebut dengan simbiosis, entah itu menguntungkan maupun merugikan.

Nah, inilah jenis-jenis hubungan yang terjadi di dalam kelas versi ceritaprasmul.com, yuk cekidot!

Simbiosis Mutualisme

Hubungan yang satu ini adalah hubungan yang menguntungkan semua pihak yang terlibat. Biasanya, hubungan ini terjadi antara pelajar yang sama-sama memiliki kekurangan sehingga mereka berusaha untuk saling melengkapi satu sama lain. Contoh nyata dari simbiosis ini adalah pelajar yang saling memberikan contekan, meskipun sebenarnya jawaban mereka sama sesatnya.

Simbiosis Komensalisme

Hubungan ini hanya menguntungkan 1 pihak saja, sedangkan pihak lainnya tidak dirugikan maupun diuntungkan. Idealnya, hubungan inilah yang harusnya paling banyak terjadi di dalam kelas, di mana pelajar yang pintar dapat membantu pelajar yang kurang mampu untuk bertahan dari seleksi ujian. Namun, terkadang terdapat pelajar pintar yang lupa kalau nilai tidak dibawa ke dalam kubur, sehingga mereka cenderung pelit untuk berbagi ilmu dengan teman mereka.

Simbiosis Parasitisme

Pelajar jenis ini beberapa kali dilaporkan dapat mengkonsumsi 2-3 pena temannya dalam sehari. Dalam kelompok, pelajar seperti ini biasanya menjadi benalu dan tanaman paku bagi kelompoknya karena sudah numpang nilai, tetapi ga tahu malu dan malah ngaku-ngaku kalau mereka ikutan kerja.

Itu dia 3 jenis simbiosis yang dilakukan pelajar di kelas! Diharapkan setelah membaca artikel ini, baik kalian para calon lulusan S1 Universitas Prasetiya Mulya, maupun kalian yang tertarik untuk melanjutkan studi di Prasmul dapat membedakan mana pelajar yang memang minat belajar, dan mana yang memang harus dihajar.

Lionel Timmy Linardo

IG: @capt.lionel

SMA Ehipassiko School BSD

607 total views, 1 views today

6 comments

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • Selamat Jumat Agung bagi yang merayakan. Rahmat, Cinta Kasih dan Berkat Tuhan semoga  mengelilingi kamu.
.
#prasmul #prasetiyamulya #jumatagung #goodfriday
  • ATTENTION: Win Your Future is now running at Pondok Indah Mall! WYF akan berlangsung hingga 21 April 2019 mendatang. So, what are you waiting for? Temukan booth kami, sampaikan ide bisnis kamu melalui coaching clinic, experience real learning and join in the movement!
.
Dicetuskan oleh Universitas Prasetiya Mulya, Win Your Future merupakan sebuah gerakan untuk para anak muda yang ingin menyuarakan ide bisnis mereka sekaligus belajar cara mewujudkannya. Sebelumnya, WYF telah berkunjung ke Gandaria City serta Botani Square.
.
Di ajang ini, kamu juga punya kesempatan untuk melihat secara langsung inovasi produk mahasiswa/i Prasetiya Mulya. Selain itu, kami juga hadir untuk memberikan info lengkap seputar program studi S1 dan MM Prasetiya Mulya.
.
Win Your Future
Atrium Pondok Indah Mall 2
15-21 April 2019
____

#wyf #prasmul #bisnisanakmuda #belajarbisnis #mulaibisnis #generasiemas #bisnis #tips #tipsbisnis
  • Satu suara kamu akan memengaruhi hasil akhir pemilihan umum. Jadilah seorang nasionalis sejati dengan berkontribusi pada masa depan bangsa Indonesia. Selamat hari pemilu!

#prasmul #prasetiyamulya #pemilu2019 #yuknyoblos #17april2019 #Indonesia
Competition 2018

Berikut ini adalah artikel yang telah diterima tim redaksi Cerita Prasmul untuk Cerita Prasmul Competition 2018

Peserta

Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!