Cerita Prasmul

Asah People Management Skills untuk Meningkatkan Efektifitas Kelompok Kerja!

Baik bekerja di bisnis startup, korporasi, maupun berwirausaha, kamu pasti akan berinteraksi dan berkolaborasi dengan orang lain. Kamu dapat menjadi bagian dari sebuah grup kerja, atau bahkan menaungi sebuah tim. Dengan begitu banyak kepala dan sudut pandang, sebuah tugas dapat dikerjakan secara efektif jika kamu memiliki people management skill yang tajam!

People management vital untuk mengatasi berbagai masalah seperti demotivation, perselisihan, atau free rider (seseorang yang tidak mau berkontribusi). Keterampilan ini juga sangat memengaruhi kelangsungan sebuah bisnis atau perusahaan, lho. Lantas, bagaimana ya cara mengembangkan people management skills

Pahami Peran Setiap Anggota

Pahami kelebihan dan kemampuan setiap individu agar mereka memiliki purpose. Pastikan mereka tahu bagaimana peran mereka berkontribusi pada hasil akhir. Jika ada seseorang yang tidak tampak puas dengan perannya, cari tahu apa masalahnya dan berikan solusi, misalnya melalui coaching atau mengubah job desc. 

Sampaikan Pujian dan Kritik

Selain memberikan dorongan dan semangat untuk mengerjakan tugas berikutnya, pujian menunjukkan bahwa kamu mengakui kerja keras anggota. Tapi jangan salah, kritik pun juga tidak kalah penting! Dengan constructive criticism, seseorang dapat berkembang sehingga hasil kerjanya akan lebih bagus di masa depan. 

Komunikasi

Komunikasi bukan sebatas mendengarkan dan menjaga eye-contact, tapi juga inisiatif untuk menanyakan keadaan serta mempertimbangkan semua masukan secara adil. Menurut Forbes, kunci berkomunikasi adalah menjaga pikiran yang terbuka dan tidak mengambil kesimpulan sebelum perbincangan berakhir. 

Menurut Forbes, kunci berkomunikasi adalah menjaga pikiran terbuka dan tidak mengambil kesimpulan.

Jalin Koneksi yang Tulus

Berkenalanlah dengan anggota kelompok dan bangunlah koneksi. Dari mana mereka berasal? Apa latar belakang pendidikan mereka? Bagaimana kepribadiannya? Dengan koneksi, kamu akan semakin mudah berbincang dan memahami kesulitan anggota karena kamu bisa melihat dari sudut pandang mereka.

Bangun Kepercayaan

Dalam kolaborasi, kamu akan mengandalkan team member, dan mereka juga mengandalkan kamu. Maka kamu harus percaya bahwa setiap anggota memiliki visi yang sama dan mampu mengerjakan tugas yang diberikan. Seluruh anggota pun harus selalu mengetahui progres serta hambatan yang mungkin terjadi. 

Bagaimana cara Prasetiya Mulya mengasah people management skill mahasiswa?

Dipenuhi dengan tugas project-based berkelompok, Prasmulyan terbiasa mengoordinasikan program kerja yang sesuai untuk seluruh anggota. Bahkan, untuk beberapa tugas, mahasiswa dikelompokkan secara random sehingga mereka harus bisa beradaptasi dengan seseorang yang baru dikenal, sebuah kondisi yang akan sering ditemui di lapangan kerja nyata. Klik di sini jika kamu butuh saran bekerja kelompok, langsung dari pengalaman para Prasmulyan!

Avatar

Sky Drupadi

Add comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

Instagram has returned invalid data.
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!

[nextpage title=”1″ ]

September 2018

[/nextpage][nextpage title=”2″ ]

Agustus 2018

[/nextpage][nextpage title=”3″ ]

Juli 2018

Juni 2018

[/nextpage][nextpage title=”4″ ]

Mei 2018

April 2018

[/nextpage][nextpage title=”5″ ]

Maret 2018

[/nextpage][nextpage title=”6″ ]

Februari 2018

[/nextpage][nextpage title=”7″ ]

Januari 2018

Oktober 2017

Oktober 2017

[/nextpage][nextpage title=”8″ ]

September 2017

Agustus 2017

[/nextpage]