Cerita Prasmul

Artinya Menjadi Seorang Pengacara: Kuliah Perdana S1 International Business Law Prasmul

Sejak peluncurannya di pertengahan tahun 2017 kemarin, Program Studi International Business Law Universitas Prasetiya Mulya tak lelah menyuburkan bibit-bibit pengacara bisnis yang berpotensi dalam diri mahasiswa . Kini, memasuki tahun ajaran baru, Prasmulyan angkatan 2018 mencicipi prodi pilihan mereka melalui kuliah perdana pada hari Senin (10/9) lalu dengan tamu istimewa dari Universitas Indonesia, Emmy Yuhassarie, S.H, LL.M.

Selain bekerja full-time sebagai dosen serta menjadi Anggota Komite Risiko Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia, Ibu Emmy juga aktif selaku Komisaris Independen di BFI Finance Indonesia dan menjabat sebagai Komisaris di PT Inalum. Melalui program Fullbright Scholarship, ia meraih gelar Master untuk bidang hukum di Boalt Hall University of California, Berkeley, Amerika Serikat. Hadir sebagai guest lecture, Ibu Emmy memberikan insight dasar mengenai peristiwa hukum yang terjadi dalam keseharian masyarakat, mulai dari bangun tidur, bekerja, sampai membeli obat di apotek.

Ibu Emmy aktif duduk sebagai Komisaris Independen di BFI Finance Indonesia.

“Tanpa disadari, peristiwa hukum ada di mana-mana,” Ibu Emmy mengatakan. “Ketika terlambat, saya harus buru-buru ke kantor karena saya terikat kontrak jam kerja. Ketika lupa bawa SIM, saya telah meninggalkan sebuah produk hukum. Ketika membeli obat, saya melakukan transaksi. Semua itu hukum.”

Belajar hukum adalah memahami bagaimana suatu permasalahan dapat diselesaikan. It is a power.

Sebagai pengacara aktif yang fokus pada strategic advice dan konsultasi untuk korporat, keuangan, dan capital market, Ibu Emmy pun memiliki pengetahuan yang kredibel mengenai hukum bisnis. Sesuai dengan salah satu visi prodi International Business Law untuk meluluskan bukan hanya wirausaha di bidang hukum, tapi juga pengacara bisnis, Ibu Emmy menekankan bahwa ketajaman akan produk intangible menjadi salah satu rahasia kesuksesan.

Guest Lecture kali ini bukan hanya dihadiri mahasiswa, tapi juga Prof. Dr. Djisman S. Simandjuntak, Rektor Universitas Prasetiya Mulya.

Ia menjelaskan, “Dalam bisnis, hal yang intangible adalah unrealized loss. Bicara tentang prospek, misalnya. Perhitungan yang belum nyata, masa depan, planning, dan kondisi market. Ketajaman akan hal tersebut yang membuat Anda menjadi seorang business lawyer andal.”

Lantas, apa artinya menjadi seorang lawyer? Banyak peserta kuliah perdana yang penasaran akan hal ini. Menghilangkan stigma “pengacara membela yang bayar”, Ibu Emmy membocorkan catatan krusial mengenai pekerjaan tersebut.

Mahasiswa International Business Law menerima guest lecture dari praktisi ternama.

“Memang, tugas pengacara untuk membela klien. Namun, ia pun tetap harus melihat mana yang benar,” Ibu Emmy menjabarkan. “Kita harus menggali kebenaran. Mencari fakta. Hal ini sering diabaikan oleh banyak orang.”

Tugas pengacara adalah memberikan seseorang sebuah fair trial.  

Bukan hanya membawa guest lecturer ternama seperti Ibu Emmy ke dalam kelas, Prasmul dikenal dengan Faculty Member yang diwarnai oleh praktisi dan profesional. Dengan proses pembelajaran yang demikian terstruktur, sarjana S1 International Business Law Prasmul diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan keberadaan praktisi hukum bisnis internasional di Indonesia.

 

Avatar

Sky Drupadi

1 comment

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website

Instagram @Prasmul

  • 11 MORE DAYS TO INFO SESSION PRASMUL DAY!

Ini merupakan kegiatan penutup Prasmul Day 2019 yang bisa berikan gambaran serta experience bagi kamu siswa/i SMA kelas XII yang akan memasuki masa perkuliahan. Prasmul Day tahun ini dikemas dengan tema film dan kamu bisa ikuti berbagai section yang menarik!

Yuk catat tanggalnya:
3 – 4 Agustus 2019
09.00 – 16.00 di Kampus BSD, Universitas Prasetiya Mulya
Registrasi: prasmul.link/infosession 
Gratis dan dibuka untuk umum, termasuk orang tua.

Jangan sia-siakan kesempatan ini! Langsung daftarkan diri kamu dan sampai bertemu di Prasmul Day 2019!

Life is a movie and you are the director. Write your future, direct your future, win your future

#winyourfuture #prasmulday2019
  • Selama event Prasmul Day berlangsung, masih banyak kegiatan lain yang mewarnai kampus BSD, lho. Tanggal 11-14 Juli kemarin, Student Board Prasetiya Mulya, organisasi kemahasiswaan Prasmul, mengadakan Art Week 2019 di Grand Indonesia. Mengambil tema Sangka Rekah, ajang ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengapresiasi karya-karya seni, baik seni rupa, seni tulisan, sampai seni gerak.

Selain itu, ada juga acara beken yang berlangsung tanggal 13 Juli lalu, yaitu A.M Festival 2019. Festival musik ini mengundang musisi-musisi lokal, mulai dari Danilla, Elephant Kind, Polka Wars, sampai band internasional I Know Leopard. Seru banget deh bersama-sama berpesta dan menikmati musik!

Melalui kegiatan-kegiatan ini, tentu saja soft-skill mahasiswa terasah sampai tajam, terutama dalam merancang event, teamwork, dan berorganisasi. So cool!

Foto: dokumentasi @artweek.id dan @am.festival 
#PrasmulDay2019 #WinYourFuture
  • Wow, nggak kerasa sudah 7 hari Prasmul Day berlangsung. We have had so much fun so far! Bertemu dengan ribuan siswa/i dari berbagai sekolah, menginspirasi mereka dengan cerita-cerita alumni, serta mengenalkan mereka pada lingkungan pembelajaran di Prasmul. Semoga bisa berikan inspirasi ya.

Di hari ke-7 ini, Kak Gary Evano dari Puyo Desserts dan HAKA Dimsum kembali lagi hadir sebagai pembicara. Peserta dari SMA Notre Dame Jakarta serta SMA Madania Bogor pun semangat banget memberikan pertanyaan pada Kak Gary seputar membangun bisnis sukses.

Prasmul Day masih berlangsung hingga 4 Agustus. Bagi kalian yang ingin merasakan keseruannya, ayo datang ke Info Session Prasmul Day pada tanggal 3-4 Agustus 2019 mendatang. It's free and open for public! 
Jangan lupa registrasi dulu ya di prasmul.link/infosession agar tidak kehabisan kursi. Sampai bertemu!

#PrasmulDay2019 #WinYourFuture
Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!