Cerita Prasmul

19 Fakta Mengenai Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya versi Mahasiswa

“Katanya orang: tak kenal makanya tak sayang.”

Kamu mau kuliah di Prasmul (Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya)? Mungkin 19 hal  ini bisa jadi pertimbangan atau rekomendasi kenalanmu. So enjoy it guys!!

1. Four Major, yang Akan Berkembang Jadi Five Major

pm1

Prasetiya Mulya memiliki empat jurusan yaitu jurusan Business, Marketing, Finance, dan Accounting. Namun, pada tahun 2015 ini, akan ada jurusan baru yaitu jurusan Event. Jurusan ini akan memfasilitasi para muridnya untuk menjadi seorang Event Organizer yang handal. Setiap jurusan memiliki keunggulan masing-masing yang akan melahirkan entrepreneur dan profesional yang mampu bersaing di Masyarakat Ekonomi Asia.

2. Introductory Program

pm2

Ospek dan pengenalan kampus cukup berbeda di kampus Prasetiya Mulya. Introductory Program, atau yang dikenal dengan sebutan IP, tidak mengenal kata senoritas dalam kegiatan ini. Seluruh tugas dan kegiatan IP mengajak MABA untuk lebih mengenal kampusnya, kompak dalam satu angkatan dan kelompok, berperilaku baik dan sopan terhadap seluruh keluarga Prasmul, disiplin waktu, rasa kekeluargaan dan masih banyak lagi yang dapat dipelajari selama IP.

3. Smart Card

pm3

Smart Card ini digunakan sebagai tanda pengenal mahasiswa dan kartu absen. Selain itu, Smart Card ini juga berfungsi sebagai akses untuk masuk perpustakaan, meminjam buku dan kunci locker. Smart Card sangatlah penting dalam kehidupan perkuliahan, namun juga dapat digunakan di luar kampus. Bagaimana bisa? Banyak promosi dan discount yang diberikan bisnis makanan maupun jasa di luar sana hanya dengan menunjukkan smart card sebagai identitas prasmulyan.So always bring your smart card!

4. Student Board

pm4

Student Board, atau yang dikenal dengan singkatan SB, merupakan sekumpulan mahasiswa yang bertanggung jawab dan mengurus jalannya segala kegiatan internal maupun eksternal Prasmul. Menjadi bagian dari SB mungkin akan menyita sebagian waktu kita, namun ada banyak hal yang sangat berharga dan berguna yang akan kita dapatkan. Mulai dari belajar cara mengatur waktu, memimpin banyak orang, maupun dipimpin dalam organisasi SB tersebut, serta bagaimana bekerja sama serta menghargai satu sama lain dalam keluarga besar Student Board.

5. Kepanitiaan

pm5

Dibawah SB, Prasmul menjalankan banyak event baik eksternal maupun internal. Karena itulah, di dalam SB juga ada kepanitiaan. Sistem yang digunakan untuk mengikuti kepanitiaan tersebut sama halnya seperti ketika hendak melamar pekerjaan, mahasiswa mengirimkan CV dan CL terlebih dahulu, dan di seleksi untuk interview secara langsung, sebelum nantinya diterima dalam sebuah kepanitiaan. Hal ini diterapkan guna mengajarkan mahasiswa hal-hal penting seperti kerja sama dalam sebuah organisasi. Juga guna melatih mahasiswa untuk dapat membuat CV dan CL yang baik, serta tidak canggung lagi ketika nantinya menghadapi interview pekerjaan.

6. Barang Jualan Kepanitiaan

pm6

Setiap kepanitiaan tentu membutuhkan dana untuk menjalankan acaranya. Dengan banyaknya event yang ada di Prasmul, maka banyak pula kepanitiaan yang menjual snack dan makanan untuk mencari dana. Dalam satu kelas, mungkin dapat ditemui beberapa teman anda yang menjual risoles, roti, snack, kue, dan sebagainya. Membeli produk mereka akan membantu jalannya acara mereka, serta makanannya juga enak kok.

7. Seminar

pm7

Ada banyak sekali seminar yang akan membantu kamu untuk menambah soft skills yang kamu punya. Ada seminar wajib dari kampus maupun seminar yang dapat kita pilih.

8. Career Point

pm8

Career point merupakan point yang didapat mahasiswa setiap mengikuti kegiatan kepanitiaan, perlombaan, seminar, dan masih banyak lagi. Career point atau CP ini menjadi syarat kelulusan yaitu minimal 70 point. Melalui syarat kelulusan ini, kampus mengajak mahasiswanya untuk juga aktif dalam kegiatan organisasi non akademik, yang mana akan sangat berguna ketika mereka bekerja.

9. Teamwork

Sumber Gambar: dragonbridgecapital.com

Kerja sama tentu sangatlah penting, itulah yang diajarkan di kampus ini. Hampir seluruh tugas yang diberikan selama perkuliahan merupakan tugas kelompok, hal tersebut mengharuskan kamu untuk bekerja sama dengan baik dalam sebuah tim. Baik itu sebagai pemimpin, maupun sebagai anggota.

10. Milis

pm10

Ini adalah hal pertama yang kamu dengar di kampus ini. Namun milis ini merupakan media informasi yang sangat penting. Segala informasi baik dari kampus maupun student board disebarkan di sini. Pembatalan kelas tiba-tiba, event tertentu, kejadian penting, dan masih banyak lagi informasi penting akan di sebar via milis.

11. Melahirkan Banyak Entrepreneur

pm11

Prasmul tidak hanya menghasilkan lulusan yang sukses sebagai entrepreneur. Banyak juga yang menjadi entrepreneur sukses ketika masih berkuliah di sini. Banyak yang mulai menjalankan bisnis mereka selagi kuliah, baik itu untuk memenuhi kewajiban matkul maupun di luar matkul. Salah satunya bisnis Puyo yang di kembangkan di luar kewajiban matakuliah dan Smith pomade yang dikembangkan dalam mata kuliah Buscreat.

12. Business Creation

pm12

Dikenal dengan nama Busscreat, ini adalah mata kuliah empat sks yang mengajari para mahasiswa untuk membuka sebuah bisnis. Bisnis akan dikerjakan secara berkelompok. Ide bisnis yang idenya bagus, akan diwujudnyatakan dalam Entrepreneur Day di Mall Alam Sutera. Namun bagi mereka yang tidak lolos, mereka harus mendaftar sebagai employee di bisnis yang lolos.

13. Practice, Practice and Practice

pm13

Banyak sekolah tinggi ekonomi hanya mengajarkan teori dan hanya sedikit praktik.Hal tersebut berbeda dengan Prasmul, yang malah menitikberatkan pada praktik. Dengan kata lain, teori yang di pelajari di prasmul, dapat langsung dipraktikan di setiap semester melalui setiap mata kuliah masing-masing.

14. Eureca, IIBC dan Prasmul Olympics

pm14

Ada banyak kompetisi yang diadakan prasmul. Eureca merupakan event yang terbagi ke dalam kompetisi business plan, marketing plan, dan pameran entrepreneur day. IIBC merupakan kompetisi investment banking, sedangkan Prasmul Olympics yang membuka cabang kompetisi sports.

15. Pop-Up Market

pm15

Pop Up Market juga merupakan salah satu event SB yang sangat terkenal. Pop Up Market diadakan di Lotte Shopping Avenue, yang mana bekerja sama dengan banyak tenants yang sudah terkenal dan terpercaya kualitasnya. Pop Up market ini diadakan setahun sekali, jangan lewatkan kesempatanmu untuk berkunjung ya!

16. Indonesian Culture and Nationalism

pm16

ICN merupakan event Prasmul yang terbagi ke dalam ICN conference, ICN festival, dan Food Exhibition. Prasmul akan mengundang 34 delegasi dari setiap daerah di Indonesia untuk mengikuti ICN conference. . ICN festival merupakan sebuah seminar kebangsaan. Tahun lalu, Ahok di undang sebagai pembicaranya lho. Sedangkan Food-ex akan menawarkan banyak jajanan mancanegara di kampus.

17. Community Development

pm17

Comdev merupakan matkul yang akan di dapat di semester 2 dan 6. Bentuk comdev sendiri antara lain berupa OJT dan kerja sosial di semester 2, dan live in di semester 6. Mahasiswa diajak untuk belajar mengenal lingkungan kerja, dan lingkungan sekitar bisnis, sehingga tidak hanya berfokus pada profit saja, namun juga memperhatikan orang dan lingkungan.

18. Business Project

pm18

Skripsi, istilah yang sering kali diucapkan sebagai tugas akhir dari perkuliahan. Untuk jurusan bisnis, tidak ada yang namanya skripsi karena Bus Project ini merupakan tugas akhir mereka. Business Project ini juga menyenangkan karena dikerjakan dalam kelompok dan langsung merealisasikan ide bisnis yang hendak dijalankan. Diharapkan setiap mahasiswa bisnis telah memiliki bisnis untuk dijalankan ketika lulus nanti.

19. Lapangan Parkir

pm19

Sejujurnya, lapangan parkir yang disediakan Prasmul luas lho, tapi akan sulit untuk mencari parkir apabila kita datang mendekati jam masuk kelas. Hal ini disebabkan banyaknya pengguna kendaraan pribadi yang datang ke kampus. Makanya, kalau ke kampus jangan sendiri-sendiri tapi bersama teman ya.

Mungkin ini sekian cerita dari diriku yang bisa kubagikan. Terima kasih sudah menikmatinya!

Penulis : Erwin, Prasmulyan Business angkatan 2014

Sumber : idntimes.com – Read, Discover, Share

Add comment

About Us

About Us

Instagram @Prasmul

  • Do you love Math? Do you know about Actuarial? 
If the answer is YES or even NO, you still have to take a look at the opportunity to learn about math and actuarial on this event by registering yourself to CTMC 2019 (Canadian Team Math Contest 2019). It will be held on April 11th, 2019 at Universitas Prasetiya Mulya, BSD Campus

Come register your team (6 members/team). Win the total prize up to Rp.8,000,000 and practice your skills as you face the real world as an actuarian!

Head over to prasmul.link/ctmc or contact us through email/whatsapp :

Valantino Agus S.
Email : valantino.sutomo@pmbs.ac.id 
SMS/WA : 0852 9378 3777
or
Email: ctmc.ccprasmul@yahoo.com 
PS : The Registration is FREE! Limited Space.
  • Dalam rangka mencari potensi tersembunyi dari para startup, Grab Indonesia bekerja sama dengan Transmedia dan kementerian berinisiatif untuk mengembangkan ekosistem startup Indonesia melalui program THINKUBATOR.

Komunitas startup berkesempatan untuk mendapatkan investasi senilai total Miliaran Rupiah
Serta bimbingan plus networking dari para praktisi startup di berbagai bidang dalam suatu diskusi & workshop

Raih peluangnya sekarang dengan mendaftarkan startup-mu segera, sebelum 21 MARET 2019 di :
thinkubator.detik.com

#GrabThinkubator #GrabxTransmedia #startupidol
  • Setelah minggu lalu #WinYourFuture sudah mengunjungi Gandaria City, minggu depan kami akan jalan-jalan ke Botani Square loh.

Untuk kalian yang tinggal di Bogor yuk kunjungi booth Win Your Future di lantai GF dari tanggal 18 - 24 Maret 2019.

#wyf #PrasetiyaMulya #prasmul #bisnisanakmuda #belajarbisnis #mulaibisnis #generasiemas
Competition 2018

Berikut ini adalah artikel yang telah diterima tim redaksi Cerita Prasmul untuk Cerita Prasmul Competition 2018

Peserta

Prasmul on Media

See Prasmul on these Media!