Cerita Prasmul

Food Production Laboratorium S1 Hospitality Business Prasmul Siap Beroperasi

Food Production Laboratorium  Prasetiya Mulya di desain dengan mengikuti standardisasi di industri Food & Beverage.

Indonesia dikenal sebagai negara arsipelago, dengan keelokan alam dan budaya yang menarik untuk di eksplorasi. Untuk menggaungkan pesona nusantara di mata wisatawan, Pemerintah Indonesia memilih sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional hingga tahun 2019*. Lahirnya berbagai destinasi baru disertai pengembangan infrastruktur pendukung menjadi bukti nyata kesiapan negara untuk menyambut kedatangan para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Sebagai universitas yang terus mengikuti perkembangan dan menjawab antangan zaman, Prasetiya Mulya kini menghadirkan pendidikan manajemen pariwisata dan bisnis melalui S1 Hospitality Business. Dimana pada tahun 2017 ini, angkatan pertama pada jurusan tersebut sudah mulai menjalani perkuliahan.

Mahasiswa S1 Hospitality Business Prasmul dibimbing untuk mendalami manajemen industri hospitality mulai dari hotel, restoran, theme park, mall ataupun potensi tujuan wisata lainnya.

Menariknya, mereka diberikan kesempatan untuk menguasai kemampuan operasional (manajemen room division, operasional food and beverage, introduction to services dan fundamental tourism) hingga mampu mengelola kompleksitas level manajerial (strategi bisnis, keuangan, pemasaran, akuntansi dan sumber daya manusia).

Pada tahun pertama, Prasmulyan di jurusan ini akan belajar mengenai operasional food & beverage sehingga mereka terjun langsung merasakan praktikum di laboratorium, untuk memahami standardisasi internasional dalam manajemen dapur, pengolahan serta produksi makanan.

Peresmian Lab Kitchen: Mahasiswa S1 Hospitality Business Prasetiya Mulya berpose bersama Jajaran Rektorat, Dekanat dan Faculty Member

Food Production Laboratorium resmi beroperasi

Kehadiran Food Production Laboratorium  kian melengkapi pembelajaran praktikal bagi mahasiswa S1 Hospitality Business. Dalam peresmian laboratorium yang berlangsung pada Kamis, 5 Oktober 2017, Prof. Djisman Simandjuntak selaku rektor Prasetiya Mulya mengungkapkan harapan besarnya agar laboratorium tersebut kelak dapat menjadi awal terciptanya inovasi kuliner yang mampu merambah pasar global.

Berbincang bersama rektor: Prof. Djisman Simandjuntak selaku Rektor Prasetiya Mulya memberikan masukan membangun untuk para mahasiswa

“Kita dikaruniai keragaman alam, hayati, kultur dan unsur keragaman lain sebenarnya hanya signal bahwa banyak hal yang bisa dieksplorasi. Harapan kami, mahasiswa S1 Hospitality Business tidak hanya mereproduksi apa yang sudah ada di negeri kita, namun bisa menciptakan sesuatu yang baru dan dibawa ke ranah global,” tuturnya.

Food Production Laboratorium dipimpin oleh Ibu Sri Widia Wijanarti selaku Ketua Laboratorium. Ibu Widia dibantu oleh Chef Yana Suryana sebagai kepala koki. Chef Yana sendiri merupakan koki yang telah malang melintang di dunia perhotelan selama lebih dari 5 tahun, diantaranya di Hotel Borobudur, Hotel Swiss Belinn dan Hotel Novotel.

Beberapa bagian dalam Laboratorium F&B kitchen

Food Production Laboratorium Prasetiya Mulya di desain dengan mengikuti standardisasi di industri Food & Beverage. Berikut beberapa station yang ada di lab ini:

Food Production Laboratorium Kitchen Prasetiya Mulya

Demo Class Kitchen :

Dapur yang diperuntukan untuk open cooking class, dilengkapi dengan kursi yang dapat digunakan mahasiswa untuk mengamati dan mempelajari menu – menu yang diperagakan oleh Chef ataupun Fasilitator.

Cold Kitchen :

Area kitchen yang difungsikan untuk mengolah makanan dingin, yaitu kategori salad, saus dingin, sup dingin dan beberapa jenis golongan appetizer. Station ini dilengkapi dengan AC untuk menjaga suhu ruangan, dikarenakan karakteristik makanan yang diolah di station ini memerlukan suhu yang sejuk.

Pastry & Bakery Kitchen :

Area kitchen yang dikhususkan sebagai tempat pengolahan aneka pastry dan bakery seperti aneka kue, pudding, aneka roti serta olahan cokelat . Station ini biasa dikenal dengan area untuk mengolah aneka makanan penutup / dessert.

Main Kitchen / Hot Kitchen:

Merupakan pusat operasional dapur atau dapur utama untuk mengolah beragam menu utama (main course). Station ini di desain dengan lantai khusus yang aman jika terkena tumpahan cairan (air maupun minyak). Station ini dilengkapi dengan area steward atau area yang dikhususkan untuk pencucian piring serta alat penunjang operasional dapur. (*vio)

Referensi Teks:

*Setkab.go.id

 

Add comment

Admission Test Term II

Admission Test Term II

Hi Future Prasmulyan,
Pendaftaran Tes Seleksi Masuk Tahun Ajaran 2018/2019 Gelombang II masih dibuka hingga Senin, 25 September 2017. Tes dilaksanakan pada Minggu, 1 Oktober 2017.

Klik gambar untuk informasi lebih lanjut.

Instagram @Prasmul

  • Moment from @halo.bert .
#WeAreIN Are You the next Prasmulyan?
We are counting on you to www.prasetiyamulya.ac.id/infosession [ click link in bio @prasmul ]
.
#prasmulyaninframe
#proudprasmulyan 
#prasmul #prasmulyan
#universitasprasetiyamulya 
#mahasiswaindonesia #masukkampus
  • Halo Calon Mahasiswa Baru!
.
Ingin tahu bagaimana keseruan Info Session Universitas Prasetiya Mulya (Kampus BSD) Gelombang 2?
.
Ikuti kesempatan berharga ini bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembelajaran dan juga program unggulan S1 Prasetiya Mulya.
.
Acara Info Session ini terdiri dari Talkshow (alumni/siswa), Campus Tour & Konsultasi Program Jurusan, hingga info beasiswa yang telah dihadiri lebih dari 2500 peserta.
.
Dapatkan potongan 80% biaya pendaftaran tes, penawaran terbatas hanya saat acara berlangsung pada tanggal 21 Oktober 2017 di Tangerang, Lampung & Semarang!
.
RSVP (limited seat & free entry): www.prasetiyamulya.ac.id/infosession [ klik link di bio @prasmul ]
atau hubungi no HP 081511662005 / 08124111660
.
#WeAreIN Are You?
.
#prasmul #universitasprasetiyamulya 
#infosession #openhouse #infokuliah #masukkampus #infojurusan #infobeasiswa #mahasiswabaru
  • Universitas Prasetiya Mulya menyelenggarakan acara Business Dialogue 2017: Inovasinya Indonesia. .

Narasumber:
1. Pratjojo Dewo, Presiden Direktur PT Komatsu Indonesia, Tbk.
2. Artissa Panjaitan, Chairman of the Advisory Board for School of Life Sciences and Technology, Institut Teknologi Bandung.
3. Kilala Tilaar, Corporate Director of Creative and Innovation, Martha Tilaar
4. Ade Febransyah, Advisor in Operations and Decisions, School of Business and Economics, Universitas Prasetiya Mulya

Kolaborasi praktisi, akademisi dan partisipasi Bapak/Ibu dapat berkontribusi dalam menghasilkan diskusi yang objektif dan memberikan solusi terbaik bagi para pelaku bisnis untuk menemukan kesempatan berinovasi.

Biaya Pendaftaran (Termasuk Sertifikat + Lunch + Goodie Bag)
✓ Untuk Perorangan
Umum: Rp 250.000
Alumni: Rp 125.000 ✓ Untuk Grup (3 Orang)
Umum: Rp 200.000/orang
Alumni: Rp 100.000/orang

Kursi peserta yang tersedia terbatas, karena itu segera daftarkan diri anda melalui link berikut:  http://bit.ly/2yzV8LP

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 0898-8184-263 (Ibu Anna) atau 0813-2258-3568 (Ibu Riqza). #WeAreIN Are You?
#prasmul #universitasprasetiyamulya #seminar #eventmahasiswa

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!