Cerita Prasmul

Jangan Takut, Kreativitas Bukan Keturunan! | FM Article

Oleh M. Setiawan Kusmulyono
Ketua Program Studi S1 Business Universitas Prasetiya Mulya

“Berbeda dari IQ yang ditentukan oleh faktor genetika. Dengan nyali, kreativitas bisa digali!”

Kalau kita berbicara mengenai topik kreativitas, sebagian besar dahi orang-orang akan mulai berkerut. Mereka takut karena bagi mereka, kreativitas itu memang menakutkan. Mereka merasa tidak kreatif dan pada akhirnya lebih banyak mengambil sikap diam ketika ada permasalahan yang harus dipecahkan bersama.

Hal ini tentunya wajar sekali, mengingat kreativitas tidak dipahami oleh seluruh pihak secara utuh. Ada yang menganggap kreativitas itu berpikir unik, sehingga harus selalu punya ide-ide baru. Ada yang berpikir kreativitas itu adalah berpikir di luar pikiran manusia biasa. Ini tentunya membuat semakin berat karena harus berpikir seperti alien, “wong mikir biasa aja juga susah, ini suruh mikir kaya superman”.

Masalah pertama tentunya adalah budaya kreativitas ini belum banyak dimasyarakatkan secara massif di Indonesia. Masyarakat Indonesia cenderung permisif dan tunduk atas budaya serta adat istiadat yang ada. Hal inilah yang membuat keberanian masyarakat Indonesia untuk mengungkapkan opininya masih kalah dengan negara lain yang lebih terbuka dalam menerima pendapat, kritik, dan saran.

Ilustrasi otak kiri dan kanan, kamu dominan yang mana?

Namun, ada sebuah penelitian yang tentunya memberikan angin segar bagi kawan-kawan yang masih takut untuk kreatif karena menganggap kreativitas itu mukjizat dari Tuhan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Reznikoff dan teman-temannya pada tahun 1973, menunjukkan bahwa kreativitas itu berbeda dengan IQ (intelligence quotient) yang biasa diujikan untuk mengukur kecerdasan manusia.

Level IQ yang melekat pada manusia merupakan faktor yang dominan diturunkan. Namun, bagi kreativitas, dominasi keturunan lebih minim dibandingkan faktor lainnya. Sebuah tes pun pernah dilakukan pada anak kembar identik yang berusia 15 — 22 tahun. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa dalam 10 tes uji kreativitas yang diberikan, hanya 30% yang menunjukkan hasil yang serupa. Sisa hasilnya menunjukkan variasi yang beragam.

Kesimpulan penelitian ini tentunya memberikan kabar yang menggembirakan bagi teman-teman yang merasa bahwa dirinya kurang kreatif. Hasil penelitian ini juga mengindikasikan bahwa dua pertiga dari kemampuan kreativitas dihasilkan dari proses pembelajaran yang diperoleh, bukan dari genetika.

Oleh karena itu, bagi yang merasa belum kreatif, mulai saat ini, pupuk kembali rasa percaya diri teman-teman untuk berani bernyali mengeluarkan ide-ide yang berbeda dengan lingkungan. Tentunya, jangan lupa terus belajar untuk dapat memaksimalkan kualitas ide-ide kreatif yang akan kita hasilkan.

 

Salam Wirausaha!

Add comment

Admission Test Term II

Admission Test Term II

Hi Future Prasmulyan,
Pendaftaran Tes Seleksi Masuk Tahun Ajaran 2018/2019 Gelombang II masih dibuka hingga Senin, 25 September 2017. Tes dilaksanakan pada Minggu, 1 Oktober 2017.

Klik gambar untuk informasi lebih lanjut.

Instagram @Prasmul

  • Moment from @halo.bert .
#WeAreIN Are You the next Prasmulyan?
We are counting on you to www.prasetiyamulya.ac.id/infosession [ click link in bio @prasmul ]
.
#prasmulyaninframe
#proudprasmulyan 
#prasmul #prasmulyan
#universitasprasetiyamulya 
#mahasiswaindonesia #masukkampus
  • Halo Calon Mahasiswa Baru!
.
Ingin tahu bagaimana keseruan Info Session Universitas Prasetiya Mulya (Kampus BSD) Gelombang 2?
.
Ikuti kesempatan berharga ini bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembelajaran dan juga program unggulan S1 Prasetiya Mulya.
.
Acara Info Session ini terdiri dari Talkshow (alumni/siswa), Campus Tour & Konsultasi Program Jurusan, hingga info beasiswa yang telah dihadiri lebih dari 2500 peserta.
.
Dapatkan potongan 80% biaya pendaftaran tes, penawaran terbatas hanya saat acara berlangsung pada tanggal 21 Oktober 2017 di Tangerang, Lampung & Semarang!
.
RSVP (limited seat & free entry): www.prasetiyamulya.ac.id/infosession [ klik link di bio @prasmul ]
atau hubungi no HP 081511662005 / 08124111660
.
#WeAreIN Are You?
.
#prasmul #universitasprasetiyamulya 
#infosession #openhouse #infokuliah #masukkampus #infojurusan #infobeasiswa #mahasiswabaru
  • Universitas Prasetiya Mulya menyelenggarakan acara Business Dialogue 2017: Inovasinya Indonesia. .

Narasumber:
1. Pratjojo Dewo, Presiden Direktur PT Komatsu Indonesia, Tbk.
2. Artissa Panjaitan, Chairman of the Advisory Board for School of Life Sciences and Technology, Institut Teknologi Bandung.
3. Kilala Tilaar, Corporate Director of Creative and Innovation, Martha Tilaar
4. Ade Febransyah, Advisor in Operations and Decisions, School of Business and Economics, Universitas Prasetiya Mulya

Kolaborasi praktisi, akademisi dan partisipasi Bapak/Ibu dapat berkontribusi dalam menghasilkan diskusi yang objektif dan memberikan solusi terbaik bagi para pelaku bisnis untuk menemukan kesempatan berinovasi.

Biaya Pendaftaran (Termasuk Sertifikat + Lunch + Goodie Bag)
✓ Untuk Perorangan
Umum: Rp 250.000
Alumni: Rp 125.000 ✓ Untuk Grup (3 Orang)
Umum: Rp 200.000/orang
Alumni: Rp 100.000/orang

Kursi peserta yang tersedia terbatas, karena itu segera daftarkan diri anda melalui link berikut:  http://bit.ly/2yzV8LP

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 0898-8184-263 (Ibu Anna) atau 0813-2258-3568 (Ibu Riqza). #WeAreIN Are You?
#prasmul #universitasprasetiyamulya #seminar #eventmahasiswa

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!