Cerita Prasmul

Brand It 2017: Tunjukkan Keunikan Sekolah lewat Strategi Branding

Ilmu branding memang tak seperti ilmu ekonomi, matematika atau bahasa inggris yang sudah ditanamkan sejak kita duduk di bangku sekolah menengah. Tak ayal, banyak siswa SMA yang belum piawai dalam memahami esensi branding.

Sebagai pelopor penyelenggara program studi S1 Branding di Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya turut berkontribusi dalam menyebarluaskan pemahaman branding kepada setiap lapisan masyarakat, khususnya generasi muda.

S1 Branding Prasmul menggagas sebuah ajang bertajuk Brand It: Brand Your School. Kompetisi yang ditujukkan bagi siswa/i SMA Se-Jabodetabek ini diselenggarakan secara dua tahap yaitu tahap workshop pada Kamis, 7 September 2017 dan tahap final presentation pada Selasa, 19 September 2017 di Universitas Prasetiya Mulya, Kampus BSD.

Para kontestan harus membuat proposal rancangan strategi branding sekolah mereka untuk di submit kepada tim S1 Branding Prasmul. Hal tersebut dilakukan untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap ilmu branding.

Belajar Sebelum Bertanding

Dari puluhan proposal yang masuk, dipilih 23 tim dari SMA Se-Jabodetabek untuk selanjutnya mengikuti workshop bersama Fredy Utama, MM selaku Ketua Program Studi S1 Branding Prasetiya Mulya dan Gemilang Ahmad sebagai salah satu mahasiswa terbaik S1 Branding angkatan 2014.

Gemilang Ahmad (Mahasiswa S1 Branding angkatan 2014)

Seluruh tim terlihat antusias karena pada momen workshop tersebut, mereka dapat berkonsultasi untuk menyempurnakan proposal yang diajukan. Dengan penuh semangat, Pak Fredy berbagi ilmu mengenai strukturisasi dasar dalam strategi branding sementara Gemilang berbagi kisah tentang cara meriset konsumen.

Memberi masukan: Pak Fredy Utama (Kaprodi S1 Branding Prasmul) terlihat berdiskusi mengenai strategi branding bersama para siswa SMA

Setelah diberikan pandangan mengenai ilmu branding, 23 tim diberikan waktu 2 minggu untuk memperbaiki proposal dan menyiapkan materi presentasi terbaiknya. Tak main-main, para siswa ditantang untuk menyusun strategi branding dengan struktur yang jelas, mulai dari Bab I yang berisi latar belakang, tujuan penelitian, analisa konsumen, segmenting, targeting, differentiation & positioning serta swot analysis.  Diikuti strategi komunikasi 6 P’s: product place promotion people process physical evidence,marketing tools pada Bab II serta ditutup dengan Bab III yang berisi kesimpulan dan rekomendasi.

10 Tim terbaik mengikuti treasure Hunt dan final Presentation

Selasa, 9 September merupakan hari yang ditunggu-tunggu karena saat itulah kesepuluh tim terbaik berkumpul untuk mengikuti final Brand It 2017. Ke-10 tim tersebut adalah Tim Excuisite Orange dari SMA Cikal Amri, Tim KB’S serta Tim Journey dari SMA Kharisma Bangsa,Tim Lucid dari Highscope Indonesia, Tim Happy Passanger dari SMA Negeri 2  Tangerang Selatan, Tim Pahoa dari SMA Pahoa, Tim SPM dari SMA PSKD Mandiri,  Tim Jerboas dari SMAK IPEKA Puri Indah, Tim Victorem dari SMAK 4 Penabur Jakarta dan Tim Triple Martabak dari Penabur Secondary Tanjung Duren.

Dalam sambutannya, Pak Fredy akui bahwa 10 tim yang terpilih memiliki strategi branding yang dapat disejajarkan dengan kualitas mahasiswa. “Kami butuh waktu yang cukup lama untuk memilih 10 tim tersebut. Saya berani compare, hasil proposal kalian 11-12 dengan kualitas mahasiswa tingkat 2,” ucapnya antusias.

Sebelum melakukan final presentation, para kontestan Brand It 2017 diajak untuk mengenal dunia branding melalui games bertajuk treasure hunt. Dalam permainan ini, mereka di tantang untuk melakukan personal branding, menebak logo brand hingga menebak istilah dalam branding.

Permainan ini cukup menjadi favorit para kontestan layaknya Eva, Liza dan Dinda dari Tim Journey SMA Karisma Bangsa. “Prasmul ngenalin ilmu branding dengan cara menarik, seperti melalui games treasure hunt. Dari games itu, kami jadi tahu istilah dalam ilmu branding hingga belajar personal branding,” ungkap mereka. Setelah mengikuti permainan, kesepuluh tim harus menjalani tahap presentasi akhir di depan para juri yang terdiri dari Faculty Member S1 Branding Prasmul.

salah satu tim sedang menjalani final presentation Brand It 2017

Brand It 2017 ditutup dengan gala dinner dan awarding night. Dalam kesempatan tersebut, hadir Nazier Ariffin selaku Alumni S1 Branding Angkatan 2011 dan Founder Brand Pavillion Consultant untuk memberikan talkshow menarik seputar dunia branding.

Mengabadikan momen: Serunya Awarding Night & Gala Dinner Brand It 2017
Pemberian plakat penghargaan untuk Nazier Ariffin dari Brand It 2017 diwakili oleh Pak Fredy Utama

Di akhir acara, SMA Cikal Amri keluar sebagai 1st Winner Brand It 2017, SMA IPEKA Puri Indah terpilih sebagai Runner Up dan SMA Negeri 2 Tangerang Selatan Sebagai 3rd Winner.

Juara 1 Brand It 2017: Tim Excuisite Orange dari SMA Cikal Amri
Juara II Brand It 2017: Tim Jerboas dari SMAK IPEKA Puri Indah
Juara III Brand It 2017: Tim Happy Passanger dari SMA Negeri 2  Tangerang Selatan

 

Selamat kepada para pemenang & sampai jumpa di Brand It 2017!

 

Sumber gambar: Instagram @brandit.id

Add comment

Admission Test Term II

Admission Test Term II

Hi Future Prasmulyan,
Pendaftaran Tes Seleksi Masuk Tahun Ajaran 2018/2019 Gelombang II masih dibuka hingga Senin, 25 September 2017. Tes dilaksanakan pada Minggu, 1 Oktober 2017.

Klik gambar untuk informasi lebih lanjut.

Instagram @Prasmul

  • Moment from @halo.bert .
#WeAreIN Are You the next Prasmulyan?
We are counting on you to www.prasetiyamulya.ac.id/infosession [ click link in bio @prasmul ]
.
#prasmulyaninframe
#proudprasmulyan 
#prasmul #prasmulyan
#universitasprasetiyamulya 
#mahasiswaindonesia #masukkampus
  • Halo Calon Mahasiswa Baru!
.
Ingin tahu bagaimana keseruan Info Session Universitas Prasetiya Mulya (Kampus BSD) Gelombang 2?
.
Ikuti kesempatan berharga ini bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembelajaran dan juga program unggulan S1 Prasetiya Mulya.
.
Acara Info Session ini terdiri dari Talkshow (alumni/siswa), Campus Tour & Konsultasi Program Jurusan, hingga info beasiswa yang telah dihadiri lebih dari 2500 peserta.
.
Dapatkan potongan 80% biaya pendaftaran tes, penawaran terbatas hanya saat acara berlangsung pada tanggal 21 Oktober 2017 di Tangerang, Lampung & Semarang!
.
RSVP (limited seat & free entry): www.prasetiyamulya.ac.id/infosession [ klik link di bio @prasmul ]
atau hubungi no HP 081511662005 / 08124111660
.
#WeAreIN Are You?
.
#prasmul #universitasprasetiyamulya 
#infosession #openhouse #infokuliah #masukkampus #infojurusan #infobeasiswa #mahasiswabaru
  • Universitas Prasetiya Mulya menyelenggarakan acara Business Dialogue 2017: Inovasinya Indonesia. .

Narasumber:
1. Pratjojo Dewo, Presiden Direktur PT Komatsu Indonesia, Tbk.
2. Artissa Panjaitan, Chairman of the Advisory Board for School of Life Sciences and Technology, Institut Teknologi Bandung.
3. Kilala Tilaar, Corporate Director of Creative and Innovation, Martha Tilaar
4. Ade Febransyah, Advisor in Operations and Decisions, School of Business and Economics, Universitas Prasetiya Mulya

Kolaborasi praktisi, akademisi dan partisipasi Bapak/Ibu dapat berkontribusi dalam menghasilkan diskusi yang objektif dan memberikan solusi terbaik bagi para pelaku bisnis untuk menemukan kesempatan berinovasi.

Biaya Pendaftaran (Termasuk Sertifikat + Lunch + Goodie Bag)
✓ Untuk Perorangan
Umum: Rp 250.000
Alumni: Rp 125.000 ✓ Untuk Grup (3 Orang)
Umum: Rp 200.000/orang
Alumni: Rp 100.000/orang

Kursi peserta yang tersedia terbatas, karena itu segera daftarkan diri anda melalui link berikut:  http://bit.ly/2yzV8LP

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 0898-8184-263 (Ibu Anna) atau 0813-2258-3568 (Ibu Riqza). #WeAreIN Are You?
#prasmul #universitasprasetiyamulya #seminar #eventmahasiswa

Let’s Get Connected

Ikuti media sosial kami dan telusuri momen menarik tentang serunya perkuliahan di Prasmul!